Sebab-Sebab Perang Dunia I 1 satu

Posted by Unknown on Thursday, September 26, 2013



Sebab-Sebab Perang Dunia I 1 satu – Di sela-sela kesibukan saya menulis artikel, Yuli Hidaya Pratiwi, anak saya siswa kelas IX SMP Negeri 2 Adimulyo, meminta untuk dicarikan artikel tentang sebab-sebab perang dunia i 1 satu. Tanpa piker panjang langsung meluncur ke pencarian google mencari di dunia maya dan akhirnya ketemu.

Berikut ini Sebab-Sebab Perang Dunia I 1 satu, semoga bermanfaat bagi yang mencari artikel ini.
Ketidakseimbangan politik di Eropa pada masa itu yang menumbuhkan persaingan tidak sehat.sehingga kompleksitas persaingan itu membuat eropa terkotak-kotak atau negara-negara di eropa membuat kubu-kubu (aliansi) yang membuat persaingan makin menajam. 
  1. Pertentangan antar negara-negara Eropa, yaitu Pertentangan Inggris-Jerman di bidang industri. 
  2. Jerman menciptakan produk yang mirip dengan produk Inggris untuk menyaingi Inggris dan memasarkannya bersaing dengan harga yang lebih rendah. 
  3. Persaingan Angkatan Laut antar Jerman dan Inggris. 
  4. Perebutan daerah jajahan. Jerman membantu Negara yang terjajah supaya mendapat imbalan. Jerman membantu Quwait (jajahan Inggris) dengan cara membuat rel kereta api Konstantinopel-Baghdad. Jerman membantu Maroko jajahan Inggris.
  5. Jerman melakukan politik luar negeri yang memancing kemarahan Negara-negara eropa. 
  6. Pertentangan Perancis vs Jerman. Daerah perbatasan Perancis (sungai Rhein) diklaim sebagai milik Jerman. 
  7. Pertentangan Austria vs Rusia. Rusia menjalankan politik warm water. Kedua Negara saling menghambat dalam mempersatukan wilayah sekitar semenanjung Balkan yang dipimpin oleh Rusia. 
  8. Pertentangan Rusia vs Turki. Rusia menginginkan semenanjung Balkan menjadi wilayahnya. 
  9. Pertentangan Austria vs Serbia. Austria berusaha mempersatukan Negara-negara di wilayah Balkan. Serbia sebagai salah satu negara di wilayah Balkan tidak mau. 
  10. Persekutuan di Negara-negara Eropa. Tahun 1880an politik di Eropa bergejolak. Negara-negara di eropa saling mencari teman dan membentuk kubu, yaitu Aliansi triple (terbentuk tahun 1882) yang beranggotakan Jerman, Italia, dan Austria. Tripple Etonte terbentuk tahun 1907 (Inggris, Perancis, dan Rusia). 
  11. Perlombaan Senjata. Saling curiga antar negara eropa, selain terbentuknya Aliansi juga terciptanya produksi senjata yang berlebihan. 
  12. Pembunuhan putra mahkota Austria, Franz Ferdinand 28 Juni 1914 oleh seorang mahasiswa Serbia bernama Principe, saat melihat latihan perang di Serajevo, Bosnia.
  13. Campur tangan negara-negara eropa pada perang Serbia-Austria. Ultimatum Austria pada Serbia tidak di gubris.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar