Manfaat dan Kegunaan Tembaga

Posted by Unknown on Wednesday, January 28, 2015

Model Pembelajaran SD - Manfaat dan Kegunaan Tembaga - Tembaga merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang sangat bermanfaat dan sangat banyak peralatan sehari hari. Tembaga merupakan salah satu bahan yang juga berfungsi untuk membentuk bahan lainnya. Contohnya adalah kuningan yang merupakan campuran antara tembaga dan seng. Manfaat tembaga dalam kehidupan sehari hari sangat banyak digunakan untuk penghantar panas dalam dunia listrik.

Berikut ini manfaat dan kegunaan tembaga:
  1. Tembaga adalah salah satu jenis logam yang berwarna kekuning-kuningan, dan memiliki kemampuan sebagai penghantar yang sangat baik di kelasnya.
  2. Tembaga dimanfaatkan untuk berbagai alat listrik dan rumah tangga. Hampir semua alat rumah tangga terutama yang berhubungan dengan listrik menampilkan label terbuat dari tembaga. Karena logam ini memang sangat handal digunakan untuk penghantar listrik.
  3. Komponen utama perlengkapan handphone dan komputer dan elektronik.
  4. Komponen pembuat perhiasan. Tembaga juga dapat digunakan untuk membuat berbagai perhiasan menarik, terutama ketika dicampurkan dengan emas atau logam lainnya.
  5. Dalam bidang pertanian, logam tembaga dapat digunakan sebagai racun.
  6. Digunakan sebagai algisida (pembunuh ganggang) dalam pemurniaan air.
  7. Dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan uang logam.
  8. Campuran tembaga dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan logam lainnya.
  9. Digunakan sebagai campuran untuk menghilangkan belerang dalam pengolahan minyak.
  10. Selain sebagai komponen dan pendukung berbagai komponen dalam peralatan listrik dan perlengkapan lainnya, ada satu lagi manfaat tembaga yang sering kita dengar. Penggunaan paling populer adalah pada kabel tembaga, kabel yang di dalamnya murni kandungan tembaga sebagai penghantar listrik.
  11. Tembaga begitu banyak digunakan dalam peralatan listrik, tentu hal ini karena berbagai kelebihan yang dimiliki oleh logam ini.
  12. Penghantar panas yang handal dan cepat.
  13. Memiliki kekuatan penghantar listrik yang tinggi, cocok digunakan untuk arus listrik yang tidak stabil dan tinggi.
  14. Memiliki sifat Koefisien suhu yang baik, artinya tembaga dapat menyusut ketika suhu dingin dan memuai ketika suhu panas.
Selanjutnya

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar