Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting bagi
anak, karena dalam kehidupan nyata bermasyarakat nanti setelah dewasa,
matematika akan selalu digunakan dalam segala aspek kehidupan, untuk itu,
keberhasilan pembelajaran matematika siswa menjadi hal yang sangat penting dan
mutlak harus dicapai.
Selama ini pembelajaran Matematika secara umum pada tingkat sekolah dasar
kebanyakan dilaksanakan dengan metode ceramah, Guru enggan menggunakan media
pembelajaran atau alat peraga, dengan alasan bahwa penggunaan alat peraga atau
media pembelajaran membutuhkan biaya besar dan kurang praktis. Tanpa disadari
hal itulah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar Matematika siswa pada
umumnya.
Permasalahan yang umum terjadi di SD adalah rendahnya hasil belajar
Matematika siswa. Hal ini terbukti bila diadakan tes formatif selalu hasil
belajar Matematika di bawah rata-rata mata pelajaran lainnya. Hasil belajar
Matematika siswa lebih rendah lagi pada materi luas permukaan bangun ruang.
Luas permukaan bangun ruang adalah jumlah luas seluruh sisi-sisi bangun ruang.
Materi ini merupakan materi yang sulit bagi siswa.
Bangun ruang menurut Sumanto (2008:58) disebut juga bangun
tiga dimensi. Bangun ruang merupakan sebuah
bangun yang memiliki ruang yang dibatasi oleh beberapa sisi. Jumlah dan model
yang membatasi bangun tersebut menentukan nama dan bentuk bangun tersebut,
misalnya bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang sama ukuran dan bentuknya
disebut kubus, bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang mempunyai ukuran panjang
dan lebar/persegi panjang disebut balok dan prisma, bangun yang dibatasi oleh
sisi lengkung dan dua buah lingkaran disebut Tabung.
Jumlah serta model sisi yang dimiliki oleh sebuah
bangun tertentu merupakan salah satu sifat bangun ruang tersebut. Jadi, sifat
suatu bangun ruang ditentukan oleh jumlah sisi, model sisi, dan lain-lain.
Cara mencari luas permukaan bangun ruang adalah dengan mempelajari jaring-jaring bangun ruang itu terlebih dahulu, setelah siswa memahami dan mengetahui tentang jaring-jaring bangun ruang, kemudian siswa memotong-motong jaring-jaring bangun ruang tersebut. Potongan jaring-jaring tersebut adalah merupakan bangun datar yang sudah bisa dicari luasnya sesuai bentuk bangun datar tersebut, setelah semua bangun datar hasil potongan tadi diketahui luasnya, maka luas permukaan bangun ruangpun dapat diketahui, yaitu jumlah seluruh luas bangun datar yang merupakan jaring-jaring bangun ruang.
Demikian, semoga bermanfaat.
Cara mencari luas permukaan bangun ruang adalah dengan mempelajari jaring-jaring bangun ruang itu terlebih dahulu, setelah siswa memahami dan mengetahui tentang jaring-jaring bangun ruang, kemudian siswa memotong-motong jaring-jaring bangun ruang tersebut. Potongan jaring-jaring tersebut adalah merupakan bangun datar yang sudah bisa dicari luasnya sesuai bentuk bangun datar tersebut, setelah semua bangun datar hasil potongan tadi diketahui luasnya, maka luas permukaan bangun ruangpun dapat diketahui, yaitu jumlah seluruh luas bangun datar yang merupakan jaring-jaring bangun ruang.
Demikian, semoga bermanfaat.
{ 0 comments... read them below or add one }
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar