Fungsi Negara menurut Miriam Budiardjo

Posted by Unknown on Sunday, October 20, 2013

Dalam mata pelajaran pendidikan Kwarganegaraan (PKn) SLTP kelas IX disebutkan beberapa materi tentang negara yang salah satunya adalah fungsi negara.

Berikut ini Fungsi Negara menurut Miriam Budiardjo:

Fungsi Negara menurut Miriam Budiardjo (dalam Priyanto, 2008) adalah bahwa setiap negara, apapun ideologinya, menyelenggarakan beberapa fungsi minimum yaitu:
  1. Fungsi penertiban (law and order). Untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah bentrokan-bentrokan dalam masyarakat, maka negara harus melaksanakan penertiban atau bertindak sebagai stabilisator.
  2. Fungsi kesejahteraan dan kemakmuran. Untuk  mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di- perlukan campur tangan dan peran aktif dari negara.
  3. Fungsi Pertahanan, yaitu untuk menjaga kemung- kinan serangan dari luar, sehingga negara harus diperlengkapi dengan alat-alat pertahanan.
  4. Fungsi keadilan, yang dilaksanakan melalui badan- badan pengadilan.
Ke-4 fungsi negara tersebut merupakan fungsi minimum, yang berarti  fungsi negara tersebut bisa berkembang lebih luas sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai negara. Jadi fungsi negara tidak bisa dipisahkan dari tujuan negara karena keduanya saling berkaitan, sehingga para ahli seringkali menggandengkan tujuan dengan fungsi negara.

Bagaimana keterkaitan fungsi negara dengan usaha pembelaan negara? Pada dasarnya fungsi-fungsi negara tersebut berkaitan dengan usaha pembelaan negara. Salah satu fungsi negara yang sangat penting bagi jaminan kelangsungan hidup negara adalah fungsi pertahanan negara. Fungsi pertahanan negara dimaksudkan terutama untuk menjaga dan mempertahankan negara dari segala kemungkinan serangan dari luar. Oleh sebab itu harus diperlengkapi dengan alat-alat pertahanan yaitu TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan perlengkapannya.  TNI terdiri atas TNI-AD, TNI-AU, dan TNI-AL.

A.T Sugeng Priyanto. 2008. Contextual Teaching and Learning Pendidikan Kewarganegaraan 
                    Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4. Jakarta: Pusat
                    Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Demikian Fungsi Negara menurut Miriam Budiardjo, semoga bermanfaat

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar