Siapa yang Menyebarkan Agama Hindu di Indonesia?

Posted by Unknown on Tuesday, April 8, 2014

Hindu adalah salah satu agama yang diakui di Indonesia. Selain Hindu terdapat 4 agama lainnya di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, katolik, dan agama Buddha. Agama Hindu tergolong agama yang banyak penganutnya di Indonesia. Siapa yang membawa dan menyebarkan agama Hindu di Indonesia? Yang membawa dan menyebarkan agama Hindu di Indonesia adalah para pedagang dari Negara india.

Terdapat beberapa teori yang menyebutkan tentang masuk dan penyebaran agama Hindu di Indonesia, yaitu:
  1. Teori Sudra. Teori Sudra menyebutkan bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang dari kasta Sudra, yaitu yang dianggap sebagai orang-orang buangan.
  2. Teori Waisya. Teori Waisya menyebutkan bahwa agama Hindu dibawa oleh orang-orang yang berkesta Waisya karena sebagian besar dari mereka adalah pedagang.
  3. Teori Ksatria. Teori Ksatria menyebutkan bahwa agama Hindu dibawa dan disebarkan ke Indonesia oleh orang-orang yang berkasta Ksatria.
  4. Teori Brahmana. Teori Brahmana menyebutkan bahwa agama Hindu dibawa dan disebarkan ke Indonesia oleh kaum Brahmana. Kaum Brahmana datang ke Indonesia karena diundang oelh para kepala suku yang ingin lebih tahu lagi tentang agama Hindu.
Para ahli sejarah menganggap bahwa teori Brahmana yang paling sesuai karena berdasarkan bukti yang telah ditemukan, yaitu bahwa:
  • Kaum Brahmana adalah golongan pendeta yang berhak dan mampu menyebarkan agama Hindu.
  • Pemakaian bahasa Sansekerta pada prasasti yang telah ditemukan hanya kaum Brahmana yang mengerti bahasa Sansekerta. Di Indonesia bahasa Sansekerta hanya digunakan dalam kitab suci dan pada upacara keagamaan saja.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar