Manfaat dan Kegunaan Batu Marmer

Posted by Unknown on Monday, March 9, 2015

Model Pembelajaran - Manfaat dan Kegunaan Batu Marmer - Marmer adalah batuan metamorf yang sangat beragam, yaitu dalam kekerasan, urat, dan warnanya. Setiap potong marmer memiliki perbedaan, jarang sekali ditemukan kesamaan pada potongan marmer yang berbeda. Apalagi batuan marmer yang berbeda tempatnya, akan berbeda pula keras, urat, dan warnanya. Dari keunikan tersebut, menyebabkan batu marmer diekspor dalam jumlah besar untuk memenuhi permintaan akan batu alam.

Pada umumnya batu marmer digunakan untuk desain interior atau eksterior dari rumah atau bangunan. Selain itu, batu marmer juga bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan atau seni patung.

Selain untuk memperindah bangunan dan membuat patung, marmer juga digunakan sebagai:
  1. perabotan rumah tangga
  2. lantai rumah
  3. meja
  4. lantai kamar mandi
  5. jendela
  6. tempat perapian
  7. bahan baku pembuatan trophy atau piala yang sering kita sebut dengan piala marmer
Manfaat dan Kegunaan Batu Marmer
Daerah penghasil batu marmer terbesar di Indonesia adalah Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur.

Marmer merupakan jenis batuan yang memiliki daya tarik tersendiri. Perbedaan warna pada setiap batu marmer biasanya terdapat pada otot atau uratnya.

Urat pada batu marmer merupakan proses alami dan bukan hasil ciptaan tangan manusia. Keunikan batu marmer terletak pada wujudnya yang mengkilat dan memantulkan cahaya.

Pada dasarnya semua batu itu berwarna kusam bahkan ada beberapa jenis batu yang memiliki zat kapur sehingga terlihat lebih kusam, oleh karena itu diperlukan campur tangan manusia untuk merubah tampilan batu menjadi menarik, yaitu dengan dilakukan pemolesan dan campuran bahan kimia, sehingga akan memperlihatkan warna, corak, maupun urat alami pada batu.

Marmer dan Granit adalah bahan bangunan yang baik dan selalu menampilkan keanggunan, kecantikan pada zaman modern seperti saat ini. Banyak orang yang menggunakan marmer dan granit untuk kontruksi rumah karena:
  • mudah dibersihkan
  • tampilan warnanya selalu memukau dan spektakuler
Banyak manfaat yang didapat jika bangunan rumah atau gedung perkantoran menggunakan marmer/granit, yaitu:
  1. tahan lama
  2. tahan panas dari pada batu alam yang lainnya
  3. tahan api, resiko terbakar sangat sedikit
Manfaat barang tambang lainnya:

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar