3 Kelompok Lingkungan Permukaan Bumi

Posted by Unknown on Tuesday, November 11, 2014

3 Kelompok Lingkungan Permukaan Bumi - Sebagai bagian dari kajian ilmu, Geografi selalu mengalami perkembangan (expanding environment). Perkembangan kajian ilmu geografi  sangat luas, sehingga para geograf atau para pakar geografi cenderung untuk membaginya menjadi cabang-cabang ilmu pembantu untuk menunjang pengetahuan geografi.

Geografi selanjutnya berkembang menjadi ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, ruang angkasa, penduduk, flora, dan fauna serta hasil-hasil yang diperoleh dari bumi, yaitu hasil interaksi antara manusia dengan lingkungannya.

Berikut ini 3 Kelompok Lingkungan Permukaan Bumi, yaitu antara lain:
  1. Physical environment atau lingkungan fisik atau abiotik adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berupa makhluk tak hidup, misalnya tanah, udara, air, dan sinar matahari.
  2. Biological environment atau lingkungan biologis atau biotik adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berupa makhluk hidup, seperti binatang, tumbuh-tumbuhan termasuk di dalamnya adalah manusia.
  3. Social environment atau lingkungan sosial adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berwujud tindakan atau aktivitas manusia baik dalam hubungannya dengan lingkungan alam maupun hubungan antarmanusia.
Ketiga lingkungan tersebut adalah lingkungan biotik, lingkungan sosial, dan lingkungan abiotik.

3 Kelompok Lingkungan Permukaan Bumi
 
Bagan di atas menjelaskan tentang hal yang berkaitan dengan teori lingkungan, yaitu struktur lingkungan geografi yang digolongkan menjadi lingkungan fisik dan lingkungan nonfisik yang disusun oleh William Kirk.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar