Bagaimana Proses Masuknya Agama Hindu dan Budha ke Indonesia?

Posted by Unknown on Saturday, April 5, 2014

Kesuburan dan keindahan wilayah Indonesia sudah terkenal sejak zaman dahulu. Banyak kelompok orang yang berdatangan ke Indonesia dan menetap, Mereka yang datang dan menetap di Indonesia adalah para pedagang dan pemuka agama. Indonesia adalah wilayah yang sangat strategis karena Indonesia berada di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia juga diapit oleh dua benua yaitu Benua Asian dan Benua Australia.

Indonesia sering dijadikan tempat singgah para pedagang sebelum melanjutkan perjalanan, karena letak Indonesia berada dalam jalur perdagangan. Sejak abad 500 Sebelum Masehi (SM) kegiatan perdagangan di Asia dilakukan melalui jalur darat. Sebelumnya tidak pernah digunakan jalur laut ntuk menuju suatu negara ke negara lain. Jalur tersebut dimulai dari Cina melalui Asia Selatan menuju ke Turkistan dan akhirnya ke Laut Tengah. Jalur tersebut terkenal dengan sebutan "Jalur Sutra" (silk road).

Mengapa disebut jalur sutra? Disebut jalur sutra karena barang yang dibawa oleh para pedagang berupa kain sutra. jalur perdagangan dialihkan sejak abad 1 Masehi yang merupakan jalur perdagangan baru melalui jalur laut. Jalur perdagangan melalui laut dibuat karena jalur melalui darat tidak aman lagi.

Jalur perdagangan yang baru ini telah mendorong munculnya hubungan perdagangan di semua wilayah yang dilaluinya, termasuk juga wilayah Indonesia. Posisi Indonesia sangat setrategis karena Indonesia berada di tengah-tengah jalur perhubungan dagang antara Cina dan Romawi, oleh sebab itu, terjadilah hubungan dagang antara Indonesia dengan Cina dan India.

Kesimpulannya, Proses Masuknya Agama Hindu dan Budha ke Indonesia adalah dari proses hubungan dagang tersebut, maka pengaruh agama Hindu dan Budha masuk ke Indonesia.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar