Manfaat Intan bagi Manusia sebagai Barang Tambang

Posted by Unknown on Sunday, November 1, 2015

Model Pembelajaran SD - Manfaat Intan bagi Manusia sebagai Barang Tambang - Intan adalah batuan yang merupakan salah satu jenis mineral yang terkenal karena sangat kuat. Batu intan hanya dapat dihancurkan dengan menggunakan tanur listrik pada suhu lebih dari 2-000 derajat celcius. Batu Intan umumnya dikenal dengan istilah berlian, yaitu salah satu jenis mineral yang berbentuk batuan (batu mulia) yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Batuan Intan banyak terdapat di Afrika Tengah dan Selatan. Intan merupakan batuan yang tidak memiliki warna dan cenderung bening, namun dapat membiaskan cahaya. Karena keunikannya, intan banyak dicari sebagai koleksi maupun perhiasan yang harganya sangat mahal.

Berikut ini Manfaat Intan bagi Manusia sebagai Barang Tambang:

Manfaat Intan bagi Manusia sebagai Barang Tambang

  1. Intan sebagai perhiasan, kalung, gelang, cincin, mata batu cincin, liontin pada kalung, hiasan pada gelang, hiasan anting, hiasan pada aksesoris lainnya, seperti kacamata, ikat pinggang dan tas tangan.
  2. Intan sebagai salah satu benda koleksi. Sama seperti jenis benda koleksi lainnya, biasanya orang-orang mengkoleksi berlian dan intan karena memang suka dengan bentuk dan kemewahan dari intan itu sendiri. Biasanya mereka yang mengoleksi intan dan berlian tidak hanya menyimpannya dalam bentuk perhiasan, namun juga menyimpannya dalm bentuk berlian utuh, yang belum dipasangkan pada jenis perhiasan.
  3. Intan Sebagai Investasi. Untuk memperoleh berlian membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Begitu pula untuk menjualnya. Beberapa orang senang memanfaatkan berlian sebagai sumber investasi mereka. sama seperti semas, berlian atau intan juga memiliki sertifikat khusus, sehingga intan dapat menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Selain itu dengan harga pasar yang stabil, intan juga dapat menjadi alternative bagi anda dalam melakukan investasi.
  4. Intan Sebagai bahan industri. 80% dari intan yang diperoleh akan dihancurkan menjadi bubuk, dan dilempar ke industry, dan sisanya barulah dibuat menjadi jenis perhiasan. Bidang industri yang menggunakan bahan baku intan pun beragam, biasanya intan dibuat menjadi bubuk intan untuk kemudian menjadi bahan campuran dalam pemnbuatan berbagai macam barang berikut ini adalah beberapa jenis barang yang sering diberi capuran bubuk intan:
    Gergaji
    Pisau bedah
    Mata bor
    Alat elektronik dan bagian-bagian sirkuit elektronik
    Komponen dari pesawat terbang dan roket
    Sebagai penahan dari radiasi industri
    Menjadi bahan untuk menyerap panas
    Melindungi peralatan dan mesin dari kerusakan yang diakibatkan oleh bahan kimia

Baca juga manfaat barang tambang lainnya:


{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar