Naskah Pidato Manfaat Mencari Ilmu

Posted by Unknown on Sunday, October 20, 2013


Lomba pidato di sekolah adalah termasuk pembelajaran yang sangat penting dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuannya adalah untuk melatih keterampilan berbicara di depan umum bagi para siswa, agar dalam kehidupan bermasyarakat nantinya, para siswa siap menghadapinya.

Berikut ini contoh Naskah Pidato Manfaat Mencari Ilmu

Assalamualaikum wr. wb. 
Dewan juri yang saya hormati. 
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kepada kita semua kenikmatan, Rahmat, dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat berkumpul tanpa ada halangan suatu apapun. 

Sholawat serta salam Allah senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah membawa kita kepada jalan yang benar. Semoga kita semua mendapatkan syafa’atnya kelak di yaumil akhir. 
Dalam sebuah syair dikatakan,


“Belajarlah, karena tidak ada seorangpun yang dilahirkan dalam keadaan pandai, manusia yang memiliki predikat tertinggi dan paling sempurna di antara makhluk yang lain, diwajibkan menuntut ilmu, dari mulai dalam buaian sampai liang kubur.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Pemuda-pemudi generasi islam! Mengapa kita wajib menuntut ilmu?” Kita tahu bahwa harta, tingginya jabatan manusia tidaklah sebanding dengan ilmu. Kita para generasi islam adalah satu-satunya pengganti dan penerus para ulama. Jangan sampai kita terpengaruh oleh gemerlapnya dunia yang akan merusak keimanan kita.

Perkembangan teknologi dan percampuran budaya sedemikian rupa, hura-hura, dan narkoba sudah merajalela. Dengan apa kita bisa mengantisipasi semua ini, tidak lain hanyalah dengan kekuatan iman dan taqwa. 

Insya Allah bitaufiqi wairsyadihi wahidayatihi, kita tidak akan terjebak dan terjerat dalam kemungkaran yang membawa kehancuran, asalkan kita selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Al-Hadist. 

Jadi sudah seharusnya muslimin-muslimat untuk mempelajari dan mengkaji Ajaran islam yang sesungguhnya, yakni Al-Qur’an dan Al-Hadist. Dengan jalan mengikuti para ulamatul mutaqobilin washolihin amiin. 

Dewan juri yang saya hormati. 

Demikian pidato dari saya, semoga ada manfaatnya, khususnya untuk diri pribadi, umumnya untuk Pemuda dan pemudi islam. Kiranya cukup sekian bila ada kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, akhirul kalam, wassalamualaikum wr. wb.

Demikian Naskah Pidato Manfaat Mencari Ilmu, semoga bermanfaat.

{ 2 comments... read them below or add one }

Claresta said...

Sangat bermanfaat sekali naskah belajar pidatonya. Pidato terlihat sepele, namun jika tdk belajar maka tidak enak didengar mulai awal hingga akhir. Belajar tanpa disertai latihan praktek juga kurang sempurna alias kaku.

Hmmm... baru saja lembur update ya mas,,, mantab dech, semoga makin sukses aja! Belajar dan berbagi sambil bersenang2 dan juga sambil mencari uang online dan offline. Semoga semuanya lancar, amin.

Unknown said...

Ya betul Mba' Indri, banyak orang bisa berbicara panjang lebar ketika ngobrol dengan teman (termasuk saya), namun jika dalam acara tertentu mereka gagap, bahkan tidak bisa berbicara (seperti saya), maka lomba pidato bagi siswa amatlah penting

Makasih dah mampir

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar