Contoh Naskah Lomba Pidato Adab Berpakaian

Posted by Unknown on Sunday, December 1, 2013

Assalamu’ alaikum wr. wb.
Hamdan Wa Sukrolillah, Washolatu wasalamu Ala Rosulillah, Amma ba’ du.
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang adab berpakaian.
Allah berfirman di dalam Al Qur’an yang artinya:

Pakailah pakaian kamu yang baik-baik setiap memasuki masjid, makanlah, minumlah, dan jangan berlebihan.

Dewan juri yang saya hormati.
Di dalam semua hal, adab harus kita junjung tinggi, baik itu adab makan, minum, bahkan berpakaian pun ada adabnya, nah oleh karena itulah agama islam disebut agama yang beradab bukan biadab.
Adab berpakaian di antaranya,


Yang pertama
Kalau kita umpamanya memakai baju, mulailah dengan membaca bismill…….. sesudahnya dibaca alkhamdulillahirobbillllalamin.
Dimulakan dengan Bismillah, Disudahi dengan Alhamdulillah
Begitulah sehari dalam hidup kita, Mudah-mudahan dirahmati Allah

Dan yang kedua
Kebersihan harus selalu diperhatikan, ini kadang-kadang sudah satu minggu tidak dicuci-cuci pakaiannya. Itupun memakainya dicampur parfum lima botol, tambah bau, akhirnya orang kalau nyiumnya batuk-batuk, ahi…

Dan yang ketiga
Jangan berlebihan, mentang-mentang ayahnya pengusaya sukses, dibelikan baju yang harganya mahal, bahkan giginyapun diganti dengan emas, dan kalau makan itu langsung ditelan kluk.

Nah kemudian yang keempat
Harus sesuai pada tempatnya, ini tidak.
Ada pula sitogar, sudah ganteng dengan pecinya, sudah ganteng tetapi pakai rok mini pula di bawah.
Nah laki-laki tidak boleh memakai pakain perempuan, dan perempuan tidak boleh memakai pakaian laki-laki.

Ada satu cerita ni temen-temen, mau dengar nggak?
Ada seorang anak berkata pada ibunya.
Mak-mak aku mau pakai jilbab mak!
Kau tak boleh pakai jilbab!
Pokoknya aku mau pakai jilbab mak!
Kau tak boleh pakai jilbab, kamu jelek memakai jilbab.
Mak, semua temanku pakai jilbab mak, aku iri mak!
Pokoknya kamu tidak boleh memakai jilbab.
Si Ibupun melapor pada pak Kyai.
Pak Kyai, gawat nih pak Kyai, gawat pak kyai. Anak saya mau pakai jilbab.
Emang kenapa bu kalau pakai jilbab?
Saya melarang dia pak kyai. Soalnya pakai jilbab jelek.
Alangkah besar dosa ibu kalau ibu melarang anak ibu memakai jilbab.
Belum selesai,
Kemudian apa kata si ibu tersebut?
Bukan begitu pak kyai. Sebenarnya nama anak saya itu joko.

Bagaimana kalau laki-laki memakai pakaian perempuan? Apakah cocok? Tidak.
Dan yang terakhir adalah Menutup aurat.
Aurat laki-laki mulai dari pusat sampai lutut.
Aurat perempuan seluruh tubuh, kecuali, muka dan telapak tangan.

Oleh karena itu teman-teman, mari kita junjung tinggi adab, terutama, yang dianjurkan di dalam Al Qur’an nul karim, yang ditetapkan di dalam agama kita, yaitu agama islam.
Syair mengakatan.

Jilbab-jilbab putih lambang kesucian. Yang bersinar di tengah malam gelap gulita. Di balik jilbabmu ada jiwa yang taqwa. Di balik senyumu tersimpan masa depan cerah.
Terima kasih.

Mungkin hanya inilah yang dapat saya sampaikan. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf.
Wabillahi taofiq wal hidayah, Wassalamu’ alaikum wr. wb.............

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar