Johannes Evangelista Purkinje Ahli Fisiologi dari Ceko

Posted by Unknown on Monday, January 6, 2014

Johannes Evangelista Purkinje (1787-1869), adalah ahli fisiologi dari Ceko yang mempelopori bidang histologi, embriologi, farmakologi, dan cara kerja mata, jantung, dan otak.

Johannes Evangelista Purkinje dilahirkan di Libochovice dan menempuh studi di University of Prague. Ia menjadi profesor fisiologi di University of Breslau dan terakhir di University of Prague.



Dalam bidang histologi, Johannes Evangelista Purkinje menemukan kelenjar peluh, neuron pada otak besar yang disebut sel purkinje, serabut otot pada bilik jantung, dan sel telur manusia.

Johannes Evangelista Purkinje juga menyelidiki tentang struktur, fungsi, dan penyakit mata.


Jan Evangelista Purkyne juga ditulis Johannes Evangelist Purkinje (17 Desember atau 18 Desember 1787 - 28 Juli 1869) adalah seorang ahli anatomi dan fisiologi dari Ceko. Dia adalah salah satu ilmuwan paling terkenal pada masanya. Pada tahun 1839, ia menciptakan protoplasma istilah untuk bahan cairan sel.

Johannes Evangelist Purkinje memiliki anak yang bernama Karel Purkyne yaitu seorang pelukis. Begitulah ketenarannya bahwa ketika orang-orang dari luar Eropa menulis surat kepadanya, semua yang mereka butuhkan untuk menempatkan sebagai alamat adalah Purkyne, Eropa.

Johannes Evangelist Purkinje dimakamkan di Pemakaman Nasional Ceko di Vysehrad, Praha, Republik Ceko

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar