4 Batasan Definisi Geografi dari Para Pakar Geografi

Posted by Unknown on Tuesday, November 11, 2014

4 Batasan Definisi Geografi dari Para Pakar Geografi - Perkembangan seluruh unsur atau aspek ilmu pengetahuan dan teknologi telah menyebabkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad milenium (XX). Akibatnya sangat berpengaruh terhadap perubahan kondisi kelompok-kelompok sosial/masyarakat. Perubahan kelompok masyarakat menyebabkan berkembangnya ilmu pengetahuan sosial. Dalam perkembangannya, ruang lingkup ilmu pengetahuan sosial meliputi ilmu geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, dan politik.

Geografi (bahasa Yunani geo berarti bumi dan graphein berarti tulisan) secara harfiah, geografi berarti tulisan tentang bumi. Geografi disebut juga ilmu bumi. Ilmu geografi tidak hanya mempelajari tentang permukaan bumi saja, melainkan juga berbagai hal yang ada di permukaan bumi, di luar bumi, bahkan benda-benda di ruang angkasa pun turut menjadi objek kajian geografi. Dengan demikian, definisi singkat di atas perlu diperluas dan dilengkapi sehingga mencakup semua hal yang dikaji dalam studi geografi.

Berikut ini 4 Batasan Definisi Geografi dari Para Pakar Geografi, yaitu:
  1. Geografi adalah disiplin ilmu yang berusaha untuk menguraikan dan menginterpretasikan karakter variabel dari suatu tempat ke tempat lainnya di bumi sebagai tempat kehidupan manusia (Hart Shorne, 1960).
  2. Geografi adalah studi tentang lokasi dan tatanan fenomena pada permukaan bumi dan proses-proses yang menyebabkan distribusi fenomena tersebut (Fielding, 1974).
  3. Geografi adalah ilmu pengetahuan tentang perkembangan nasional dan pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memperkirakan distribusi spasial dan lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi (Yeates and Hagget, 1979).
  4. Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan (Semlok 1988 dan Nursid Sumaatmaja, 1997).

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar