Tari Topeng Daerah Jawa Barat

Posted by Unknown on Friday, January 31, 2014

Pada abad ke-19 Tari Topeng telah digelar di daerah Cirebon, yang dikenal sebagai tari Topeng Babakan. Menurut R. Tjetje Soemantri (1951), daerah Jawa Barat antara lain Sumedang, Bandung, garut, dan Tasikmalaya, pada tahun 1930 didatangi oleh rombongan topeng berupa wayang wong dengan dalangnya bernamaKoncer dan Wentar. Inilah awal dari masuknya tari topeng ke daerah Jawa Barat (Priangan) dan ditetapkan sebagai awal perkembangan tari topeng priangan.


Tari topeng Cirebon adalah salah satu tarian di tatar Parahyangan. Tari Topeng Cirebon, kesenian ini merupakan kesenian asli daerah Cirebon, termasuk Indramayu, Jatibarang, Losari, dan Brebes. Disebut tari topeng, karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya, dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh satu penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.

Salah satu jenis lainnya dari tari topeng ini adalah tari topeng kelana kencana wungu merupakan rangkaian tari topeng gaya Parahyangan yang menceritakan ratu Kencana Wungu yang dikejar-kejar oleh prabu Minakjingga yang tergila-tergila padanya. Pada dasarnya masing-masing topeng yang mewakili masing-masing karakter menggambarkan perwatakan manusia. Kencana Wungu, dengan topeng warna biru, mewakili karakter yang lincah namun anggun. Minakjingga (disebut juga kelana), dengan topeng warna merah mewakili karakter yang berangasan, tempramental dan tidak sabaran. Tari ini karya Nugraha Soeradiredja.

Gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab, merupakan ciri khas lain dari tari topeng. Kesenian Tari Topeng ini masih eksis dipelajari di sanggar-sanggar tari yang ada, dan masih sering dipentaskan pada acara-acara resmi daerah, ataupun pada momen tradisional daerah lainnya.

Salah satu maestro tari topeng adalah Mimi Rasinah, yang aktif menari dan mengajarkan kesenian Tari Topeng di sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah yang terletak di desa Pekandangan, Indramayu, Indramayu.Sejak tahun 2006 Mimi Rasinah menderita lumpuh, namun ia masih tetap bersemangat untuk berpentas, menari dan mengajarkan tari topeng hingga akhir hayatnya, Mimi Rasinah wafat pada bulan Agustus 2010 pada usia 80 tahun.
More aboutTari Topeng Daerah Jawa Barat

5 Hal yang Harus Dijaga dalam Kehidupan untuk Berprestasi

Posted by Unknown

Terdapat 5 hal tentang kualitas diri yang perlu kita jaga dan pertahankan dalam kehidupan sebagai seorang yang berprestasi (Amir Tengku Ramly 2006: 33-34) yaitu:

1. Kulaitas iman dan takwa

Kualitas iman dan takwa antara lain rohani yang tenang dan terkendali, bersikap jujur pada diri sendiri dan orang lain, mempunyai disiplin yang tinggi dan memiliki iman atau spiritual yang kuat.

2. Kualitas kesehatan jasmani dan rohani

Kualitas kesehatan jasmani dan rohani meliputi fisik yang sehat, hidup hemat, sehat dan bersahaja, belajar dan bekerja lebih giat dari sebelumnya.

3. Kualitas belajar
Kualitas studi dan karir meliputi lulus dengan nilai terbaik bagi diri sendiri, belajar sesuai jalur sukses pribadi, mencintai prestasi baik di dunia belajar maupun masyarakat, masuk sekolah atau instansi yang mampu mewujudkan cita-cita, mempunyai spesialisasi keahlian, memiliki semangat dan kepribadian sejati dalam kompetensi belajar, menemukan peluang yang menguntungkan, mengelola hidup dengan baik, mampu menuangkan ide, melakukan investasi secara bijaksana, melihat peluang dibalik aktivitas dan peristiwa, menjadi bos atas diri sendiri dan berani mengambil risiko.

4. Kualitas harmonisasi keluarga

Kualitas harmonisasi keluarga meliputi memiliki kualitas kepemimpinan yang baik, memiliki hasrat menjadi figur yang bisa diteladani, dan mempunyai pasangan hidup yang mendukung impian dan cita-cita di masa depan.

5. Kualitas hubungan sosial

Kualitas hubungan sosial meliputi memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan berinteraksi secara wajar dan bermanfaat.

Dalam mencapai prestasi ada kebiasaan-kebiasaan hidup yang merusak peningkatan prestasi kebiasaan adalah perilaku, baik sadar maupun tidak disadari dikerjakan secara berulangulang. Kebiasaan mempunyai nilai subjektif yang tinggi. Kebiasaan tidak baik akan membawa akibat pada peningkatan prestasi dan lingkungan.
More about5 Hal yang Harus Dijaga dalam Kehidupan untuk Berprestasi

Pentingnya Prestasi Diri bagi Kehidupan Seseorang

Posted by Unknown

Tidak ada istilah terlambat melakukan sesuatu untuk masa depan yang lebih baik atau untuk berprestasi. Kesuksesan seseorang dalam berprestasi dipengaruhi oleh berbagai aspek
lahiriah dan batiniah secara seimbang. Kekayaan materi juga merupakan salah satu sarana membuat perjalanan seseorang menuju berprestasi. Kesuksesan hidup juga termasuk kesehatan pikiran dan tubuh, energi dan semangat hidup, pemenuhan hubungan, kebebasan untuk berkreasi dan berinovasi, stabilitas emosi dan jiwa, rasa sejahtera, kedamaian pikiran dan kebahagiaan. Pengalaman hidup juga mendukung terwujudnya seseorang meningkat prestasi hidupnya.

Kesuksesan berprestasi tidak ditentukan oleh latar belakang pendidikan dan umur. Bahkan banyak di antara orang yang sukses berprestasi besar di dunia ini pendidikan akademisnya rendah dan umurnya relatif muda. Di sini faktor penentu utamanya adalah motivasi dan pengembangan potensi yang dimiliki. Seseorang dapat sukses dalam berprestasi apabila ia dapat bekerja sebaik-baiknya; dapat menggunakan segala kemampuan pemberian Tuhan dan dapat bersikap positif.

Rumus keberhasilan berprestasi:

Keberhasilan = Usaha X Kemampuan X Sikap Mental Positif

Dalam mewujudkan prestasi seseorang juga menghadapi persaingan. Dengan adanya persaingan, manusia akan terpacu untuk menggali dan memanfaatkan kreaktivitas pikiran dan kekuatannya serta giat bekerja/berusaha untuk menghasilkan produk, baik berupa barang maupun jasa, termasuk pelayanannya, dengan lebih menarik, lebih efektir, dan lebih efisien, sehingga produk yang dihasilkan itu dapat bersaing. Dengan adanya persaingan, maka terciptalah peningkatan kualitas kehidupan manusia.

Untuk meningkatkan prestasi seseorang khususnya pelajar harus memiliki konsep yaitu pola hidup tertib diri dan disiplin diri. Tertib diri berarti semua perilaku sehari-hari harus sesuai dengan aturan, baik aturan yang dibuat sendiri maupun aturan yang dibuat bersama, misal belajar tertib, makan tertib, tidur tertib, olahraga tertib, dan sebagainya. Untuk membiasakan diri hidup tertib kita sebagai pelajar harus membuat jadwal kegiatan yang dilakukan setiap harinya. Contoh jadwal jam 04.30 bangun, bagi pemeluk agama Islam sholat subuh, jam 05.00 masak atau merapikan rumah, dan sebagainya sampai akan tidur.

Sebagai pelajar harus melaksanakan tugas dengan sebaikbaiknya dengan menggunakan segala potensi dan kemampuan yang dimilikinya. Sehingga kualitas sumber daya manusia akan meningkat. Sumber daya manusia meningkat dapat mengantisipasi perkembangan dan kemajuan globalisasi yang melanda dunia saat ini. Dan sebagai pelajar harus banyak belajar untuk menambah pengetahuan dan keterampilan serta keahliannya.

Tertib dan disiplin apabila dikembangkan akan memperoleh hasil atau prestasi yang memuaskan. Selain tertib dan disiplin pelajar harus memapu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Potensi diri menjadi pondasi dasar untuk menghasilkan sesuatu yang lebih besar dan berkualitas. Keunggulan harus dimiliki setiap individu agar dapat menjawab tantangan era global saat ini Keunggulan yang harus dimiliki setiap individu dalam era saat ini adalah keunggulan mentalitas, moralitas, dan spiritual yang baik.

Dengan moralitas, mentalitas, dan spiritualitas yang baik akan membentuk kepribadian seseorang.
Keunggulan diri akan sempurna apabila dibekali kekuatan pengungkit yaitu cita-cita masa depan. Cita-cita masa depan memberi energi bagi setiap individu untuk belajar, beraktivitas dan melakukan
apapun untuk kesejahteraan masa depan.

Cita-cita yang tidak disertai perbuatan dan sebuah keyakinan untuk bisa mencapai tujuan tersebut, sama halnya telah mengalami setengah kegagalan. Maka keyakinan dalam mewujudkan prestasi diri harus mendapat tempat dalam diri kita. Jadi keyakinan menjadi syarat mutlak dalam mewujudkan cita-cita atau prestasi.

Untuk itu sebagai pelajar harus melaksanakan tugasnya yaitu:
  1. Taat dan siap melakukan pekerjaan apapun yang ditugaskan oleh guru atau sekolah.
  2. Melaksanakan tugas dengan niat yang ikhlas dan tulus.
  3. Menganggap tugas yang diberikan kepadanya sebagai kepercayaan dan bukan beban.
  4. Dalam melaksanakan tugas semua potensi yang dimiliki pada diri kita, kemampuan dan keterampilan kita digunakan secara maksimal.
  5. Miliki semangat tinggi karena sadar bahwa semangat yang tinggi akan mencapai hasil yang maksimal.
Sebagai pelajar harus mampu meningkatkan prestasi diri dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu pelajar harus memiliki keterampilan, kemampuan, dan pengalaman keterampilan hidup. Selain itu kita perlu belajar kepada orang lain yang memiliki kelebihan. Belajar tidak harus di dalam kelas, tetapi di mana saja kita bisa belajar, dari buku, dari lingkungan, di dalam kantor, dalam pabrik, di jalan, yang penting kita dapat menambah pengetahuan dan keterampilan. Konsep ini mendorong kita selalu belajar dan berlatih sehingga kualitas kehidupan meningkat. Konsep ini secara otomatis dan berkesinambungan menjadi proses pelatihan, pendidikan dan pemberdayaan diri sehingga kemampuan berprestasi yang rendah akan meningkat.
More aboutPentingnya Prestasi Diri bagi Kehidupan Seseorang

5 Cara Meningkatkan Prestasi Diri

Posted by Unknown

Setiap manusia memiliki keinginan untuk berprestasi, baik dalam pendidikan, pekerjaan, maupun di segala aspek kehidupan untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut ini 5 Cara Meningkatkan Prestasi Diri:
  1. Mengembangkan potensi yang dimiliki dan Mmmotivasi dirinya sendiri.
  2. Melalui proses pembelajaran, baik di sekolah, maupun di masyarakat, kita harus selalu belajar
  3. Mengambil hikmah dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain
  4. Kenali potensi diri sendiri. Tanpa pengetahuan yang cukup mengenai potensi diri, kita akan sulit mengembangkan potensi untuk berprestasi. Seulet apapun orang berusaha, pada akhirnya akan kalah sama orang bertalenta yang bekerja keras. Ingat, kerja keras dan terus latihan memang lebih baik daripada bakat bawaan. Tapi orang yang berbakat akan lebih cepat mengukir prestasi jika dia bekerja keras. Ingat, mengenali potensi diri bukan hanya sekedar mengetahui bakat, namun juga menumbuhkan minat, menentukan karakteristik, mencari model yang tepat, strategi latihan dan sebagainya.
  5. Latih dan terus latih secara maksimal dan disiplin potensi tersebut. Kerja keras. Latihan, latihan, & latihan. Terus kembangkan potensi yang sudah ditemukan. Ada yang berbakat main bola, bulu tangkis, pelajaran fisika, matematika, menulis, melukis, melawak, dan sebagainya. Potensi tersebut harus terus diasah atau jika tidak hanya akan terkubur dalam diri kita.
  6. Berani berkompetisi untuk membuktikan potensimu. Harus berani keluar untuk berkompetisi. Prestasi tidak akan ada jika kita tidak mau membuktikannya, right? You must go on! Berani keluar, go public! Kepakkan sayapmu seluasnya! Cari kompetisi sebanyak-banyaknya. Yakinlah suatu saat engkau akan juara
More about5 Cara Meningkatkan Prestasi Diri

Lagu Daerah Sumatera Barat

Posted by Unknown

Selain tarian, daerah Sumatera Barat juga memiliki banyak sekali lagu daerah, di antaranya adalah lagu Sansaro, Paku Gelang, dan Kampuang Nan Jauh di Mato.

Berikut ini lirik lagunya yang diambil dari berbagai sumber terpercaya.

SANSARO

Usah dikana lah juo
Cinto kito nan lamo
Bia denai ko sansaro
Mandi si aia mato

Sadiah kok dikana kini
Sadiah kasia dikadu
Oh sayang

Usah dikanalah juo
Cinto kito nan lamo

Sadiah kok dikana kini
Sadiah kasia dikadu
Oh sayang

Usah ka dikana juo
Cinto kito nan lamo

Yo lah sansai, yo lah sansai, yoo
Iyo lah malang


PAKU GELANG

Daerah Padang Sumatera Barat

Gelang si paku gelang
Gelang si rama rama

Mari pulang
Marilah pulang
Marilah pulang
Bersama-sama

Mari pulang
Marilah pulang
Marilah pulang
Bersama-sama


KAMPUANG NAN JAUH DI MATO

Lagu Daerah Sumatra Barat

Cipt. A. Minos

Kampuang nan jauh di mato
Gunuang sansai bakuliliang
Den takana jo kawan, kawan lamo
Sangkek den basuliang suliang

Panduduaknya nan elok nan
Nan suko bagotong royong
Sakik  sanang samo samo diraso
Den takana jo kampuang

Takana jo kampuang
Induak ayah adiak sadonyo
Raso mahimbau himbau den pulang
Den takana jo kampuang
More aboutLagu Daerah Sumatera Barat

Tari Randai Minangkabau Sumatera Barat

Posted by Unknown

Sumatera Barat kaya akan adat budayanya yang beraneka ragam yang tersebar di seluruh daerah, seperti Minangkabau. Berikut ini salah satu Tarian terkenal dari Minangkabau, yaitu Tari randai. Tari Randai memiliki sejarang yang sangat panjang di Minangkabau. Tari Randai diyakini sempat dimainkan oleh masyarakat Padang Panjang ketika berhasil menangkap rusa yang keluar dari laut. Tari Randai adalah kesenian yang dimainkan oleh beberapa orang secara berkelompok.

Cerita yang dibawakan dalam tari Randai di antaranya:
  1. Cindua Mato
  2. Malin Deman
  3. Anggun Nan Tongga

Tari Randai ditarikan dengan tujuan untuk menghibur masyarakat, biasanya dipentaskan pada acara pesta rakyat dan juga pada Hari Raya Idul Fitri. Pemeran utama berjumlah satu orang, dua orang, tiga orang atau lebih tergantung dari cerita yang dibawakan, dan dalam membawakan atau memerankannya pemeran utama dilingkari oleh anggota-anggota lain yang bertujuan untuk menyemarakkan berlansungnya acara tersebut.

Seperti tarian daerah lainnya, Tari Randai juga hampir dilupakan oleh masyarakat. Tari Randai sudah dianggap asing bagi pemuda-pemudi Minangkabau, hal ini dikarenakan bergesernya orientasi kesenian atau kegemaran dari generasi tersebut. Tari Randai terdapat di daerah pesisir Selatan Sumatera Barat.

Sumber lain menyebutkan bahwa Tari Randai adalah permainan tradisional Minangkabau yang dimainkan secara berkelompok dengan membentuk lingkaran, kemudian melangkahkan kaki secara perlahan, sambil menyampaikan cerita dalam bentuk nyanyian secara berganti-gantian. Randai menggabungkan seni lagu, musik, tari, drama dan silat menjadi satu.

Cerita randai biasanya diambil dari kenyataan hidup yang ada di tengah masyarakat. Fungsi Randai sendiri adalah sebagai seni pertunjukan hiburan yang didalamnya juga disampaikan pesan dan nasihat. Semua gerakan randai dituntun oleh aba-aba salah seorang di antaranya, yang disebut dengan janang.
More aboutTari Randai Minangkabau Sumatera Barat

Kamus Istilah dalam PKn

Posted by Unknown

Banyak istilah dalam mata pelajaran PKn yang sulit untuk dimengerti, berikut ini kamus istilah dalam mata pelajaran PKn, semoga bisa membantu.
  1. Abstraksi adalah proses atau perbuatan memisahkan
  2. Agresif adalah bersifat atau bernafsu untuk menyerang
  3. Akses adalah jalan masuk
  4. Aktif adalah giat (bekerja, berusaha)
  5. Akumulasi adalah pengumpulan
  6. Ambisi adalah keinginan (hasrat, nafsu) yang besar untuk menjadi sesuatu
  7. Antisipatif adalah bersifat tanggap terhadap sesuatu yang sedang (akan) terjadi
  8. Antusias adalah bersemangat
  9. Aspirasi adalah harapan dan tujuan pada masa yang akan datang
  10. Bea adalah biaya
  11. Berprestasi adalah mempunyai prestasi dalam suatu hal
  12. Cukai adalah bea yang dikenakan pada barang impor
  13. Dampak adalah pengaruh kuat yang mendatangkan akibat (baik positif maupun negatif)
  14. Defensif adalah bersikap bertahan
  15. Dekade adalah masa 10 tahun; dasawarsa
  16. Deklaratif adalah bersifat pernyataan ringkas dan jelas
  17. Dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang dari pemerintah
  18. Demokratisasi adalah pendemokratisasian
  19. Desentralisasi adalah sistem pemerintahan yang lebih banyak memberikan kekuasaan kepada pemerintah daerah
  20. Dinamika adalah gerak (dari dalam)
  21. Disintegrasi adalah keadaan tidak bersatu padu; keadaan terpecah-belah
  22. Diskriminasi adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya)
  23. Domisili adalah tempat kediaman yang sah dari seseorang
  24. Duta adalah orang yang diutus oleh pemerintah untuk melakukan tugas khusus
  25. Efektif adalah dapat membawa hasil
  26. Eksekutif adalah kekuasaan menjalankan undang-undang
  27. Ekspansif adalah dapat atau cenderung meluas
  28. Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman baru dari situasi yang baru
  29. Ekspresi adalah pengungkapan atau proses menyatakan
  30. Ekstern adalah datang dari luar
  31. Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang kewajiban moral (akhlak)
  32. Etnis adalah etnik (pertalian dengan kelompok sosial dengan sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya
  33. Etos kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok
  34. Evaluasi adalah penilaian
  35. Faktual adalah mengandung kebenaran
  36. Fanatisme adalah keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)
  37. Fiskal adalah berkenaan dengan urusan pajak atau pendapatan negara
  38. Fleksibel adalah luwes; mudah dan cepat menyesuaikan diri
  39. Forum adalah tempat pertemuan untuk bertukar pikiran secara bebas
  40. Global adalah secara umum dan keseluruhan
  41. Horizontal adalah terletak pada garis atau bidang yang sejajar dengan horizon atau garis datar
  42. Idealisme adalah hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita
  43. Ideologi adalah paham
  44. Imigran adalah orang yang datang dari negara lain dan tinggal menetap di suatu negara
  45. Imigrasi adalah perpindahan penduduk negara lain ke negara tertentu untuk menetap imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan yang besar
  46. Individualistis adalah sesuai dengan kehendak individualis
  47. Inspirasi adalah ilham
  48. Integral adalah mengenai keseluruhannya; meliputi seluruh bagian yang perlu untuk menjadikan lengkap, utuh, dan bulat
  49. Integrasi adalah keadaan tidak bersatu padu
  50. Inteligensi adalah daya reaksi atau penyesuaian yang cepat dan tepat, baik secara fisik maupun mental, terhadap pengalaman baru, membuat pengalaman dan pengetahuan yang telah dimiliki siap untuk dipakai apabila dihadapkan pada fakta atau kondisi baru; kecerdasan
  51. Intern adalah di kalangan sendiri
  52. Intervensi adalah campur tangan dalam perselisihan antara dua pihak
  53. Invasi adalah hal atau perbuatan memasuki wilayah negara lain dengan mengerahkan angkatan bersenjata dengan maksud menyerang atau menguasai negara tersebut
  54. Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memeroleh keuntungan
  55. Karier adalah pekerjaan yang memberi harapan untuk maju
  56. Kolonialisme adalah paham tentang penguasaan oleh suatu negara atas daerah atau bangsa lain dengan maksud untuk memperluas negara itu
  57. Komparatif adalah berkenaan atau berdasarkan perbandingan
  58. Kompetisi adalah persaingan
  59. Kompetitif adalah berhubungan dengan kompetisi (persaingan)
  60. Konflik adalah pecekcokan; perselisihan; pertentangan
  61. Konkret adalah nyata
  62. Konsekuensi adalah akibat (dari suatu perbuatan, pendirian, dan sebagainya)
  63. Konsuler adalah orang yang memberikan nasihat dengan dibayar (khususnya dalam bidang perpajakan)
  64. Kontinen adalah berkesinambungan
  65. Kontrak adalah perjanjian (secara tertulis) antara dua pihak di perdagangan
  66. Konvensi adalah permufakatan atau kesepakatan
  67. Kooperatif adalah bersifat kerja sama
  68. Kreatif adalah memiliki daya cipta
  69. Landas adalah alas
  70. Level adalah tingkatan; tataran; lapisan
  71. Liberalisasi adalah proses untuk menerapkan paham liberal dalam kehidupan (tata negara dan ekonomi)
  72. Logika adalah jalan pikiran yang masuk akal
  73. Loyal adalah patuh
  74. Mekanisme adalah cara kerja sama suatu organisasi
  75. Memprakarsai adalah mengusahakan, memelopori
  76. Misi adalah perutusan yang dikirim oleh suatu negara ke negara lain untuk melakukan tugas khusus dalam bidang diplomatik, politik, perdagangan, kesenian, dan sebagainya
  77. Moneter adalah berhubungan dengan uang atau keuangan
  78. Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu
  79. Naturalis adalah orang yang mengadakan penyelidikan khusus mengenai binatang dan tumbuhan
  80. Navigasi adalah tindakan menempatkan haluan kapal atau arah terbang
  81. Optimal adalah terbaik; tertinggi
  82. Ozon adalah lapisan udara yang terdapat di atmosfer berasal dari oksigen yang mengalami perubahan akibat adanya aliran listrik setelah petir dan guruh silih berganti atau karena pengaruh sinar ultraviolet
  83. Pakta adalah perjanjian internasional
  84. Paradigma adalah kerangka berpikir
  85. Paripurna adalah lengkap
  86. Partisipasi adalah peran serta
  87. Perang dingin adalah perang tanpa mengangkat senjata, hanya saling menggertak
  88. Periodek adalah menurut periode tertentu
  89. Pers adalah orang yang bergerak dalam penyiaran berita
  90. Produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu
  91. Proposional adalah sesuai dengan proporsi; sebanding; seimbang
  92. Proteksionisme adalah paham bahwa ekonomi dalam negeri harus dilindungi pemerintah dari persaingan luar negeri
  93. Radikal adalah secara mendasar
  94. Rasional adalah menurut pikiran dan pertimbangan yang logis
  95. Sentralisasi adalah penyatuan segala sesuatu ke suatu tempat (daerah dan sebagainya) yang dianggap sebagai pusat
  96. Separatisme adalah paham atau gerakan untuk memisahkan diri (mendirikan negara diri sendiri)
  97. Strategis adalah berhubungan strategi
  98. Teori adalah pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi
  99. Terisolasi adalah terasing, terpencil
  100. Teritorial adalah mengenai bagian wilayah (daerah hukum) suatu negara
  101. Tradisi adalah adat kebiasaan turun-temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat
  102. Transaksi adalah persetujuan jual beli dalam perdagangan antara dua pihak
  103. Transfer adalah pindah atau beralih tempat
  104. Transnasional adalah berkenaan dengan perluasan atau keluar dari batas-batas negara
  105. Transparan adalah tidak terbatas pada orang tertentu saja
  106. Tren adalah gaya mutakhir
  107. Tunduk adalah menghadapkan wajah ke bawah
  108. Unsur adalah bagian terkecil dari suatu benda
  109. Vertikal adalah tegak lurus dari bawah ke atas atau kebalikannya
  110. Yustisi adalah kehakiman
  111. Zona adalah salah satu dari lima bagian besar permukaan bumi yang dibatasi oleh garis khayal di sekeliling bumi.
More aboutKamus Istilah dalam PKn

Tari Piring Minangkabau Sumatera Barat

Posted by Unknown on Monday, January 27, 2014

Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang adalah salah satu seni tari tradisonal di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, provinsi Sumatera Barat. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan piring sebagai media utama. Piring-piring tersebut kemudian diayun dengan gerakan-gerakan cepat yang teratur, tanpa terlepas dari genggaman tangan.


Tari piring berasal dari 2 kata, yaitu tarian dan piring. Seorang penari sangat bergantung pada piring sebagai alat utama tariannya. Sejarah tari piring sangatlah unik, karena tidak ada kepastian tentang kapan tari piring ditemukan.

Tari piring telah ada sejak lama di kepulauan Melayu lebih dari 800 tahun yang lalu. Tari piring dipercaya berasal dari Minangkabau Sumatera Barat dan berkembang hingga zaman Sriwijaya. Kemunculan Majapahit yang mengalahkan Sriwijaya pada abad 16, telah mendorong perkembangan tari piring ke berbagai negeri di Melayu yang dibawa oleh pelarian Sriwijaya waktu itu.

Pada awalnya, tari ini merupakan ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah. Ritual dilakukan dengan membawa sesaji dalam bentuk makanan yang kemudian diletakkan di dalam piring sembari melangkah dengan gerakan yang dinamis.

Setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi tari piring tidak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur kepada dewa-dewa akan tetapi, tari tersebut digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak yang ditampilkan pada acara-acara keramaian.

Gerakan tari piring pada umumnya adalah meletakkan dua buah piring di atas dua telapak tangan yang kemudian diayun dan diikuti oleh gerakan-gerakan tari yang cepat, dan diselingi dentingan piring atau dentingan dua cincin di jari penari terhadap piring yang dibawanya. Pada akhir tarian, biasanya piring-piring yang dibawakan oleh para penari dilemparkan ke lantai dan kemudian para penari akan menari di atas pecahan-pecahan piring tersebut.

Tarian ini diiringi oleh alat musik Talempong dan Saluang. Jumlah penari biasanya berjumlah ganjil yang terdiri dari tiga sampai tujuh orang. Kombinasi musik yang cepat dengan gerak penari yang begitu lincah membuat pesona Tari Piring begitu menakjubkan. Pakaian yang digunakan para penaripun haruslah pakaian yang cerah, dengan nuansa warna merah dan kuning keemasan.
More aboutTari Piring Minangkabau Sumatera Barat

Tarian Daerah Sumatera Barat

Posted by Unknown

Seperti daerah lainnya, Sumatera Barat juga memiliki kesenian berupa tarian yang beraneka ragam. Tarian tradisional yang bersifat klasik dari daerah Sumatera Barat yang ditarikan oleh kaum pria dan wanita umumnya memiliki gerakan yang aktif dan dinamis, namun tetap berada dalam alur dan tatanan yang khas.

Kekhasan ini terletak pada prinsip tari Minangkabau yang belajar kepada alam. oleh karena itu dinamisme gerakan tari-tarian tradisional Minang selalu merupakan perlambang dari unsur alam.

Pengaruh agama Islam, keunikan adat matrilineal, dan kebiasaan merantau masyarakatnya juga memberi pengaruh besar dalam jiwa sebuah tari tradisi Minangkabau.

Berikut ini beberapa macam tarian tradisional Sumatera Barat:
  1. Tari Piring
  2. Tari Payung
  3. Tari Randai
  4. Tari Pasambahan
  5. Tari Indang
Kesenian tarian tradisional pencak silat dari Minangkabau merupakan penggabungan dari gerakan tari dan seni bela diri khas Minang. Pencak Silat di Minangkabau memiliki beberapa aliran, di antaranya aliran Harimau Kumango. Tarian ini biasanya sudah diajarkan kepada kaum pria di Minangkabau semenjak kecil hingga menginjak usia akil baligh (6 sampai 12 tahun) untuk dijadikan bekal merantau.

Saat ini seni tari pencak silat sudah mengglobal dengan terbentuknya federasi pencak silat sedunia IPSF yang merupakan singkatan dari international Pencak Silat Federation.
More aboutTarian Daerah Sumatera Barat

Lagu Daerah Sumatera Utara

Posted by Unknown

Berikut ini beberapa contoh lagu daerah Sumatera Utara:

Anju Ahu

Anju ahu sai anju ahu
Ale anggi
Dina muruk manang marsak
Rohangki

Nang so hupa boa
Arsak nadi roham
Holongni rohangku
Sai hot doi

Anju ahu sai anju ahu
Ale anggi
Engkelmi mambahen
Pa sonang
Rohangki

Tung saleleng ahu
Di lambung mi
Anju ahu sai anju ahu
Ale anggi

Piso Surit

Piso Surit, piso Surit.
Terdilo-dilo, terpingko-pingko
Lalap la jumpa ras atena ngena.
I ja kel kena, tengahna gundari

Siang me enda turang atena wari.
Entabeh naring mata kena tertunduh
Kami nimaisa turang tangis-teriluh.

Enggo-enggo me dagena
Mulihlah gelah kena
Bage me nindu rupa agi kakana

Tengah kesain, keri lengetna
Rembang mekapal turang, sehkel bergehna.
Terkuak manuk ibabo geligar
Enggo me selpat turang kite-kite kulepar.

Piso Surit, piso Surit.
Terdilo-dilo, terpingko-pingko
Lalap la jumpa ras atena ngena.

Sitara Tillo

Au sijara jiri nasohea maridi sahali
au maridi dapat au pirami
bibi hei bibi heibibi hei bibi hei

Tillo tillo
Sitara tillo tillo
Sitara tillo tillo
Sitara tillo tillo

Au si jara jiri nasohea maridi sahali
Au maridi dapot au pirami bibi Hei

Tillo tillo
Sitara tillo tillo
Sitara tillo tillo
Sitara tillo tillo

Au si tangkal tabu nasohea madabu sahali
Madabu tuabingan nina marbaju
Hei baju heibaju hei baju hei

Tillo tillo
Sitara tillo tillo
Sitaratillo tillo
Sitara tillo tillo

La la la la la la la la la la la la la la
La la la la la la la la la la la la la
La la la la la la la la la la la la lalaaaaaaa
More aboutLagu Daerah Sumatera Utara

Lagu Lagu Daerah di Indonesia

Posted by Unknown

Kebudayaan daerah Indonesia sangat beragam, di antaranya adalah lagu-lagu daerah dari seluruh provinsi di Indonesia yang sekarang ini mulai dilupakan karena masuknya budaya asing yang membawa berbagai jenis musik dan lagu yang telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat.

Mari kita jaga kebudayaan asli kita termasuk lagu-lagu daerah kita agar tidak musnah.
Berikut ini daftar nama-nama lagu daerah berdasarkan daerah atau privinsi:

  1. Aceh    Bungong Jeumpa, Lembah Alas
  2. Ambon     Manise   
  3. Bali    Dewa Ayu, Janger,Macepet Cepetan, Mejangeran, Meyong-Meyong, Ngusak Asik, Puteri Ayu, Ratu Anom, Tari Bal
  4. Banten    Dayung Sampan, Jereh Bu Guru, Tong Sarakah
  5. Bengkulu    Lalan Belek, Sungai Suci, Umang-umang   
  6. Gorontalo    Binde Biluhuta, Dabu-Dabu   
  7. Jakarta    Jali-Jali, Keroncong Kemayoran, Kicir-Kicir, Lenggang Kangkong, Ondel Ondel, Ronggeng, Sirih Kuning, Surilang, Keroncong Kemayoran   
  8. Jambi    Batanghari, Dodoi Si Dodoi, Injit-Injit Semut, Pinang Muda, Selendang Mayang, Timang-Timang Anakku Sayang   
  9. Jawa Barat    Bajing Luncat, Bubuy Bulan, Cing Cangkeling, Es Lilin, Manuk Dadali, Neng Geulis, Nenun, Panon Hideung, Pepepling, Peuyeum Bandung, Pileuleuyan, Sapu Nyere Pegat Simpai, Tokecang, Warung Pojok   
  10. Jawa Tengah    Bapak Pucung, Gambang Suling, Gek Kepriye, Gundul Pacul, Ilir-Ilir, Jamuran, Jaranan   
  11. Jawa Timur    Cublak-cublak Suweng, Kembang Malathe, Keraban Sape
  12. Kalimantan Barat    Cik-Cik Periuk   
  13. Kalimantan Selatan    Ampar-Ampar Pisang, Paris Barantai, Saputangan Bapuncu Ampat   
  14. Kalimantan Tengah    Kalayar, Naluya, Tumpi Wayu, Manasai, Oh Indang Oh Apang, Bawi Kuwu   
  15. Kalimantan Timur    Indung-Indung, Oh Adingkoh   
  16. Lampung    Cangget Agung, Lipang Lipandang   
  17. Madura    Gai Bintang, Tanduk Majeng
  18. Maluku   Ayo Mama, Buka Pintu, Burung Kakatua, Burung Tantina, Goro-Goro Ne, Gunung Salahatu, Hela Rotan, Huhatee, Kole-Kole, Lembe-lembe, Mande-mande, Naik-Naik Ke Puncak Gunung, Nona Manis Siapa Yang Punya, O Ulate, Ole Sioh, Rasa Sayange, Sarinande, Saule, Sayang Kene, Siwalima Arika, Sudah Berlayar, Tanase, Toki Tifa, Waktu Hujan Sore-sore   
  19. Nusa Tenggara Barat    Helele U Ala De Teang, Moree, Orlen-orlen, Pai Mura Rame, Tebe Onana, Tutu Koda   
  20. Nusa Tenggara Timur    Anak Kambing Saya, Bolelebo, Desaku, Lerang Wutun, O Nina Noi, Orere, Potong Bebek Angsa   
  21. Palu Lempong Popi
  22. Papua    Apuse, E Mambo Simbo, Sajojo, Yamko Rambe Yamko   
  23. Riau    Kutang Barendo, Lancang Kuning, Ocu Maantau, Soleram, Zapin Laksmana Raja di Laut, Zapin Pantai Solop   
  24. Sulawesi Selatan    Ammac Ciang, Anak Kukang, Anging Mamiri, Ati Raja, Batti'batti, Ganrang Pakarena, Ma Rencong, Marencong-rencong, Pakarena   
  25. Sulawesi Tengah    Tondok Kadadiangku, Tope Gugu   
  26. Sulawesi Tenggara    Peia Tawa-Tawa, Tana Wolio   
  27. Sulawesi Utara    Esa Mokan, Gadis Taruna, O Ina Ni Keke, Si Patokaan, Sitara Tillo, Tahanusangkara, Tan Mahurang   
  28. Sumatera Barat    Anak Daro, Ayam Den Lapeh, Badindin, Barek Solok, Dayung Palinggam, Gelang Sipaku Gelang, Ka Parak Tingga, Kambanglah Bungo, Kampuang Nan Jauh Di Mato, Kaparak Tingga, Lah Laruik Sanjo, Mak Inang, Malam Baiko, Paku Gelang, Rang Talu, Sansaro, Seringgit Dua Kupang, Tak Tong-Tong, Tari Payung   
  29. Sumatera Selatan    Cuk Mak Ilang, Dek Sangke, Kabile-Bile, Tari Tanggai   
  30. Sumatera Utara    Anju Ahu, Butet, Cikala Le Pongpong, Dago Inang Sarge, Ketabo, Leleng Ma Hupaima, Lisoi, Madekdek Magambiri, Mariam Tomong, Nasonang Dohita Nadua, O'pio, Piso Surit, Rambadia, Say Selamat Masinegar, Sengko-sengko, Sigulempong, Sik Sik Sibatumanika, Sinanggar Tulo, Sing Sing So, Sory Ya Katulla, Sitara Tillo
  31. Tapanuli Utara    Tarutung Na Uli
  32. Yogyakarta    Pitik Tukung, Sinom, Suwe Ora Jamu, Te Kate Dipanah
More aboutLagu Lagu Daerah di Indonesia

Kesenian Daerah Sumatera Utara

Posted by Unknown on Sunday, January 26, 2014

Provinsi Sumatera Utara beribu kota di Medan. Provinsi Sumatera Utara memiliki banyak kesenian tradisional, di antaranya adalah tari-tarian dan beberapa kesenian lainnya seperti kesenian lompat batu.

Berikut ini beberapa kesenian daerah Sumatera Utara: 

Tari Baluse


Tari Baluse adalah tarian khas dari Suku Nias yang melambangkan kegagahan prajurit saat di medan perang. Tari baluse merupakan tari perang ala masyarakat Nias. Tarian ini berasal dari Nias Selatan. Sekarang ini, tari baluse biasanya digunakan untuk penyambutan tamu atau wisatawan. 

Tari Manduda


Tarian Manduda adalah tarian yang melambangkan perasaan suka cita saat sedang panen raya. Tari Manduda merupakan suatu bentuk tarian rakyat Simalungun yang bersuka ria di masa panen padi.

Tari Sekapur Sirih

Sekapur Sirih adalah salah satu tari tradisional dari daerah Sumatera Utara. Tari Sekapur Sirih adalah tarian yang dikhususkan untuk menyambut tamu dengan penarinya para wanita yang membawa bunga untuk ditaburkan.

Loncat batu


Kesenian Loncat Batu adalah salah satu kesenian tradisional daerah Sumatera Utara yang berasal dari pulau Nias. Mungkin kesenian meloncati batu yang merupakan upacara adat dari suku Nias lah yang paling terkenal dari beberapa kesenian daerah Sumatera Utara. Kesenian ini merupakan ajang keberanian para pemuda untuk meloncati batu yang ditumpuk tinggi.

Batu yang harus dilompati tingginya sekira 2 meter, berlebar 90 cm, dan panjangnya 60 cm. Dengan ancang-ancang lari yang tidak jauh, seorang pemuda Nias akan dengan tangkas melaju kencang lalu menginjak sebongkah batu untuk kemudian melenting ke udara melewati sebuah batu besar setinggi 2 meteran menyerupai benteng. Puncak bantu tidak boleh tersentuh dan sebuah pendaratan yang sempurna harus dituntaskan karena apabila tidak maka resikonya adalah cedera otot atau bahkan patah tulang.
More aboutKesenian Daerah Sumatera Utara

Lagu Bungong Jeumpa Aceh

Posted by Unknown on Friday, January 24, 2014

Salah satu lagu terkenal dari daerah Nangroe Aceh Darussalam adalah lagu Bungong jeumpa. Bungong Jeumpa adalah lagu daerah yang berasal dari Aceh. Bungong Jeumpa dalam bahasa Aceh berarti bunga cempaka.

Berikut ini lirik lagu Bungong Jeumpa Aceh


Dalam Bahasa Aceh


Bungong jeumpa, bungong jeumpa meugah di Acèh
Bungong teuleubèh, teuleubèh indah lagoë na
Putéh kunèng meujampu mirah
Keumang siulah cidah that rupa
Lam sina buleuën, lam sina buleuën angèn peuayôn
Rurôh meususôn, meususôn, nyang mala-mala
Mangat that mubèë meunyo tatém côm
Leupah that harôm si bungong jeumpa

Dalam Bahasa Indonesia

Bunga cempaka, bunga cempaka terkenal di Aceh
Bunga terlebih, terlebih indah sekali
Putih kuning bercampyuuur mirah
Mekar sekuntum indah rupawan
Dalam sinar bulan, dalam sinar bulan angin ayunkan
Gugur bersusun, bersusun, yang sudah layu
Harum baunya kalau dicium
Alangkah harum si bunga cempaka
More aboutLagu Bungong Jeumpa Aceh

Lagu Daerah Hikayat Prang Sabi

Posted by Unknown

Lirik lagu perjuangan melawan penjajah Belanda dari daerah Nangroe Aceh Darussalam NAD.
Hikayat Prang Sabi adalah suatu karya sastra dalam sastra Aceh yang berbentuk hikayat yang isinya membicarakan tentang jihad baik naskah tersebut berjudul Hikayat Prang Sabi ataupun tidak.

Hikayat Prang Sabi terdiri dari dua genre, yaitu genre tambeh (Ar. tambih, peringatan, nasihat) dan genre epos. Hikayat Prang Sabi jenis tambeh kebanyakan ditulis oleh para ulama yang berisi nasihat, ajakan dan seruan untuk terjun ke medan jihaad fii sabilillaah, menegakkan agama Allah dari rongrongan kafir dan meraih imbalan pahala yang besar.

Hikayat Prang Sabi jenis tambeh terawal berjudul Haadzihi Qishshah Nafsiyyah (Cod. Or. 8667, UBL) berupa saduran dari risalah Abdussamad al-Falimbani berjudul Nashihatul Muslimin (merupakan naratif induk bagi teks genre tambeh). Saduran tersebut ditulis pada tahun 1834 hampir 40 tahun sebelum Perang Aceh pecah, sedangkan karya pertama yang berjudul Hikayat Prang Sabi adalah karya Teungku Chik Pante Kulu yang ditulis atas permintaan 'cut abang'-nya (kakandanya). Mungkin sekali orang itu adalah Teungku Chik di Tiro karena pada tahun 1881 mujahid ini diangkat menjadi panglima perang sabilillah, sedangkan Teungku Chik Pante Kulu sendiri merupakan tangan kanannya.

Sedangkan Hikayat Prang Sabi jenis epos melukiskan peristiwa perang yang berlangsung di berbagai tempat di Aceh. Dilukiskan keberanian dan keperkasaan perlawanan para pejuang hingga tewas sebagai syuhada. Kisah-kisah kepahlawanan itu lalu dinukilkan dalam bentuk epos, seperti Hikayat Prang Sigli (1878), Hikayat Prang Geudong (1898) dan lain-lain.

Berikut ini contoh lirik lagunya:

HIKAYAT PRANG SABEE (Hikayat Perang Sabil)

Subhanallah wahdahu wabihamdihi.
Khalikul badri wallaili A’zawajallah.
Ulön pujoe pòe sidroe po syukur keu rabbi yaa aini.
Keu Kamoe Neubri beu suci Aceh Mulia.
Tajak prang musöh beuruntoeh dum sitre Nabi.
Soe nyang meu ungki keu Rabbi keu poe yg Esa.
Lindung gata seugala yang Mujahidin Mursalin.
Jeut-jeut mukim ikeulim Aceh Mulia.
Nyang Meubahgia seujahtra syahid dalam prang.
Allah Neupulang Dendayang Budiadari.
Meusö han tèm prang cit malang ceulaka tuboh rugö roh.
Syuruga tan roh rugo roh bala Neuraka.
Meusoe yang tem prang cit meunang meutuah tuböh.
Syuruga pih roh yang Lusòh Geubri keu gata.
Hoka siwa sirawa syahid dalam prang dan seunang.
Dipeurab rijang peutaméeng syuruga tinggi.
Budiadari meunanti di döeng di pandang.
Dipréeh Cut Abang jak meucang dalam prang sabi.
Hoka judöe tum pu oe syahid dalam prang dan seunang.
Dipeurab rijang peutaméeng syuruga tinggi.
Subhanallah wahdahu wabihamdihi.
Khalikul badri wallaili A’zawajallah.
Ulön pujoe pòe sidroe po syukur keu rabbi yaa aini.
Keu Kamoe Neubri beu suci Aceh Mulia.
More aboutLagu Daerah Hikayat Prang Sabi

Tari Pukat Nangroe Aceh Darussalam

Posted by Unknown

Selain tari Saman, Aceh juga memiliki tari lain yang cukup menarik, yaitu Tari Pukat. Sesuai dengan namanya, tari Pukat berhubungan dengan kehidupan nelayan rakyat Aceh. Tarian ini mengisahkan seorang nelayan yang menganyam pukat, pergi ke laut untuk menangkap ikan.


Sumber gambar: visitaceh.com

Tari pukat adalah tari tradisional Indonesia yang berasal dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Makna dari tarian ini adalah, kebersamaan dan saling tolong menolong dari seluruh negara untuk Aceh dan Nias. Sehingga, Aceh dan Nias kembali tersenyum, Setiap wanita dalam tarian ini memegang tali yang satu sama saling sambung menyambung, dan kemudian terbentuk jaring seperti laba-laba.

Kesenian Tari Tarek Pukat ini menggambarkan aktifitas para nelayan yang  menangkap ikan dilaut, berasal dari daerah Kabupaten Aceh Besar Provinsi  Aceh, Tarek yang berarti tarik dan Pukat adalah alat sejenis jaring  yang digunakan untuk menangkap ikan.
More aboutTari Pukat Nangroe Aceh Darussalam

Tari Saman Nangroe Aceh Darussalam

Posted by Unknown

Nangroe Aceh Darussalam memiliki banyak kebudayaan dan kesenian yang islami, di antaranya adalah tari Saman.

Tari saman berasal dari daerah Nangroe Aceh Darussalam yang penyajiannya mengungkapkan rasa puji syukur kepada Allah SWT dan biasanya disajikan pada acara penyambutan tamu.

Tari ini menggunakan variasi tepuk tangan dan diiringi oleh nyanyian. Lagu-lagu iringan yang dibawakan biasanya berupa dzikir keagamaan.


Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.

Tarian saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman: Tepuk tangan dan tepuk dada.Diduga,ketika menyebarkan agama islam, syeikh saman mempelajari tarian melayu kuno,kemudian menghadirkan kembali lewat gerak yang disertai dengan syair-syair dakwah islam demi memudakan dakwahnya.Dalam konteks kekinian,tarian ritual yang bersifat religius ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui pertunjukan-pertunjukan.

Tarian saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik,kerena hanya menampilkan gerak tepuk tangan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang,kirep,lingang,surang-saring (semua gerak ini adalah bahasa Gayo).

Pada umumnya,Tarian saman dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki, tetapi jumlahnya harus ganjil.Pendapat Lain mengatakan Tarian ini ditarikan kurang lebih dari 10 orang,dengan rincian 8 penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi.Namun, dalam perkembangan di era modern yang menghendaki bahwa suatu tarian itu akan semakin semarak apabila ditarikan oleh penari dengan jumlah yang lebih banyak. Untuk mengatur berbagai gerakannya ditunjuklah seorang pemimpin yang disebut syeikh. Selain mengatur gerakan para penari,Syeikh juga bertugas menyanyikan syair-syair lagu saman. yaitu ganit.

Nyanyian para penari menambah kedinamisan dari tarian saman. Cara menyanyikan lagu-lagu dalam tari saman dibagi dalam 5 macam:
  1. Rengum, yaitu auman yang diawali oleh pengangkat.
  2. Dering, yaitu regnum yang segera diikuti oleh semua penari.
  3. Redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.
  4. Syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak.
  5. Saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.
Tari saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.

Sebelum saman dimulai yaitu sebagai mukaddimah atau pembukaan, tampil seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton.

Lagu dan syair pengungkapannya secara bersama dan kontinu, pemainnya terdiri dari pria-pria yang masih muda-muda dengan memakai pakaian adat. Penyajian tarian tersebut dapat juga dipentaskan, dipertandingkan antara group tamu dengan grup sepangkalan (dua grup). Penilaian dititik beratkan pada kemampuan masing-masing grup dalam mengikuti gerak, tari dan lagu (syair) yang disajikan oleh pihak lawan.
More aboutTari Saman Nangroe Aceh Darussalam

Pengertian Layanan Konsultasi Menurut Prayitno

Posted by Unknown on Thursday, January 23, 2014

Pelayanan konseling di sekolah merupakan usaha membantu peserta didik dalam mengembangkan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir.

Layanan konseling memfasilitasi pengembangan peserta didik, secara individual, kelompok, dan atau klasikal sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, perkembangan, kondisi, serta peluang-peluang yang dimiliki. Pelayanan ini juga membantu mengatasi kelemahan dan hambatan, juga masalah yang dihadapi peserta didik.

Salah satu bentuk layanan yang ada dalam bimbingan dan konseling adalah layanan konsultasi.

Berikut ini Pengertian Layanan Konsultasi Menurut Prayitno.

Menurut Prayitno (2004: 1), “layanan konsultasi adalah layanan konseling oleh konselor terhadap pelanggan (konsulti) yang memungkinkan konsulti memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara yang perlu dilaksanakan untuk menangani masalah pihak ketiga.” Konsultasi pada dasarnya dilaksanakan secara perorangan dalam format tatap muka antara konselor (sebagai konsultan) dengan konsulti. Konsultasi dapat juga dilakukan terhadap dua orang konsulti atau lebih kalau konsulti-konsulti itu menghendakinya.

Berikut ini Daftar Pustaka Pengertian Layanan Konsultasi Menurut Prayitno

Prayitno. 2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Depdikbud
More aboutPengertian Layanan Konsultasi Menurut Prayitno

Lembar Kerja Siswa Studi Tour

Posted by Unknown on Sunday, January 19, 2014

LEMBAR KERJA SISWA
STUDY TOUR KE YOGYAKARTA
2013/2014

Dikerjakan oleh:
Kelompok: ............................
1.    .......................................................
2.    .......................................................
3.    .......................................................
4.    .......................................................
5.    .......................................................
6.    .......................................................
7.    .......................................................
8.    .......................................................

SD NEGERI TAMBAHARJO
UPT DIKPORA KECAMATAN ADIMULYO
KABUPATEN KEBUMEN

LEMBAR KERJA SISWA
STUDY TOUR KE YOGYAKARTA
2013/2014

TAMAN PINTAR

1.    Tanyakan kepada petugas!
       a.    Kapan Taman Pintar didirikan?
       b.    Kapan diresmikan?
       c.    Siapa yang meresmikan?
2.    Apa maskot Taman Pintar?
3.    Apa makna maskot Taman Pintas?
4.    Apa motto Taman Pintar?
5.    Apa saja bagian-bagian Taman? Jelaskan!

Jawab:
  1. ......................................................................................................................................
  2. ......................................................................................................................................
  3. ......................................................................................................................................
  4. ......................................................................................................................................
  5. ......................................................................................................................................
CANDI PRAMBANAN

Coba tanyakan kepada pengunjung yang lain hal-hal berikut ini:
1.    Coba tanyakan kepada para pengunjung, apa nama lain candi Prambanan!
2.    Kapan Candi Prambanan dibangun?  Berapa tinggi bangunan utama Candi Prambanan?
3.    Candi Prambanan terdiri dari berapa kuil?
4.    Coba hitung, ada berapa candi-candi kecil di komplek Candi Prambanan!
5.    Coba tanyakan nama-nama arca yang ada di komplek Candi Prambanan!
Jawab:
  1. ......................................................................................................................................
  2. ......................................................................................................................................
  3. ......................................................................................................................................
  4. ......................................................................................................................................
  5. ......................................................................................................................................
MONJALI

1.    Coba perhatikan bangunan Monjali! Bantuknya seperti apa?
2.    Coba tanyakan kepada petugas, apa latar belakang didirikannya Monjali!
3.    Catat pada lembar kerjamu, apa saja yang kamu lihat di dalam ruangan Monjali!
Jawab:
  1. ......................................................................................................................................
  2. ......................................................................................................................................
  3. ......................................................................................................................................
GEMBIRA LOKA
1.    Catatlah nama-nama hewan yang kamu lihat di Gembira loka!
2.    Catatlah nama-nama tumbuhan yang kamu lihat di Gembira loka!
3.    Selain tumbuhan dan hewan, apa saja yang kamu lihat di lokasi wisata Gembira Loka?
Jawab:
  1. ......................................................................................................................................
  2. ......................................................................................................................................
  3. ......................................................................................................................................
More aboutLembar Kerja Siswa Studi Tour

Naskah Pidato Bahasa Jawa Berbhakti Kepada Orang Tua

Posted by Unknown

Karena banyaknya para pengunjung blog ini yang mencari artikel tentang contoh naskah pidato bahasa jawa tentang berbhakti kepada orang tua, maka berikut ini contohnya.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, Alhamdulillahirobbil alamin, walakibatullilmutaqin, wala udwana ila ala dholimin, amaba’du

Nalikanipun Nabi Allah Ibrohim AS mboten diparingi putra sakin Allah SWT dangunipun ngantos sedasa warso langkung. Nabi Allah Ibrohim AS ndedonga, munajad, nyenyuwun dumateng Allah SWT. Nopo donganipun Nabi Ibrohim?

Wonten ingkang pirsa mboten? Wonten ingkang pirsa?
Nabi Ibrohim mboten nyuwun dumateng Allah putra ingkang pinter? Mboten.
Nabi Ibrohim mboten nyuwun dumateng Allah putra ingkang sugih? Mboten
Nabi Ibrohim mboten nyuwun dumateng Allah putra ingkang gagah kados kulo? Mboten.

Nanging nopo donganipun Nabi Allah Ibrohim?
Robbi habli minassolihiin (Allah)
Duh gusti Allah, mugi maringi dumateng kulo keturunan-keturunan ingkang sholeh ugi so.....
Menopo toh sebabipun Nabi Ibrohim nyuwun dumateng Allah putra ingkang sholeh dan sholehah?
Sebabipun, tiyang ingkang sholeh insya Allah pinter, tiyang ingkang pinter dereng mesti ...

Menawi putro ingkang sholeh, piyambakipun yakin lan mangertos, bilih piyambakipun lair saking guogarbonipun kang ibu, wonten kandutanipun dangunipun 9 sasi.

Ibu? Ibu wekdal ngandut keng putra awrat sanget nggih bu? Awratipun masa Allah nggih bu?
Wonten ingkang 9 sasi, wonten ingkang 14 sasi, pas mbabar sampun kumisen. Dereng malih, nalikanipun nyidam, nggih bu?

Meniko perjuangan ibu kito, nglairaken putronipun, kantun kito dados putronipun kepripun? Menopo ingkang saged dipun aturaken dumateng tiyang sepah kalih kito?

Kedahipun, kito sami ndedonga, nyenyuwun dumateng Allah SWT,



Duh gusti Allah, kulo nyuwun ngapuro, sekathahe dosa kulo, ugi dosanipun tiyang sepah kalih kulo. Mugi Allah paring welas asih dumateng tiyang sepah kulo, kados tiyang sepah kulo welas asih dumateng kulo wiwit kulo alit.

Perjuangan tiyang sepah meniko sanget-sanget awrat, Subhanallah. Ibu kito, Subhanallah. Tiyang sepah kito, mustokonipun dipun dadosaken samparan, samparanipun dipun dadosaken mustoko, kangge putronipun. Selajengipun, nopo ingkang saget kito aturaken dumateng tiyang sepah kito? Nggih meniko dados putro ingkang sho..., ingkang sholeh.

“Ida matabnu adama inkoto'a amaluh ila min salasin: Sodaqotin jariatin, au ilmiyun tafa'u bih, auwaladin sholih yad' ulah”

Salah setunggalipun nggih meniko putro ingkang sholeh ingkang kerso paring donga dumateng tiyang sepahipun. Kepripun menawi tiyang sepuh kito sampan nilar donyo? Donga’aken, menawi taksih sugeng? Monggo sesarengan kitombiyantu ngagem tenogo kito! Insya ...

Monggo sesarengan kito madosi ridhonipun tiyang sepah, monggo sesarengan kito madosi berkahipun tiyang sepah, sebabipun menopo? Ridhollah bi ridhol walidain, wa sukhtullah bi sukhtil ... walidain.

Ridhonipun Allah gumantung wonten ridhonipun tiyang sepah lan ugi murkanipun Allah gumantung murkanipun tiyang ...

Menawi tiyang sepah kito ridho, insya Allah, Allah ugi ridho.

Ngibadah ingkang kathah, haji kaping tigo, dados kyai ingkang dipun hormati tiyang katha, hananging, menawi kito durhoko dumateng tiyang sepah, sedoyo amal ibadahipun dipun tolak dateng Allah Subhanahuwataala.

Mugi-mugi mawon, kito sedoyo dados putro ingkang sholeh dan sholehah, amiin ya robbal alamiin, ugi kito saged mikul duwur mendem jero tiyang sepah kito mbenjang.

Kados mekaten ingkang kulo aturaken, kathah kesalahan ugi kekhilafan, al fakir, nyuwun agenging samudro pangaksami, akhirul kalam wabilahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian contoh naskah pidato bahasa jawa tentang berbhakti kepada orang tua, semoga bermanfaat.
More aboutNaskah Pidato Bahasa Jawa Berbhakti Kepada Orang Tua

Naskah Pidato Pendidikan Asas Pembangunan Negara

Posted by Unknown on Saturday, January 18, 2014

Berikut ini contoh naskah pidato tentang pendidikan yang bisa dijadikan contoh untuk belajar pidato oleh anak dengan judul Pendidikan Asas Pembangunan Negara.

Assalamualaikum Wr. Wb

Bismillah, Alhamdulillah, asholatu wasalamu ala rosulillah ama bersabda “ba’dah. Bapak Ibu yang saya hormati. Judul pidato yang akan saya sampaikan adalah “Pendidikan Asas Pembangunan Negara.”

Hadirin yang saya hormati.
Apakah kita lupa kepada pesan Ibu dan Bapak sebagai orang tua kita, yang senantiasa menyuruh kita supaya rajin belajar. Ingatkah kita kepada kata-kata Plato dan Konfusius, yaitu seperti yang disabdakan oleh Rosulullah SAW “Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri Cina!”.

Hadirin yang saya hormati.
Sejak zaman dahulu hingga sekarang, pandangan terhadap pendidikan adalah sama, yaitu Pendidikan merupakan asas perkembangan umat manusia. Pendidikan dapat melatih otak manusia untuk berfikir dengan lebih luas dan rasional, tanpa pendidikan capaian serta akses terhadap berbagai bentuk pengetahuan, seperti buku, internet, atau media lainnya sama sekali tidak mungkin.

Manusia yang tidak memiliki pendidikan, diibaratkan seperti katak dalam tempurung, dia tidak tahu apa yang terjadi di sekelilingnya.

Hadirin yang saya hormati.
Pendidikan penting untuk memacu pembangunan negara, pendidikan dapat menyelesaikan masalah kemiskinan dan buta huruf, yang merupakan kendala utama dalam proses pembangunan negara.

Seperti ahli falsafah Yunani yang bernama Plato, Beliau pernah berkata “Pendidikan adalah Asas Pembangunan Bangsa. Untuk melaksanakan pembangunan, aspek pendidikan perlu ditekankan, sebab pendidikan juga dapat mengangkat nilai budaya dan peradaban bangsa.

Semoga pendidikan di negara kita semakin maju dan menganut pendidikan berkarakter, sehingga bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan beradab.

Hadirin yang saya hormati.
Sekian pidato saya sekilas.
Saya harap dapat dinikmati
Apabila anak bangsa cerdas
Bangsa berkualiti.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
More aboutNaskah Pidato Pendidikan Asas Pembangunan Negara

Kisah Keteladanan Seorang Pemimpin

Posted by Unknown

Pimpinan yang arif dan bijaksana adalah pemimpin yang bisa melayani rakyat atau bawahannya. Pemimpin yang bisa menjadi suri tauladan bagi bawahannya. Berikut ini kisah keteladanan seorang pimpinan dalam menjalankan tugasnya yang berjudul Rama Harimau.

Di sebuah hutan rimba hiduplah seekor harimau besar yang dijuluki Rama Harimau. Rama Harimau terkenal sangat bijaksana dan baik hati. Meskipun ia dikenal sebagai hewan yang kuat, tetapi ia tidak sombong dengan kelebihannya itu. Karena itulah ia dipilih sebagai pemimpin seluruh binatang di hutan.

Rama Harimau mempunyai putra namanya si Loreng. Tidak seperti Rama Harimau yang terkenal sangat bijaksana dan juga dikagumi hewan-hewan di hutan, si Loreng dibenci binatang di hutan.  Selain sangat jahil, dia juga sangat sombong. Sering si Loreng menindas binatang yang ada di hutan. Suatu hari si Loreng menemukan sarang semut merah. Segera sarang semut itu ia tutup menggunakan batu.

”Biar saja semut itu mati, lagipula para semut memang terlalu lemah untuk hidup”, kata si Loreng dengan sombong. ”Di mana-mana yang kuat akan selalu dapat bertahan hidup”, lanjutnya. Namun si Loreng tidak tahu kalau semut merah itu selamat dan mengadukan perbuatan si Loreng ke Rama Harimau.

Begitu si Loreng pulang, Rama Harimau langsung menegurnya dengan sangat keras.  ”Maafkan Loreng, Rama. Loreng berjanji tidak akan mengulangi perbuatan seperti itu lagi.” ”Rama memaafkan kau, Loreng. Tapi kau harus dihukum atas kesalahan yang telah kau lakukan.” kata Rama Harimau. Si
Loreng hanya mengangguk pasrah.

Esoknya, dengan disaksikan seluruh penghuni hutan, Rama Harimau menghukum si Loreng. Ia harus masuk ke dalam sebuah gua dalam waktu tiga hari dan pintu guanya akan ditutup dengan batu. Rama Harimau berharap putranya itu dapat merasakan penderitaan yang pernah dialami semut merah.

Rama Harimau juga berharap agar putranya dapat mengubah sikap buruknya. Dengan dihukumnya si Loreng, para binatang di hutan semakin menghormati Rama Harimau. Tindakan Rama Harimau mencerminkan kebijaksanaannya. Meskipun yang bersalah anaknya sendiri, ia tidak segan-segan menghukumnya dengan hukuman setimpal.

Setelah menjalani hukuman, watak si Loreng mulai berubah. Ia tak lagi sombong dan jahil. Kini ia mulai meneladani sikap Rama Harimau, ayahnya.
Oleh: Winda Putri Ayuning Tyas, Sumber: Kedaulatan Rakyat
More aboutKisah Keteladanan Seorang Pemimpin

Pengertian Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran

Posted by Unknown on Thursday, January 16, 2014

Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru dituntut kreatifitasnya dalam menciptakan pembelajaran yang PAIKEM yaitu pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode bermain peran. Berikut ini beberapa pengertian metode pembelajaran.

Bermain peran terdiri dari dua kata yaitu bermain dan peran.

Bermain adalah:
  1. Sebuah aktifitas bermain yang murni mencari kesenangan tanpa mencari kemenangan dalam hal ini disebut dengan istilah playing.
  2. Sebuah aktifitas bermain yang dilakukan dalam rangka mencari kesenanga dan kepuasan, namun ditandai dengan adanya kemenagan dan kekalahan dalam hal ini disebut dengan game
Setiap aktifitas bermain selalu didasarkan pada perolehan kesenangan dan kepuasan. Hakl ini sesuai dengan fungsi utama bermain yaitu untuk relaksasi dan menyegarkan (refreshing) kondisi fisik dan mental yang berada di ambang ketegangan.

Peran atau role adalah:
Cara seseorang berperilaku dalam posisi dan situasi tertentu. Dalam ilmu manajerial, ketidaksesuaian dalam pengenalan peran ditunjukkan sebagai "role conflict" (konflik peran) saran yang tidak konsisten, yang diberikan kepada seseorang oleh dirinya sendiri atau orang lain.

Role playing adalah:
Suatu metode mengajar yang merupakan tindakan yang dilakukan secara sadar oleh sekelompok siswa dalam memperagakan secara singkat tentang materi pembelajaran dengan memerankan tokoh.

Metode bermain peran adalah:
Salah satu proses belajar mengajar yang tergolong dalam metode simulasi yang berhubungan dengan menyusun dan mengoperasikan suatu model yang mereplikasi proses-proses perilaku. Metode simulasi adalah suatu cara pengajaran dengan melakukan proses tingkah laku secara tiruan.


Pengertian Metode Bermain Peran Menurut para Ahli:

  • Bermain peran atau istilah Inggrisnya role-playing adalah metode atau strategi pembelajaran yang termasuk ke dalam kelompok model pembelajaran  sosial (social models). Metode pembelajaran bermain peran menekankan pada sifat sosial pembelajaran dan memandang bahwa perilaku kooperatif dapat merangsang siswa baik secara sosial maupun intelektual.
Joyce, B. R., & Weil, M. 2000. Role Playing; Studying Social Behavior and Values. In Models of Teaching. Allyn and Bacon.


  • Strategi bermain peran (role playing) adalah suatu permainan gerak yang di dalamnya terdapat tujuan, aturan, dan sekaligus melibatkan adanya unsur rasa senang. Dalam role playing siswa dikondisikan pada situasi tertentu di luar kelas, meskipun saat itu pembelajaran terjadi di dalam kelas.
Jill Hadfield (1986). Classroom Dynamic. Oxford University Press.
More aboutPengertian Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran

Cara Menerapkan Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran

Posted by Unknown

Postingan sebelumnya adalah tentang kelebihan penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran. Postingan kali ini akan dibahas tentang hal-hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan oleh seorang guru dalam menerapkan metode bermain peran dalam pembelajaran yang dikelolanya, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan metode bermain peran dalam pembelajaran:
  1. Dalam pembelajaran sebelumnya telah disampaikan kepada siswa bahwa, pembelajaran yang akan datang, siswa akan diajak melakukan kegiatan bermain peran.
  2. Dalam pembelajaran sebelumnya guru juga harus telah menyampaikan materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan teknik bermain peran pada pertemuan yang akan datang.
  3. Tujuannya agar siswa telah mempersiapkan dulu sebelumnya.
  4. Guru menyiapkan alat bantu atau alat peraga yang akan digunakan dalam mendukung materi pembelajaran.
  5. Langkah selanjutnya, guru menyampaikan materi dan bahan ajar yang akan disampaikan serta tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa.
  6. Guru memberikan materi kepada setiap kelompok.
  7. Guru memberikan penjelasan tentang tugas yang jelas kepada masing-masing kelompok, baik yang akan melakukan peran maupun yang menyaksikan.
  8. Beri kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk berdiskusi beberapa menit sebelum mereka memainkan peranannya.
  9. Menentukan waktu, berapa lama setiap kelompok memainkan perannya.
  10. Setelah kegiatan bermain peran selesai, diskusikan untuk memecahkan masalah yang ada pada materi pembelajatan tersebut.
  11. Teknik penilaian meliputi penilaian proses dan hasil.
  12. Penguatan diberikan agar dapat merangsang minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran selanjutnya.
  13. Penyimpulan materi pembelajaran dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru.
More aboutCara Menerapkan Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran

Kelebihan Metode Pembelajaran Bermain Peran

Posted by Unknown

Selama ini pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih banyak yang hanya menggunakan metode ceramah. Metode ceramah dianggap sebagai metode yang sangat mudah, praktis, tidak memerlukan biaya besar, dan bisa dilakukan meski tanpa persiapan.

Sadar maupun tidak, metode ceramah telah memupus kraetifitas siswa dan guru itu sendiri. Penerapan metode ceramah dalam pembelajaran memiliki banyak kelemahan,di antaranya adalah:
  1. Siswa pasif dalam menerima pembelajaran
  2. Kreatifitas siswa tidak tergali
  3. Siswa menjadi kurang kreatif
  4. Siswa merasa jenuh
  5. Pembelajaran menjadi tidak menyenangkan
  6. Sehingga proses pembelajaran tidak efektif dan efisien.
Untuk mengatasi kelemahan metode pembelajaran ceramah bisa dilakukan dengan menerapkan metode bermain peran, apalagi yang berhubungan dengan materi tentang sosial kemasyarakatan dan sejarah.

Penerapan metode bermain peran banyak memberikan keuntungan, baik bagi sekolah, guru, maupun siswa. Berikut ini beberapa kelebihan penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas:
  1. Siswa menjadi terlatih untuk memahami, dan mengingat materi pembelajaran yang sedang dipelajarinya.
  2. Siswa akan terlatih untuk berinisiatif dan berkreatif.
  3. Dapat memunculkan minat dan bakat siswa.
  4. Melatih kerjasama antar siswa.
  5. Siswa memperoleh kebiasaan untuk menerima dan membagi tanggung jawab dengan sesamanya.
  6. Melatih siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan temannya.
  7. Melatih keterampilan berbicara pada siswa.
  8. Meningkatkan keberanian siswa.
More aboutKelebihan Metode Pembelajaran Bermain Peran

Kisah Inspiratif Kesombongan Burung Nuri

Posted by Unknown

Anak-anak kita perlu diberikan contoh-contoh kisah inspiratif agar mereka sedikit-demi sedikit mengerti akan arti kehidupan sosial bermasyarakat. Berikut ini Kisah Inspiratif yang berjudul Kesombongan Burung Nuri, semoga bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Kesombongan Burung Nuri

DEO seekor burung nuri. Tinggal di hutan luas bersama binatang lainnya. Merasa paling tampan, Deo menjadi sombong. Tidak mau bergaul dengan temantemannya dan suka memamerkan diri. ”Di seluruh hutan ini, tidak ada burung lain yang setampan diriku,” kata Deo dengan pongah di hadapan teman-temannya sesama burung.

”Kalian semua pasti juga mengagumi ketampananku ini.” Teman-temannya hanya bisa gelenggeleng
kepala. Mereka enggan bermain dengan Deo karena sikapnya itu. Pada suatu hari, Deo terbang sendirian mengelilingi hutan. Tanpa sengaja, ia menabrak ranting pohon yang tinggi. Sayapnya patah. Ia terjatuh ke tanah. Deo merasa kesakitan dan tidak dapat menggerakkan tubuhnya.

Tiba-tiba, Deo mendengar suara elang di kejauhan. Suara itu semakin dekat. Deo sangat ketakutan. Jantungnya berdegup kencang. Ia begitu lemah dan tidak berdaya. Elang itu kini terbang melayang di atasnya, siap untuk menerkamnya. Ketika Elang itu hendak memangsa Deo, sekawanan burung datang ke tempat itu. Mereka bersuara ribut untuk mengusir Elang. Melihat sekelompok burung yang cukup banyak tersebut, Elang mengurungkan niatnya. Terbang menjauh dan mencari mangsa lainnya.

”Deo, ini kami. Kamu tenang saja karena kami datang untuk menolongmu,” kata burung-burung tersebut. Deo yang masih tergeletak di tanah merasa terharu. Ternyata, kawanan burung itu teman-temannya sendiri yang selama ini tidak dipedulikannya. Mereka lalu terbang menghampiri Deo dan membawanya pulang ke rumahnya.

Setelah dirawat beberapa minggu, Deo kembali sembuh seperti sediakala. Ia selalu mengingat kebaikan teman-temannya yang telah menyelamatkannya. Sejak saat itu, Deo tidak sombong lagi.
Ia kini senang bermain bersama temantemannya yang baik hati.

(Fino Yurio K)-m
Sumber: Kedaulatan Rakyat Minggu,
30 Oktober 2005
More aboutKisah Inspiratif Kesombongan Burung Nuri

Perjanjian Kerjasama Sekolah dengan Dinas Kesehatan

Posted by Unknown on Wednesday, January 15, 2014

Dalam rangka untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan para peserta didiknya, maka sekolah perlu melakukan kerjasama dalam bidang kesehatan dengan instansi terkait yaitu PUSKESMAS di bawah naungan Dinas Kesehatan.

Berikut ini contoh MOU naskah perjanjian kerjasama bidang kesehatan dengan PUSKESMAS setempat.

SURAT  PERJANJIAN KERJASAMA BIDANG KESEHATAN
antara
SD NEGERI INDONESIA
dengan
PUSKESMAS KECAMATAN SETEMPAT
NOMOR: 421.2/169/2012

Pada hari ini Kamis tanggal sembilan belas bulan  juli tahun dua ribu dua belas, kami yang  bertanda tangan dibawah ini masing-masing:

KEPALA SEKOLAH, S.Pd.:    Kepala Sekolah SD Negeri Indonesia beralamat di Desa setempat  Kecamatan setempat Kabupaten setempat selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
Dr. H. PUSKESMAS:    Kepala Puskesmas beralamat di Desa setempat Kecamatan setempat Kabupaten setempat selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.
                             
Dengan ini kedua belah pihak menyatakan setuju dan bersepakat untuk melakukan kegiatan kerjasama dalam bidang kesehatan dengan ketentuan yang diatur dalam pasal-pasal sebagai berikut:

Pasal 1
POKOK PERJANJIAN
Untuk melakukan kegiatan kerjasama tersebut di atas, maka PIHAK PERTAMA setuju untuk menugaskan peserta didiknya mengikuti berbagai kegiatan pelatihan tentang kesehatan (Dr. Kecil) dan BIAS yang dilakukan oleh PIHAK KEDUA.

Pasal 2TUJUAN  DAN  RUANG LINGKUP KERJASAMA
Tujuan kerjasama adalah:
  1. Memberikan pengalaman dan pembelajaran peserta didik SD Negeri Tambaharjo dalam bidang kesehatan,  dalam rangka meningkatkan pencapaian kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan.
  2. Memupuk jiwa mandiri.
  3. Mendukung program pemerintah tentang kesehatan masyarakat.
Ruang lingkup  kegiatan kerjasama tersebut meliputi:
  1. Pembelajaran tentang kesehatan.
  2. Mengikuti kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).
  3. Pembelajaran Penjasorkes tentang kesehatan.
Pasal 3
JANGKA WAKTU KERJASAMA
  1. Jangka waktu  pelaksanaan kerjasama ini berlaku sejak ditandatangani perjanjian ini sampai dengan masa berakhirnya tahun pelajaran yang sedang berjalan.
  2. Setelah masa kerjasama pada ayat 1 pasal ini berakhir, maka perjanjian dapat diperpanjang kembali dengan surat perjanjian yang baru
Pasal  4PEMBIAYAAN
Segala biaya yang timbul akibat dari pelaksanaan perjanjian ini dibebankan kepada anggaran yang ada.

PIHAK  KEDUA


Dr. H. PUSKESMAS
NIP. 1234567890987654321

PIHAK PERTAMA


KEPALA SEKOLAH, S.Pd.
NIP. 1234567890987654321

Mengetahui
Ketua Komite Sekolah


KOMITE
More aboutPerjanjian Kerjasama Sekolah dengan Dinas Kesehatan

Tugas Bendaharan Staff Administrasi Sekolah

Posted by Unknown on Tuesday, January 14, 2014

Bendahara sekolah dan staff administrasi sekolah dalam hal ini disebut sebagai PTPKS (Pelaksana Teknis Pengelola Keuangan Sekolah).

Pengelolaan keuangan sekolah harus dilaksanakan sebaik-baiknya dengan cara transparan dan akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan. Selain kepala sekolah, pengelolaan keuangan sekolah juga menjadi tugas bendahara sekolah yang dibantu oleh staff administrasi sekolah.

Berikut ini tugas Bendahara sekolah dan staff administrasi sekolah (PTPKS) dalam mengelola keuangan sekolah secara keseluruhan:


Tugas PTPKS (bendahara sekolah dan staff administrasi sekolah) adalah:
  1. Menyusun dan melaksanakan kebijakan pengelolaan APBS;
  2. Menyusun Draf Rancangan Peraturan Sekolah tentang APBS, Perubahan APBS dan Pertanggungjawaban pelaksanaan  APBS;
  3. Menyusun Rancangan Keputusan Kepala Sekolah tentang Pelaksanaan Peraturan  Sekolah  tentang APBS dan Perubahan APBS;
  4. Melaksanakan sinkronisasi   RKAS dan DPAS kegiatan;
  5. Membukukan realisasi  APBS; dan
  6. Menyusun laporan bulanan dan akhir  tahun keuangan Sekolah.

More aboutTugas Bendaharan Staff Administrasi Sekolah

Contoh Berita Acara Rapat Pleno

Posted by Unknown

BERITA ACARA
PELAKSANAAN RAPAT PLENO WALI MURID
SEKOLAH DASAR NEGERI INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Nomor: 900/97/XI/2013


Pada hari ini Senin tanggal dua puluh dua bulan Juli tahun dua ribu tiga belas bertempat di ruang kelas Sekolah Dasar Negeri Indonesia telah dilaksanakan Rapat Pleno Wali Murid Tahun Pelajaran 2013/2014 yang dihadiri oleh Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Guru, pegawai tata usaha sekolah, Kepala Desa, dan orang tua/wali siswa, menghasilkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014 sebesar Rp. 421.823.200,00 (empat ratus dua puluh satu juta delapan ratus dua puluh tiga ribu dua ratus rupiah).
Demikian Berita Acara Pelaksanaan Rapat Pleno Wali Murid di buat dengan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Indonesia, 22 Juli 2013

Kepala Sekolah
SD Negeri Indonesia

Tertanda

KEPALA SEKOLAH, S.Pd.
NIP. 1234567890987654321
More aboutContoh Berita Acara Rapat Pleno

Kisah Penyesalan yang Sia Sia

Posted by Unknown on Sunday, January 12, 2014

Penyesalan selalu datang belakangan. Berikut ini kisah inspiratif penyesalan yang sia-sia dengan judul Batu Terbelah

Di sebuah perkampungan nelayan, hiduplah seorang ibu dengan dua orang anak. Anak pertama adalah seorang perempuan dan anak keduanya adalah laki-laki yang berumur dua tahun. Keluarga ini hidup berkekurangan. Si Ibu bekerja sebagai pedagang ikan di tepi pantai. Hasil berjualan ibu ini tidak menentu. Si anak perempuan ingin mendapatkan uang yang banyak dari ibunya, padahal ibunya tidak punya uang.

Suatu hari, di rumah tidak ada nasi. Si ibu kemudian meminta anak perempuannya untuk menjaga adiknya. Tetapi anaknya menolak. "Tidak! Aku tidak mau menjaganya!" kata anak perempuannya tersebut. Tetapi si ibu tetap meninggalkan anak laki-lakinya. Ibu ini sudah tidak tahan dengan kelakukan anak perempuannya yang selalu marah-marah.

Di tepi pantai, ada sebuah batu besar. Kata orang, jika ada orang menangis di dekat batu itu, ia akan membelah. Si ibu menghampiri batu itu sambil menangis, dan tidak lama kemudian batu itu terbelah menjadi dua dan ibu itu masuk ke batu terbelah tersebut.

Sang anak perempuan mencari ibunya karena hingga sore ibu tidak pulang, sambil menggandeng adik yang terus menangis. Di dekat batu, anak ini melihat rambut ibunya tergerai keluar dari batu. Ia dan adiknya menangis melihat ibunya meninggal di dalam batu. Anak ini menyesal selalu memarahi ibu yang selama ini merawatnya.

Demikian kisah inspiratif penyesalan seorang anak durhaka yang sia-sia dengan judul Batu Terbelah, semoga bisa memetik hikmahnya.
More aboutKisah Penyesalan yang Sia Sia

Dongeng Cakrangga dan Durbudi

Posted by Unknown on Saturday, January 11, 2014

Dongeng anak sangat berguna untuk menanamkan budi pekerti luhur bagi anak, tentu saja dongeng yang baik dan mendidik. Berikut ini dongeng tentang persahabatan sepasang kura dan sepasang angsa dengan judul Cakrangga dan Durbudi:

Ada sepasang kura-kura hidup di telaga Kumudawati. Kura-kura jantan bernama si Durbudi. Kura-kura betina bernama si Kacapa. Telaga Kumudawati sangat indah. Di sana banyak tumbuh bunga teratai. Bunga tersebut beranekaragam warnanya. Ada yang merah, putih dan biru. Air
telaga Kumudawati sangat jernih. Air telaga ini berasal dari telaga Manasasara.

Di telaga Kumudawati juga hidup dua ekor angsa jantan dan betina. Si Cakrangga nama angsa jantan, dan si Cakranggi nama angsa betina. Mereka bersahabat dengan Durbudi dan Kacapa. Mereka berempat telah lama bersahabat.

Musim kemarau hampir tiba. Air telaga Kumudawati mengering. Angsa jantan dan betina berpamitan
kepada kura-kura, “ Sahabatku, kami akan berpamitan. Kami akan pergi melakukan perjalanan. Kami ingin pergi dari sini, karena air telaga ini semakin mengering. Musim kemarau harus kita hadapi. Tetapi kami tidak tahan jika hidup jauh dari air. Itulah sebabnya kami harus pergi. Kami berencana pergi ke telaga Manasasara. Telaga itu berada di gunung Himawan. Telaga itu jernih airnya dan sangat dalam. Sehingga saat musim kemarau tidak kering. Ke sanalah tujuan kami, sahabat.”

Setelah mendengar perkataan angsa, kura-kura itu berkata, “ Hai sahabatku, tahukah kalian, kami sangat mengasihi kalian. Tetapi kalian akan pergi meninggalkan kami dan menjalani hidup sendiri. Bukankah kalian juga sama seperti kami? Kita sama-sama tidak dapat hidup jauh dari air. Ke manapun kalian akan pergi, kami akan selalu ikut. Kami ingin hidup dengan senang dan susah bersama kalian.”

Angsa itu menjawab, “ Hai kura-kura, kami mempunya sebuah rencana untuk kalian. Gigitlah kayu ini di bagian tengah-tengahnya. Aku akan menggigit ujung kayu sebelah kanan, dan isteriku akan menggigit di sebelah kiri. Kemudian kami akan membawa kalian terbang. Kalian harus menggigit dengan kuat, dan jangan berbicara apa saja selama kami membawa kalian terbang. Janganlah kalian menegur siapa saja. Kalau ada yang bertanya janganlah kalian jawab. Itulah tugas kalian, janganlah kalian tidak menuruti nasihat kami tadi. Apabila kalian tidak menaati nasihat kami, kalian mungkin tidak akan sampai ke tempat tujuan. Bahkan kalian dapat mati.”

Setelah angsa berkata demikian, kura-kura menggigit bagian tengah-tengah kayu. Angsa jantan menggigit ujung kayu sebelah kanan, dan angsa betina menggigit ujung kayu sebelah kiri. Setelah semua siap, terbanglah kedua angsa membawa kura-kura. Mereka akan pergi ke telaga Manasasara.

Sepasang angsa membawa sepasang kura-kura terbang dengan sebatang kayu. kura-kura menggigit bagian tengah-tengah kayu. Angsa jantan menggigit ujung kayu sebelah kanan, dan angsa betina menggigit ujung kayu sebelah kiri.

Setelah mereka terbang jauh, sampailah mereka di atas ladang Wilanggala. Di sana ada dua ekor anjing jantan dan betina. Kedua anjing itu berteduh di bawah pohon mangga. Anjing betina menengadah ke atas melihat angsa terbang membawa kura-kura. Dia berkata, “ Hai suamiku, lihatlah pemandangan ganjil itu ! Ada kura-kura dibawa terbang oleh angsa jantan dan betina!” Anjing jantan menjawab,“ Benar katamu, itu memang pemandangan yang ganjil! Mana mungkin kura-kura dapat terbang karena angsa!

Mungkin itu bukan kura-kura. Mungkin itu kotoran kerbau kering, tempurung kura-kura, atau buah tangan untuk anak angsa.” Perkataan anjing jantan itu didengar oleh kura-kura. Dalam hati ia marah
sekali. Tak tahan ia ingin membalas perkataan anjing jantan, karena dianggap kotoran kering yang berisi karu-karu. Maka terbukalah mulut kura-kura itu. Lepaslah kayu yang digigitnya itu. Jatuh dan matilah kedua kura-kura itu ke tanah. Angsa merasa kecewa karena nasihatnya tidak dituruti oleh kura-kura. Angsa jantan dan betina kembali melanjutkan perjalanannya ke telaga Manasasara.


Demikian dongeng anak tentang persahabatan sepasang kura-kura dan angsa, semoga bisa mengambil hikmahnya.

More aboutDongeng Cakrangga dan Durbudi

Siapa Roeslan Abdulgani?

Posted by Unknown on Friday, January 10, 2014

Roeslan Abdulgani terkenal dengan julukan Tokoh Segala Zaman. Roeslan Abdulgani lahir di suatu kawasan kampung di kota pelabuhan Surabaya di Jawa Timur pada tanggal 24 November 1914. Kawasan itu tidak didiami orang Jawa saja, tetapi juga orang-orang Indo-Belanda. Pada hakikatnya, kampung itu merupakan pencerminan dari Surabaya yang merupakan kota perdagangan di mana juga terdapat industri.


Roeslan Abdulgani berasal dari suatu keluarga yang termasuk golongan mandiri. Ayah Roeslan Abdulgani adalah seorang saudagar, sedangkan ibunya bekerja sebagai guru agama yang juga memberikan pelajaran bahasa Arab. Karena tidak berasal dari keluarga “ambtenaar” (pegawai pamong praja), Roeslan Abdulgani tidak dapat masuk sekolah normal. Tetapi ayah Roeslan Abdulgani mengenal inspektur pendidikan pribumi. Karenanya, cara yang mungkin tidak terlalu sopan, seperti sumbangan telur, gula, dan sebagainya ia lakukan juga agar dapat masuk sekolah.

More aboutSiapa Roeslan Abdulgani?

Johannes Evangelista Purkinje Ahli Fisiologi dari Ceko

Posted by Unknown on Monday, January 6, 2014

Johannes Evangelista Purkinje (1787-1869), adalah ahli fisiologi dari Ceko yang mempelopori bidang histologi, embriologi, farmakologi, dan cara kerja mata, jantung, dan otak.

Johannes Evangelista Purkinje dilahirkan di Libochovice dan menempuh studi di University of Prague. Ia menjadi profesor fisiologi di University of Breslau dan terakhir di University of Prague.



Dalam bidang histologi, Johannes Evangelista Purkinje menemukan kelenjar peluh, neuron pada otak besar yang disebut sel purkinje, serabut otot pada bilik jantung, dan sel telur manusia.

Johannes Evangelista Purkinje juga menyelidiki tentang struktur, fungsi, dan penyakit mata.


Jan Evangelista Purkyne juga ditulis Johannes Evangelist Purkinje (17 Desember atau 18 Desember 1787 - 28 Juli 1869) adalah seorang ahli anatomi dan fisiologi dari Ceko. Dia adalah salah satu ilmuwan paling terkenal pada masanya. Pada tahun 1839, ia menciptakan protoplasma istilah untuk bahan cairan sel.

Johannes Evangelist Purkinje memiliki anak yang bernama Karel Purkyne yaitu seorang pelukis. Begitulah ketenarannya bahwa ketika orang-orang dari luar Eropa menulis surat kepadanya, semua yang mereka butuhkan untuk menempatkan sebagai alamat adalah Purkyne, Eropa.

Johannes Evangelist Purkinje dimakamkan di Pemakaman Nasional Ceko di Vysehrad, Praha, Republik Ceko
More aboutJohannes Evangelista Purkinje Ahli Fisiologi dari Ceko

Kisah Inspiratif Pemain Catur Muda

Posted by Unknown on Sunday, January 5, 2014

Kehidupan ini penuh dengan lika-liku, untuk meraih sukses dalam kehidupan, kita harus bekerja keras dengan penuh semangat. Ada banyak hal yang dapat membangkitkan semangat hidup kita, salah satunya adalah dengan membaca kisah inspiratif dari orang lain. Berikut ini Kisah Inspiratif Pemain Catur Muda.

Catur adalah salah satu olahraga yang kurang diminati di Indonesia, karena catur membutuhkan daya pikir yang cukup keras untuk memenangkan pertandingan. Namun tidak demikian halnya dengan Masruri Rahmat. Teman kita ini baru berusia 11 tahun, namun sudah dapat mengharumkan nama Indonesia melalui olahraga catur.

Masruri, biasa ia dipanggil, mencatat prestasi di sebuah kejuaraan catur dunia yang diselenggarakan di Yunani pada 27 April – 6 Mei 2007 lalu. Masruri tertarik dengan olahraga ini sejak ia berumur 7 tahun. Karena sering melihat ayahnya bermain catur, Masruri pun tertarik untuk bermain catur.

Prestasi Masruri dimulai ketika ia mulai duduk di bangku kelas 1 SD dengan menjuarai pertandingan catur di Tegal, Jawa Tengah. Saat itu Masruri mendapat hadiah Rp10.000,00 ribu. Prestasi Masruri lainnya antara lain Juara I Nasional Rifai Cup Nasional Kelompok SD Putra 2005, Juara I tingkat Daerah 2006, Juara I tingkat Kelompok SD 2006, dan masih banyak prestasi lainnya.

Meskipun lahir dari keluarga sederhana, anak pasangan Rahmat dan Kasem ini tidak cepat putus asa. Sembari bermain catur, ia biasanya membawa buku dan membacanya. Kalau ada pekerjaan rumah, ia juga mengerjakannya di saat berlatih. Kini, orang tua Masruri bangga pada anak yang mengharumkan nama bangsa ini.

Sumber: Tabloid Nyata
Edisi: 1872 –III Mei 2007
More aboutKisah Inspiratif Pemain Catur Muda

Pengertian Inovasi atau Pembaharuan Menurut Beberapa Ahli

Posted by Unknown on Wednesday, January 1, 2014

Inovasi disebut juga pembaharuan. Inovasi atau pembaharauan dapat diartikan sebagai penemuan baru. Istilah inovasi atau pembaharuan adalah merupakan segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia dan dirasakan sebagai hal yang baru oleh manusia, seseorang, atau bahkan masyarakat, sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia atau masyarakat secara umum.

Suprayekti, dkk. 2009. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Inovasi berasal dari kata bahasa Inggris yaitu innovation yang diartikan sebagai pembaharuan atau perubahan secara baru. (Kamus Bahasa Inggris E. Echols).

Pengertian inovasi menurut Donald P. Ely. pada tahun 1982 dalam Seminar an Educational Change adalah an Innovation is an idea for accomplishing some recognize social end in a new way or for a means of accomplishing some new social end.

Kesimpulannya bahwa inovasi adalah merupakan suatu ide, hal-hal yang praktis, atau metode, atau cara, atau barang-barang yang dapat diamati atau dirasakan sebagai sesuatu yang baru bagi manusia. Inovasi dalam suatu penemuan tertentu dilakukan atau diadakan untuk memecahkan masalah tertentu guna mencapai tujuan tertentu tersebut.

Contoh inovasi atau pembaharuan adalah alat hitung. Pada awalnya manusia menghitung menggunakan kerikil atau jari atau benda-benda lain di sekitar kita yang mudah ditemui sebagai alat hitung. Kemudian muncul inovasi atau penemuan baru sebagai pembaharuan yaitu swimpoa, selanjutnya ditemukan alat yang lebih baru yaitu mesin hitung dan alat dengan tenaga listrik seperti kalkulator dan lebih canggih lagi komputer.

Kelebihan inovasi atau pembaharuan dari alat atau benda atau metode atau suatu hal sebelumnya adalah dapat:
  1. Meminimalisir kesalahan
  2. Mempermudah pekerjaan
  3. Mempercepat pekerjaan.
More aboutPengertian Inovasi atau Pembaharuan Menurut Beberapa Ahli