Metode

Posted by Unknown on Friday, May 10, 2013

Metode menurut bahasa adalah cara yang teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai hasil yang baik seperti apa yang diinginkan. (Badudu-Zain, 1994:896) dalam Kamus Bahasa Indonesia. Daliman, dkk (1996:99) berpendapat bahwa metode adalah cara yang di dalamnya merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan.

Sumantri dan Johar Permana (2001:114) berpendapat bahwa metode merupakan cara-cara yang ditempuh guru untuk menciptakan situasi pengajaran yang benar-benar menyenangkan dan mendukung bagi kelancaran proses belajar mengajar dan tercapainya prestasi belajar anak yang memuaskan. Dari kedua pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa metode adalah cara yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Pemilihan metode yang digunakan merupakan suatu hal yang penting, karena metode yang tepat dan efektif dalam menyajikan bahan pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Kekurangtepatan dalam memilih pembelajaran mengakibatkan pembelajaran menjadi membosankan dan menjenuhkan bagi siswa, sehingga hasil belajar yang harus dicapai terhambat.

Pemilihan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi atau bahan ajar. Guru harus memiliki keterampilan menerapkan berbagai macam metode pembelajaran dengan cara banyak membaca. Untuk meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan metode pembelajaran juga bisa dilakukan melalui kegiatan KKG di gugus atau di tingkat kecamatan

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar