Bagaimana Adrenalin Mempengaruhi Jantung ketika Marah?

Posted by Unknown on Wednesday, October 2, 2013

Bagaimana hormon adrenalin mempengaruhi kerja jantung seseorang yang sedang marah? - Hormon adrenalin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal yang bekerja secara otomatis ketika emosi seseorang sedang meningkat. Pengaruh ini disebabkan oleh dilepaskannya hormon adrenalin oleh kelenjar adrenal ke dalam darah ketika ada rangsang emosi sehingga tekanan darah menjadi naik atau tinggi yang memicu denyut jantung bertambah cepat.


Ketika emosi seseorang naik, tubuh akan merespon dengan meningkatnya rangsangan syaraf simpatik yang salah satunya adalah meningkatnya produksi hormon adrenalin oleh kelenjar adrenal.

Orang yang sedang marah atau emosi akan tampak tanda-tanda perubahan fisik seperti muka memerah, pupil mata membesar, detak jantung semakin cepat, dan telinga terasa panas, hal ini disebabkan oleh perubahan kerja jantung secara drastis yang berusaha memompa darah ke wilayah tubuh bagian atas.

Kelenjar adrenal akan bekerja secara otomatis memproduksi hormon adrenalin ketika emosi seseorang berubah, keadaan seperti ini akan memicu hilangnya kendali diri seseorang yang dapat membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain.

Untuk menghindari timbulnya bahaya akibat amarah, dapat dibaca pada 4 Cara Mengatasi Marah.

Demikian, Bagaimana Adrenalin Mempengaruhi Jantung ketika Marah? semoga bermanfaat bagi kemaslahatan kita hidup bermasyarakat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar