Sebutkan dan Jelaskan Komponen Peta Secara lengkap

Posted by Unknown on Friday, June 13, 2014

Sebutkan dan Jelaskan Komponen Peta Secara lengkap - Peta dibedakan menjadi 2, yaitu peta umum dan peta khusus. Peta umum disebut juga dengan Peta Topografi. Peta umum merupakan peta yang menggambarkan keadaan umum dari suatu wilayah. Keadaan umum yang digambarkan meliputi objek atau kenampakan alam dan buatan. Objek alam misalnya gunung, sungai, dataran rendah, dataran tinggi, dan laut. Objek buatan misalnya kota, jalan dan rel kereta api.

Peta memiliki kelengkapan penting agar mudah dibaca dan dipahami. Kelengkapan tersebut dinamakan komponen peta. Komponen-komponen peta terdiri dari 10, yaitu: judul peta, legenda, skala, simbol, mata angin, garis astronomis, garis tepi, inset, peta, dan tata warna.

Berikut ini komponen-komponen peta beserta penjelasannya:

  1. Judul peta. Judul peta merupakan identitas atau nama untuk menjelaskan isi atau gambar peta. Judul peta biasanya terletak di bagian atas peta. Judul peta merupakan komponen yang penting. Biasanya sebelum memperhatikan isi peta, pasti seseorang terlebih dahulu membaca judulnya.
  2. Legenda. Legenda merupakan keterangan yang berisi gambar-gambar atau simbol-simbol beserta artiny. Legenda biasanya terletak di bagian pojok kiri bawah peta.
  3. Skala. Skala merupakan perbandingan jarak antara dua titik pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Misalnya skala 1 : 200.000. Skala ini artinya 1 cm jarak pada peta sama dengan 200.000 cm atau 2 km jarak sebenarnya.
  4. Simbol. Simbol merupakan lambang-lambang atau gambar yang menunjukkan obyek alam atau buatan. Simbol peta harus memenuhi tiga syarat yakni sederhana, mudah dimengerti, dan bersifat umum. Berikut ini adalah simbol-simbol yang biasa digunakan pada peta.
  5. Mata angin. Mata angin merupakan pedoman atau petunjuk arah mata angin. Mata angin pada peta biasanya berupa tanda panah yang menunjuk ke arah utara. Mata angin sangat penting keberadaanya supaya tidak terjadi kekeliruan arah.
  6. Garis astronomis. Garis astronomis merupakan garis khayal di atas permukaan bumi. Garis astronomis terdiri dari dari garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis dari timur ke barat sedangkan garis bujur merupakan garis dari utara ke selatan.
  7. Garis tepi. Garis tepi merupakan garis yang dibuat mengelilingi gambar peta untuk menunjukkan batas peta tersebut.
  8. Tahun pembuatan peta. Tahun pembuatan peta menunjukkan kapan peta tersebut dibuat. Dari tahun pembuatan kita dapat mengetahui peta tersebut masih sesuai atau tidak untuk digunakan saat ini.
  9. Inset peta. Inset peta merupakan gambar peta yang ingin diperjelas atau karena letaknya di luar garis batas peta. Inset peta digambar bila diperlukan. Inset peta disebut juga peta sisipan.
  10. Tata warna. Tata warna merupakan pewarnaan pada peta untuk membedakan obyek satu dengan yang lainnya. Misalnya warna coklat menunjukkan dataran tinggi, hijau menunjukkan dataran rendah dan biru untuk menunjukkan wilayah perairan.
More aboutSebutkan dan Jelaskan Komponen Peta Secara lengkap

Mengenal Sejarah Asal Usul Pembuatan Peta

Posted by Unknown

Mengenal Sejarah Asal Usul Pembuatan Peta - Peta adalah gambar sebagian atau keseluruhan permukaan bumi dengan perbandingan tertentu. Peta tak ubahnya seperti denah. Yang membedakan peta dengan denah adalah bahwa peta menggambarkan tempat yang lebih luas sedangkan denah biasanya hanya menggambarkan lokasi yang sempit, seperti misalnya denah sekolah.

Selain itu peta harus dibuat dengan perbandingan tertentu sedangkan denah tidak. Perbandingan inilah yang disebut dengan skala. Pada denah, pembuatannya tidak menggunakan skala, hanya kira-kira saja. Skala mempunyai arti perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Peta dibuat dengan skala tertentu supaya dapat menggambarkan keadaan di permukaan bumi dengan ukuran yang tepat. Pada peta untuk menggambarkan obyek alam atau buatan yang ada di permukaan bumi digunakan simbol.

Pada jaman dahulu orang mengembara tanpa arah tujuan. Saat itu manusia belum mengenal semua bagian bumi. Para ilmuwan mengembara ke berbagai tempat. Mereka mencoba menggambar rute perjalanan mereka menjadi peta sederhana. Ketika peralatan semakin canggih, para ilmuwan bisa memotret bumi dari atas dengan mudah. Selain dengan pesawat, satelit juga bisa digunakan untuk memotret. Dari potret itu dibuatlah peta. Jalan, gang dan daerah kecil yang sulit tertangkap oleh kamera dari pesawat terbang, dicatat dan diukur langsung oleh petugas langsung di lapangan.

Permukaan bumi yang bulat bisa digambarkan di atas kertas yang datar. Untuk melakukannya diperlukan proyeksi, yaitu memperkirakan jarak, arah, dan bentuk. Dari semua cara tadi, akhirnya diperoleh sebuah peta yang lengkap. Ada nama jalan, sungai, gunung, termasuk juga ketinggian dan kedalaman suatu tempat.

Kumpulan peta yang dibukukan disebut Atlas. Ada pula peta yang dibuat di permukaan bulat yang disebut dengan globe. Globe disebut juga dengan bola dunia.
More aboutMengenal Sejarah Asal Usul Pembuatan Peta

Pengertian dan Contoh Lingkungan Alam di Sekitar Kita

Posted by Unknown on Thursday, June 12, 2014

Pengertian dan Contoh Lingkungan Alam di Sekitar Kita - Lingkungan dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Lingkungan alam dibedakan atas lingkungan perairan dan lingkungan daratan. Lingkungan perairan antara lain laut, sungai, danau, rawa. Sedangkan lingkungan buatan antara lain rumah, jalan, sawah, sekolah, dan pasar.

Lingkungan alam merupakan lingkungan yang ada dengan sendirinya. Lingkungan alam diciptakan Tuhan Yang Maha Esa untuk keperluan manusia. Lingkungan alam dapat berupa gunung, sungai, pantai, dan daratan. Manusia memanfaatkan lingkungan alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, lingkungan alam sangat bermanfaat bagi manusia.

Berikut ini contoh lingkungan alam dan manfaatnya bagi manusia.
  1. Gunung. Gunung merupakan gundukan tanah yang tinggi. Banyak pohon tumbuh di gunung. Sewaktu hujan, akar akan menyerap air. Air hujan diserap di dalam tanah. Sehingga tidak terjadi banjir. Pada waktu musim kemarau, kita tidak akan kekurangan air. Di gunung juga terdapat air terjun dan pemandangan yang indah. Sehingga dapat dijadikan objek wisata. Selain itu, gunung bisa dijadikan objek pendakian bagi pencinta alam.
  2. Sungai. Sungai merupakan tempat air mengalir. Sungai dapat digunakan manusia, misalnya untuk mandi dan mencuci. Sungai dapat juga digunakan untuk mengairi sawah. Biasanya dinamakan dengan irigasi. Di sungai, orang dapat juga memelihara ikan. Ada ikan lele, ikan mujahir, ikan gurami, dan ikan nila. Sungai yang besar bisa dilalui oleh perahu. Sungai yang besar terdapat di Sumatra dan Kalimantan.
  3. Pantai. Penduduk pantai sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Nelayan menjual hasil tangkapannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kita dapat menjumpai tambak di sekitar pantai. Pelabuhan bongkar muat barang dan transportasi antar-pulau juga terdapat di pantai. Permukiman penduduk pantai memanjang mengikui garis panai. Pantai sangat penting bagi penduduk. Kita harus menjaga pantai dari kerusakan.
  4. Daratan. Bentuk daratan muka bumi beranekaragam. Contohnya lembah, bukit, dan dataran. Lembah adalah cekungan yang lebih rendah daripada daerah di sekitarnya. Pada umumnya, lembah terletak di antara dua bukit atau gunung. Tanah di lembah bersifat subur. Tanah tersebut dimanfaatkan untuk pertanian. Bukit adalah daerah berbentuk kubah dengan ketinggian 200-300 m. Bukit dimanfaatkan untuk lahan perkebunan. Pada umumnya kopi, cokelat, dan teh ditanam di perbukitan. Sedangkan dataran adalah daerah yang datar di daratan. Dataran dimanfaatkan manusia sebagai pusat kegiatan. Permukiman penduduk biasanya mengelompok di dataran.
More aboutPengertian dan Contoh Lingkungan Alam di Sekitar Kita

Surat Kuasa Kolektif Penerimaan Dana Beasiswa Miskin BSM

Posted by Unknown on Wednesday, June 4, 2014

SURAT KUASA KOLEKTIF SD NEGERI TAMBAHARJO PENERIMA DANA BSM

Dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Leengkap    :    Ratiman, S.Pd.
Alamat    :    Desa Banyuroto Kec. Adimulyo, Kebumen
No. KTP    :    3305151301620002
NIP    :    19620113 198405 1 001
Nama Sekolah    :    SD Negeri Tambaharjo
N. Identitas Sekolah    :    101030515029
Alamat    :    Desa Tambaharjo Kec. Adimulyo, Kebumen
Jabatan    :    Kepala Sekolah

Menyatakan bahwa adalah benar,
Nama    :    Rinoto
Alamat    :    Desa Tambaharjo Kec. Adimulyo, Kebumen
No. KTP    :    3305152707740001
NIP    :    -
Jabatan    :    Guru

Merupakan pihak/pejabat yang dikuasakan oleh Sekolah Dasar Negeri Tambaharjo untuk mewakilkan menerima dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari pihak Bank BRI dan menyerahkan dana BSM secara langsung kepada penerima dana di sekolah kami yang terdiri dari daftar sebagai berikut:

No    Nama Lengkap    Tanggal Lahir    Nomor Identitas Siswa
1    GATAN SAEFUDIN    06-12-2005    0054411381
2    ALDHI ABDUL AZIZ    07-07-2001    0014817984
3    ALDI DWI SAPUTRA    14-07-2006    0062039147
4    AZAM FAJRI    09-04-2007     1318
5    CAHYO KHAYATIL KARIM    17-10-2006    0063085420
6    DEVI TRI WIDIASTUTI    19-12-2006     1320
7    GIGIH ABDUL AZIZ    28-03-2006    0061856903
8    HILAL AKHDUS SAUM    05-10-2005    0052645446
9    IKA KHOERUNISA    20-03-2006    0069987267
10    NAFISATUL FAIKOH    07-01-2006    0061823142
11    NUR PERMATA ALIZA    09-09-2007     1328
12    RAFLIY ATQO INSANI    02-07-2006    0066345735
13    RETNO WIDIASIH    14-10-2003     1331
14    RINA ASIFATUN MUBAROK    23-05-2005    0053916167
15    SITI NUR LAELATUL KHASANAH    15-09-2005     1313
16    SRI HARTATI    19-05-2004    0045627166
17    ADE SETIAWAN    12-08-2002    0029927192
18    AGUNG FITRIANDI    28-12-2001    0011257833
19    AGUS SUGIARTO    14-10-2003    0036122304
20    AKBAR RIZKI NUGROHO    14-01-2003    0033955540
21    AMRI NUR HAKIM    20-11-2003    0032642298
22    ANDRE RACHMAT MUZAKI    30-03-2001    0011257826
23    ANISA KOLIFIAH    02-12-2005    0058476970
24    ASQA SAFITRI    25-11-2003    0035451866
25    BAHARUDIN    25-07-2002    0020754370
26    DEA NOFITASARI    15-04-2003    0033955546
27    DEVI WULANDARI    20-11-2002    0029016148
28    FINA SETIAWATI    10-04-2002    0020754362
29    HAKIM NUR AZIZ    05-05-2002     1221
30    IBNU SOFANUL GHOMAM    14-09-2004    0047013351
31    ISTIFADATUL HIMAH    22-11-2001    0010429131
32    IWAN FEBRIADI    01-02-2001    0011257820
33    KHALIMATUS SA'DIYAH    12-06-2002    0020754367
34    KHASANATUL MUFIDAH    10-04-2005    0054125632
35    KHUSNI MUBAROK    04-12-2003    0035451868
36    LATIF SUBANDRIYO    01-01-2005    0054645089
37    LISTIANINGSIH    17-04-2001    0014817982
38    MAFLAKHUL KHASANAH    24-08-2002    0027339572
39    MARISKA MUHFADILLAH    30-11-2004    0047013353
40    NAZALLA MA'RIFATUL FAOZIAH    12-11-2002     1226
41    NELLA NUR SAFA    29-08-2002    0026410136
42    NUR KHAYATI    17-12-2004    0047957674
43    NURUL ANWAR MUNGAJIB    29-03-2003    0033955543
44    NURUL CHOTIMAH    12-02-2002    0025187775
45    REVA TRI SAPUTRA    11-08-2005    0053695701
46    RIFKI KUSNENDI    15-10-2001    0011257830
47    RIZKY YULIANTO    01-06-2003    0033955549
48    SAEFUL ANWAR    20-05-2001    0014817983
49    SENO PRADOPO    13-04-2003    0033955545
50    SITI ISTIKOMAH    12-08-2001    0014817986
51    SUNDARI    09-08-2002    0020754371
52    TUTI NURMALA DEWI    28-04-2005    0053695699
53    VERI ISWAHYUDI    19-01-2005    0053695695
54    YUNI MUSTIKA    12-06-2001    0011257827
55    YUYUN SETIANINGSIH    02-07-2003     1260
56    YUYUN SULISTIYANA    05-02-2002    0020754358

Demikian pernyataan ini saya buat sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagai syarat pencairan dana BSM 2014 di BRI.

Tambaharjo, 20 Mei 2014
Kepala Sekolah SDN Tambaharjo

RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
More aboutSurat Kuasa Kolektif Penerimaan Dana Beasiswa Miskin BSM

Blangko Surat Keterangan Siswa Penerima Beasiswa 2014

Posted by Unknown

PEMERINTAH KABUPATEN KEBUMEN DINA PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA UPTD KECAMATAN ADIMULYO SD NEGERI TAMBAHARJO Alamat: Desa Tambaharjo, Kec. Adimulyo, Kab. Kebumen-54363

SURAT KETERANGAN No. 421/007/2014

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama    : Ratiman, S.Pd.
NIP    : 19620113 198405 1 001
Jabatan    : Kepala Sekolah
Sekolah    : SD Negeri Tambaharjo

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:
Nama    : ………………………………………………………………
Sekolah    : SD Negeri Tambaharjo
Kelas    : ………………………………………………………………
No. Induk    : ………………………………………………………………
Tempat/Tgl Lahir    : ………………………………………………………………
ID Bank    : ………………………………………………………………
Nama Orang Tua    : ………………………………………………………………

adalah siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dan yang bersangkutan sebagai  penerima Bantuan Siswa MIskin (BSM) SD.

Demikian surat keterangan ini dibuat, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Tambaharjo, 2 Mei 2014
Kepala Sekolah SD Negeri Tambaharjo

RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
More aboutBlangko Surat Keterangan Siswa Penerima Beasiswa 2014

Surat Keterangan Siswa Berkelakuan Baik Penerima Beasiswa dari Sekolah

Posted by Unknown

PEMERINTAH KABUPATEN KEBUMEN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA UPTD KECAMATAN ADIMULYO SEKOLAH DASAR NEGERI TAMBAHARJO Alamat: Desa Tambaharjo Rt. 01 Rw. 01 Kecamatan Adimulyo-54363

SURAT KETERANGAN BERKELAKUAN BAIK Nomor: 422.2/129/2014

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Sekolah SD Negeri Tambaharjo menerangkan bahwa:
Nama    :   
Tempat, Tanggal Lahir    :    Kebumen
NIS    :    
Kelas    :    
Sekolah    :    SD Negeri Tambaharjo

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa anak tersebut berkelakuan baik dan tidak sedang menerima bantuan dari pihak lain selain bantuan bea siswa bagi siswa dari keluarga kurang mampu Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2014.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya untuk dapat dipergunakan sebagai mana mestinya.

Tambaharjo, 29 Maret 2013

Kepala Sekolah
SD Negeri Tambaharjo

RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
More aboutSurat Keterangan Siswa Berkelakuan Baik Penerima Beasiswa dari Sekolah

Surat Keterangan Keadaan Keluarga Siswa Kurang Mampu dari Desa

Posted by Unknown

PEMERINTAH KABUPATEN KEBUMEN PEMERINTAH DESA TAMBAHARJO Alamat: Desa Tambaharjo Kecamatan Adimulyo-54363

SURAT KETERANGAN KEADAAN KELUARGA KURANG MAMPU

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen menerangkan bahwa:

Nama    :
Tempat, Tanggal Lahir    :    Kebumen,
NIS    :    
Kelas    :    
Sekolah    :    SD Negeri Tambaharjo
Alamat Sekolah    :    Tambaharjo Rt. 01 Rw. 01 Adimulyo, Kebumen
Nama orang tua/wali murid    :   
Pekerjaan    :    
Alamat orang tua/wali murid    :    Tambaharjo, Adimulyo, Kebumen

Keadaan keluarga yang bersangkutan benar-benar kurang mampu.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tambaharjo, 29 Maret 2014

Kepala Desa Tambaharjo

AKHMADI
More aboutSurat Keterangan Keadaan Keluarga Siswa Kurang Mampu dari Desa

Berita Acara Penjaringan Calon Penerimaan Beasiswa Bagi Siswa dari Keluraga Kurang Mampu

Posted by Unknown

BERITA ACARA PENJARINGAN CALON PENERIMAAN BEASISWA BAGI SISWA DARI KELUARGA KURANG MAMPU SD NEGERI TAMBAHARJO

Berkaitan dengan pengalokasian beasiswa bagi siswa keluarga kurang mampu di Kecamatan Adimulyo maka pada hari ini:
Hari dan Tanggal      :    Sabtu, 29 Maret 2014
Waktu                      :    Pukul 09.00 WIB s.d. 11.00 WIB
Tempat                    :    SD Negeri Tambaharjo
Telah dilaksanakan musyawarah yang dihadiri oleh Kepala Desa Tambaharjo, unsur Pemerintah Desa/Tokoh Masyarakat di Desa Tambaharjo, unsur Komite SD Negeri Tambaharjo.

Materi atau topik yang dibahas dalam musyawarah ini adalah penjaringan calon penerima beasiswa bagi siswa dari keluarga kurang mampu untuk SD Negeri Tambaharjo sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan secara adil dan transparan.

Setelah dilakukan musyawarah terhadap topik di atas selanjutnya ketiga unsur (Kepala SD Negeri Tambaharjo, unsur Pemerintah Desa/Tokoh Masyarakat di Desa Tambaharjo, unsur Komite SD Negeri Tambaharjo) menyepakati nama-nama siswa SD Negeri Tambaharjo yang diusulkan untuk mendapatkan beasiswa sebagaimana terlampir.

Demikian berita acara ini dibuat dengan penuh tanggung jawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tambaharjo, 29 Maret 2013

Kepala Sekolah
SD Negeri Tambaharjo

RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001

Ketua Komite
SD Negeri Tambaharjo

YAHYO
Tokoh Masyarakat
Desa Tambaharjo

H. BASIR
More aboutBerita Acara Penjaringan Calon Penerimaan Beasiswa Bagi Siswa dari Keluraga Kurang Mampu

Faktor Capat Lambatnya Penerimaan Inovasi

Posted by Unknown on Monday, June 2, 2014

Faktor Capat Lambatnya Penerimaan Inovasi - Terdapat 15 macam atribut inovasi yang dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya penerimaan sebuah inovasi terhadap penerimanya. Hubungannya dengan pendidikan, dengan memahami faktor atau atribut inovasi, para pendidik akan dapat menganalisa inovasi pendidikan yang sedang disebarluaskan, sehingga dapat memanfaatkan hasil analisisnya untuk membantu mempercepat proses penerimaan inovasi. Berikut ini atribut inovasi yang dikemukakan oleh Zaltman:
  1. Pembiayaan, cepat lambatnya penerimaan inovasi dipengaruhi oleh pembiayaan, baik pembiayaan pada awal (penggunaan) maupun pembiayaan untuk pembinaan selanjutnya. Walaupun diketahui pula bahwa biasanya tingginya pembiayaan ada kaitannya dengan kualitas inovasi itu sendiri. Misalnya penggunaan modul di sekolah dasar. Ditinjau dari pengembangan pribadi anak, kemandirian dalam usaha (belajar) mempunyai nilai positif, tetapi karena pembiayaan mahal maka akhirnya tidak dapat disebarluaskan.
  2. Balik modal, atribut ini hanya ada dalam inovasi di bidang perusahaan atau industri. Artinya suatu inovasi akan dapat dilaksanakan kalau hasilnya dapat dilihat sesuai dengan modal yang telah dikeluarkan (perusahaan tidak merugi). Untuk bidang pendidikan atribut ini sukar dipertimbangkan karena hasil pendidikan tidak dapat diketahui dengan nyata dalam waktu relatif singkat.
  3. Efisiensi, inovasi akan cepat diterima jika ternyata pelaksanaan dapat menghemat waktu dan juga terhindar dari berbagai masalah/hambatan.
  4. Resiko dari ketidakpastian, inovasi akan cepat diterima jika mengandung resiko yang sekecil-kecilnya bagi penerima inovasi.
  5. Mudah dikomunikasikan, Inovasi akan cepat diterima bila isinya mudah dikomunikasikan dan mudah diterima klien.
  6. Kompatibilitas, cepat lambatnya penerimaan inovasi tergantung dari kesesuainnya dengan nilai-nilai warga masyarakat.
  7. Kompleksitas, inovasi yang dapat mudah digunakan oleh penerima akan cepat tersebar dengan cepat.
  8. Status ilmiah, Suatu inovasi yang mudah dimengerti dan mudah digunakan oleh penerima akan cepat tersebar, sedangkan inovasi yang sukar dimengerti atau sukar digunakan oleh penerima akan lambat proses penyebarannya.
  9. Kadar keaslian, warga masyarakat dapat cepat menerima inovasi apabila dirasakan itu hal yang baru bagi mereka.
  10. Dapat dilihat kemanfaatannya, suatu inovasi yang hasilnya mudah diamati akan makin cepat diterima oleh masyarakat, dan sebaliknya inovasi yang sukar diamati hasilnya, akan lama diterima oleh masyarakat.
  11. Dapat dilihat batas sebelumnya, suatu inovasi akan makin cepat diterima oleh masyarakat apabila dapat dilihat batas sebelumnya.
  12. Keterlibatan sasaran perubahan, inovasi dapat mudah diterima apabila waraga masyarakat dikutsertakan dalam setiap proses yang dijalani.
  13. Hubungan interpesonal. Maka jika hubungan interpersonal baik, dapat mempengaruhi temannya untuk menerima inovasi. Dengan hubungan yang baik maka orang yang menentang akan menjadi bersikap lunak, orang simpati akan menjadi tertarik dan orang yang tertarik akan menerima inovasi.
  14. Kepentingan umum atau pribadi (publicness versus privateness). Inovasi yang bermanfaat untuk kepentingan umum akan lebih cepat diterima daripada inovasi yang ditujukan pada kepentingan sekelompok orang saja.
  15. Penyuluh inovasi (gatekeepers). Untuk melancarkan hubungan dalam usaha mengenalkan suatu inovasi kepada organisasi sampai organisasi mau menerima inovasi, diperlukan sejumlah orang yang diangkat menjadi penyuluh inovasi. Misalnya untuk pelaksanaan program KB, maka diperlukan orang-orang yang bertugas mendatangi warga masyarakat untuk menjelaskan perlunya melaksanakan program KB. Tersedianya penyuluh inovasi akan mempengaruhi kecepatan penerimaan inovasi.

More aboutFaktor Capat Lambatnya Penerimaan Inovasi

Ciri Ciri Inovasi Menurut Rogers

Posted by Unknown

Ciri Ciri Inovasi Menurut Rogers - Inovasi memiliki beberapa ciri tersendiri. Seperti apa yang dikemukakan oleh Rogers, bahwa ciri-ciri inovasi ada 5, yaitu keuntungan relatif, kompatibel, kompleksitas, trialibilitas, dan dapat diamati. Ke-5 ciri-ciri inovasi di atas mari kita bahas bersama-sama.
  1. Keuntungan relatif, yaitu bahwa seberapa besar inovasi itu dianggap menguntungkan bagi penerimanya. Kemanfaatan sebuah inovasi dapat diukur berdasarkan nilai ekonomi, faktor status sosial atau gengsi, kesenangan, kepuasan atau mempunya komponen yang sangat penting, makin menguntungkan bagi penerimanya, maka makin cepat inovasi itu dapat tersebar luas.
  2. Kompatibel, yaitu tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai, pengalaman lalu dan kebutuhan dari penerima. Inovasi yang tidak sesuai dengan nilai atau norma yang diyakini oleh penerima tidak akan diterima dengan cepat. Contoh, penyebarluasan penggunaan alat kontrasepsi di masyarakat yang keyakinan agamanya melarang penggunaan alat tersebut maka penyebaran inovasi akan lambat.
  3. Kompleksitas, yaitu tingkat kesukaran untuk memahami dan menggunakan inovasi bagi penerimannya. Inovasi yang mudah dipahami dan mudah digunakan oleh penerima akan cepat tersebar, sedangkan inovasi yang sukar dimengerti atau sukar digunakan oleh penerima akan lambat proses penyebarannya. Misalnya masyarakat pedesaan yang tidak mengetahui tentang teori penyebaran bibit penyakit melalui kuman, diberitahu oleh penyuluh kesehatan agar membiasakan memasak air yang akan diminum, karena air yang tidak dimasak jika diminum dapat menyebabkan sakit perut. Tentu saja ajakan itu sukar diterima. Makin mudah dimengerti suatu inovasi akan makin cepat diterima oleh masyarakat.
  4. Trialabilitas, yaitu dapat dicoba atau tidaknya suatu inovasi oleh penerima. Suatu inovasi yantg dicoba akan cepat diterima oleh masyarakat daripada inovasi yang tidak dapat dicoba lebih dulu. Misalnya penyebarluasan penggunaan bibit unggul padi gogo akan cepat diterima oleh masyarakat jika masyarakat dapat mencoba dulu menanam dan dapat melihat hasilnya.
  5. Dapat diamati, yaitu mudah tidaknya diamati suatu hasil inovasi. Suatu inovasi yang hasilnya mudah diamati akan makin cepat diterima oleh masyarakat, dan sebaliknya inovasi yang sukar diamati hasilnya, akan lama diterima oleh masyarakat. Misalnya penyebarluasan penggunaan bibit unggul padi, karena petani dapat dengan mudah melihat hasil padi yang menggunakan bibit unggul tersebut, maka mudah untuk memutuskan mau menggunakan bibit unggul yang diperkenalkan. Tetapi mengajak petani yang buta huruf untuk mau belajar membaca dan menulis tidak dapat segera dibuktikan karena para petani sukar untuk melihat hasil yang nyata menguntungkan setelah orang tidak buta huruf lagi. Zaltman, Duncan, dan Holbek mengemukakan bahwa cepat lambatnya penerimaan inovasi dipengaruhi oleh atribut sendiri. Suatu inovasi dapat merupakan kombinasi dari berbagai macam atribut (Zaltman, 1973: 32-50).
More aboutCiri Ciri Inovasi Menurut Rogers

Teks Pidato Perpisahan Kelas 6

Posted by Unknown on Sunday, June 1, 2014

Teks Pidato Perpisahan Kelas 6  - Pidato salah satu wakil dari kelas 6 dalam acara perpisahan tahun pelajaran 2013/2014.

Assalamualaikum WR. WB. Bismillah, alhamdulillah, lakhaula walaquwataillahbillah.
Yang saya hormati, Bapak Kepala UPT Dikpora Kecamatan Adimulyo atau yang mewakilinya. Yang saya hormati Bapak Kepala sekolah SD Negeri Tambaharjo. Yang saya hormati Bapak Ibu Guru SD Negeri tambaharjo. Yang saya hormati para karyawan. Yang saya hormati Bapak Ibu wali murid SD Negeri Tambaharjo, yang saya sayangi adik-adik kelas I sampai dengan kelas VI, dan teman-teman kelas 6 yang berbahagia.

Marilah kita awali dengan ungkapan syukur kita kepada Allah SWT yang memberikan beribu rahmat, taufik, dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga acara pada hari ini dapat berjalan dengan lancar. Sholawat dan salam Allah semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam kegelapan ke alam yang terang benderang sekarang ini. Alam yang penuh dengan ilmu ang bermanfaat.

Ada beberapa yang ingin saya sampaikan mewakili rekan-rekan kelas 6.
Yang pertama
Ucapan terima kasih kami yang setinggi-tingginya kepada bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, para karyawan dan petugas perpusatakaan. Atas bantuan, bimbingan, jerih payah, dan do'a mereka, kami siswa kelas 6 telah lulus 100% dalam menempuh ujian beberapa hari yang lalu.

Kepada Bapak dan Ibu Guru yang telah meluangkan banyak waktu untuk membimbing kami dalam belajar, memberikan tambahan pelajaran dengan les, baik sore hari di sekolah, maupun malam hari, kami sangat berterima kasih. Atas usaha mereka, kami jadi memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi dan mengerjakan soal ujian.

Khusus kepada Ibu Guru Sunarti selaku guru kelas 6, kami mengucapkan beribu-ribu terima kasih. beliau telah sudi bersusah payah membimbing kami dengan memberikan les tambahan pelajaran di malam hari di rumah beliau. Kami mengerti, bahwa bukan waktu saja yang tersita untuk membimbing kami, melainkan tenaga, fikiran, bahkan materi.

Yang kedua
Permohonan maaf. Selama 6 tahun kami menimba ilmu di SD Negeri Tambaharjo, banyak sekali kesalahan yang kami lakukan yang telah membuat Bapak dan Ibu guru kesal atas tingkah laku kami sehari-hari, untuk itu dengan segala kerendahan hati, melalui saya, kami seluruh siswa kelas 6 mohon maaf yang setulus-tulusnya kepada Bapak Ibu guru sekalian. sudilah kiranya memberikan maaf kepada kami.

Yang ketiga
Selanjutnya, setelah acara ini selesai, kami mohon do'a restu Bapak Ibu Guru dalam kami melangkah ke depan untuk menempuh pendidikan lebih lanjut, agar kami mampu menghadapi tantangan tersebut, agar kami kuat, agar kami dapat diterima di sekolah yang kami harapkan.

Yang terakhir
Kami tidak bisa membalas segala kebaikan Bapak dan Ibu Guru, hanya ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kami haturkan, semoga segala yang Bapak Ibu Guru curahkan kepada kami, akan mendapat imbalan yang sebaik-baiknya dari Allah SWT.

Sekali lagi, terima kasih Bapak Ibu Guru.

Terima kasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan, Wallahul muafiq illa aqwa mithorik, wassalamualaikum WR. WB.
 


More aboutTeks Pidato Perpisahan Kelas 6