Pengertian Inovasi atau Pembaharuan Menurut Beberapa Ahli

Posted by Unknown on Wednesday, January 1, 2014

Inovasi disebut juga pembaharuan. Inovasi atau pembaharauan dapat diartikan sebagai penemuan baru. Istilah inovasi atau pembaharuan adalah merupakan segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia dan dirasakan sebagai hal yang baru oleh manusia, seseorang, atau bahkan masyarakat, sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia atau masyarakat secara umum.

Suprayekti, dkk. 2009. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Inovasi berasal dari kata bahasa Inggris yaitu innovation yang diartikan sebagai pembaharuan atau perubahan secara baru. (Kamus Bahasa Inggris E. Echols).

Pengertian inovasi menurut Donald P. Ely. pada tahun 1982 dalam Seminar an Educational Change adalah an Innovation is an idea for accomplishing some recognize social end in a new way or for a means of accomplishing some new social end.

Kesimpulannya bahwa inovasi adalah merupakan suatu ide, hal-hal yang praktis, atau metode, atau cara, atau barang-barang yang dapat diamati atau dirasakan sebagai sesuatu yang baru bagi manusia. Inovasi dalam suatu penemuan tertentu dilakukan atau diadakan untuk memecahkan masalah tertentu guna mencapai tujuan tertentu tersebut.

Contoh inovasi atau pembaharuan adalah alat hitung. Pada awalnya manusia menghitung menggunakan kerikil atau jari atau benda-benda lain di sekitar kita yang mudah ditemui sebagai alat hitung. Kemudian muncul inovasi atau penemuan baru sebagai pembaharuan yaitu swimpoa, selanjutnya ditemukan alat yang lebih baru yaitu mesin hitung dan alat dengan tenaga listrik seperti kalkulator dan lebih canggih lagi komputer.

Kelebihan inovasi atau pembaharuan dari alat atau benda atau metode atau suatu hal sebelumnya adalah dapat:
  1. Meminimalisir kesalahan
  2. Mempermudah pekerjaan
  3. Mempercepat pekerjaan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar