3 Aspek yang Mendukung Keberhasilan Pembelajaran

Posted by Unknown on Wednesday, September 18, 2013


3 Aspek yang Mendukung Keberhasilan Pembelajaran - Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran tergantung kepada beberapa aspek. Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi adalah bagaimana cara seorang guru melaksanakan pembelajaran. Kecenderungan pembelajaran saat ini masih berpusat pada guru. Siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Akibatnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran rendah. Di samping itu guru tidak menggunakan alat peraga dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran kurang bermakna, siswa sulit memahami materi, dan siswa kurang bersungguh-sungguh dalam pembelajaran, sehingga berimbas pada hasil belajar yang rendah pula. 

Mengajar tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, tetapi merupakan kegiatan guru mendidik, mengajar, membimbing atau memfasilitasi siswa menemukan pengetahuan dan pengalaman belajarnya. Menurut S. Belen dalam Rusna RA (2003:17) dalam mengajar kadang pesan mengembangkan potensi siswa yang beraneka ragam dan bukan menjadikan siswa sebagai Penerima atau pemakai pasif (konsumen) ilmu pengetahuan yang dimiliki guru.




Tujuan hakiki mengajar menurut S. Belen adalah mempersiapkan siswa untuk paling tidak dapat bertahan hidup di masa yang akan datang dan berbuat banyak bagi orang lain. Mengajar bukan pula mempersiapkan siswa memiliki apa yang akan ditagih dalam ujian nasional (UN) dan ujian akhir sekolah (UAS), melainkan apa yang ditagih dalam kehidupan, yaitu bersifat peka, kritis, kreatif, mandiri, dan Bertanggung jawab.

Berikut ini 3 Aspek yang Mendukung Keberhasilan Pembelajaran:
  1. Metode. Metode pembelajaran merupakan aspek penting dalam keberhasilan pembelajaran, seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa kebiasaan guru menggunakan metode sederhana yang dianggap simpel dan tidak ribet berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Dalam hal ini guru harus kreatif dan mau menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, seperti pengamatan, diskusi, demonstrasi, inkuiri, dan masih banyak lagi.
  2. Media atau alat peraga. Alat peraga juga tidak kalah penting dalam mendukung keberhasilan pembelajaran. Siswa SD masih dalam ranah operasional konkret, sehingga penggunaan alat peraga, baik benda nyata atau modifikasi sangat mutlak harus digunakan.
  3. Menyenangkan. Suasana menyenangkan juga diperlukan untuk membantu pencapaian target pembelajaran. Jika siswa merasa senang, maka apa yang disampaikan oleh guru akan mudah diserap. Cara menciptakan suasana senang dalam pembelajaran bisa ditempuh dengan bernyanyi, pembelajaran di luar kelas, atau dengan permainan.
Kesimpulannya, guru harus kreatif dalam menerapkan pembelajaran untuk peserta didiknya agar tercipta pembelajaran PAIKEM pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar