Luas Permukaan bangun Ruang

Posted by Unknown on Monday, July 15, 2013

Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting bagi anak, karena dalam kehidupan nyata bermasyarakat nanti setelah dewasa, matematika akan selalu digunakan dalam segala aspek kehidupan, untuk itu, keberhasilan pembelajaran matematika siswa menjadi hal yang sangat penting dan mutlak harus dicapai.

Selama ini pembelajaran Matematika secara umum pada tingkat sekolah dasar kebanyakan dilaksanakan dengan metode ceramah, Guru enggan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga, dengan alasan bahwa penggunaan alat peraga atau media pembelajaran membutuhkan biaya besar dan kurang praktis. Tanpa disadari hal itulah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar Matematika siswa pada umumnya.

Permasalahan yang umum terjadi di SD adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Hal ini terbukti bila diadakan tes formatif selalu hasil belajar Matematika di bawah rata-rata mata pelajaran lainnya. Hasil belajar Matematika siswa lebih rendah lagi pada materi luas permukaan bangun ruang. Luas permukaan bangun ruang adalah jumlah luas seluruh sisi-sisi bangun ruang. Materi ini merupakan materi yang sulit bagi siswa.

Bangun ruang menurut Sumanto (2008:58) disebut juga bangun tiga dimensi. Bangun ruang merupakan sebuah bangun yang memiliki ruang yang dibatasi oleh beberapa sisi. Jumlah dan model yang membatasi bangun tersebut menentukan nama dan bentuk bangun tersebut, misalnya bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang sama ukuran dan bentuknya disebut kubus, bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang mempunyai ukuran panjang dan lebar/persegi panjang disebut balok dan prisma, bangun yang dibatasi oleh sisi lengkung dan dua buah lingkaran disebut Tabung. Jumlah serta model sisi yang dimiliki oleh sebuah bangun tertentu merupakan salah satu sifat bangun ruang tersebut. Jadi, sifat suatu bangun ruang ditentukan oleh jumlah sisi, model sisi, dan lain-lain.

Cara mencari luas permukaan bangun ruang adalah dengan mempelajari jaring-jaring bangun ruang itu terlebih dahulu, setelah siswa memahami dan mengetahui tentang jaring-jaring bangun ruang, kemudian siswa memotong-motong jaring-jaring bangun ruang tersebut. Potongan jaring-jaring tersebut adalah merupakan bangun datar yang sudah bisa dicari luasnya sesuai bentuk bangun datar tersebut, setelah semua bangun datar hasil potongan tadi diketahui luasnya, maka luas permukaan bangun ruangpun dapat diketahui, yaitu jumlah seluruh luas bangun datar yang merupakan jaring-jaring bangun ruang.

Demikian, semoga bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar