Pengertian dan Contoh Lingkungan Alam di Sekitar Kita

Posted by Unknown on Thursday, June 12, 2014

Pengertian dan Contoh Lingkungan Alam di Sekitar Kita - Lingkungan dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Lingkungan alam dibedakan atas lingkungan perairan dan lingkungan daratan. Lingkungan perairan antara lain laut, sungai, danau, rawa. Sedangkan lingkungan buatan antara lain rumah, jalan, sawah, sekolah, dan pasar.

Lingkungan alam merupakan lingkungan yang ada dengan sendirinya. Lingkungan alam diciptakan Tuhan Yang Maha Esa untuk keperluan manusia. Lingkungan alam dapat berupa gunung, sungai, pantai, dan daratan. Manusia memanfaatkan lingkungan alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, lingkungan alam sangat bermanfaat bagi manusia.

Berikut ini contoh lingkungan alam dan manfaatnya bagi manusia.
  1. Gunung. Gunung merupakan gundukan tanah yang tinggi. Banyak pohon tumbuh di gunung. Sewaktu hujan, akar akan menyerap air. Air hujan diserap di dalam tanah. Sehingga tidak terjadi banjir. Pada waktu musim kemarau, kita tidak akan kekurangan air. Di gunung juga terdapat air terjun dan pemandangan yang indah. Sehingga dapat dijadikan objek wisata. Selain itu, gunung bisa dijadikan objek pendakian bagi pencinta alam.
  2. Sungai. Sungai merupakan tempat air mengalir. Sungai dapat digunakan manusia, misalnya untuk mandi dan mencuci. Sungai dapat juga digunakan untuk mengairi sawah. Biasanya dinamakan dengan irigasi. Di sungai, orang dapat juga memelihara ikan. Ada ikan lele, ikan mujahir, ikan gurami, dan ikan nila. Sungai yang besar bisa dilalui oleh perahu. Sungai yang besar terdapat di Sumatra dan Kalimantan.
  3. Pantai. Penduduk pantai sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Nelayan menjual hasil tangkapannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kita dapat menjumpai tambak di sekitar pantai. Pelabuhan bongkar muat barang dan transportasi antar-pulau juga terdapat di pantai. Permukiman penduduk pantai memanjang mengikui garis panai. Pantai sangat penting bagi penduduk. Kita harus menjaga pantai dari kerusakan.
  4. Daratan. Bentuk daratan muka bumi beranekaragam. Contohnya lembah, bukit, dan dataran. Lembah adalah cekungan yang lebih rendah daripada daerah di sekitarnya. Pada umumnya, lembah terletak di antara dua bukit atau gunung. Tanah di lembah bersifat subur. Tanah tersebut dimanfaatkan untuk pertanian. Bukit adalah daerah berbentuk kubah dengan ketinggian 200-300 m. Bukit dimanfaatkan untuk lahan perkebunan. Pada umumnya kopi, cokelat, dan teh ditanam di perbukitan. Sedangkan dataran adalah daerah yang datar di daratan. Dataran dimanfaatkan manusia sebagai pusat kegiatan. Permukiman penduduk biasanya mengelompok di dataran.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar