Manfaat dan Kegunaan Nikel

Posted by Unknown on Wednesday, January 28, 2015

Model Pembelajaran SD - Manfaat dan Kegunaan Nikel - Apakah nikel itu? Dan apa pula kegunaannya? Nikel merupakan logam keras, ulet, bisa ditempa, dan berwarna putih keperakan. Nikel merupakan konduktor panas dan listrik yang cukup baik. Senyawa nikel umumnya bersifat bivalen, meskipun terdapat pula tingkat valensi lainnya. Penggunaan utama nikel adalah sebagai bahan pembuat logam paduan. Logam paduan nikel memiliki karakteristik kuat, tahan panas, serta tahan karat.

Berikut ini beberapa manfaat dan kegunaan nikel:
  1. Nikel digunakan antara lain dalam produk-produk industry dan konsumen, temasuk stainless steel, magnet, mata uang, baterai isi ulang, string gitar listrik dan alloy khusus.
  2. Nikel digunakan secara besar-besaran untuk pembuatan baja tahab karat dan alloy lain yang bersifat tahan korosi, seperti Invar, Monel, dan Hastelloys.
  3. Alloy tembaga-nikel berbentuk tabung banyak digunakan untuk pembuatan instalasi proses penghilangan garam untuk mengubah air laut menjadi air segar.
  4. Nikel digunakan pula dalam industri keramik.
  5. Nikel yang sangat halus, digunakan sebagai katalis untuk menghidrogenasi minyak sayur (menjadikannya padat).
  6. Pembuatan magnet elnico.
  7. Baterai Penyimpanan Edison.
  8. Koin 5 sen Amerika mengandung 75% Cu dan 25% Ni, di kanada Nikel digunakan antara 1922-1981 dengan kandungan 99,99% dan magnetik lain, di Negara lain ada juga yang menggunakan nikel untuk mata uang koin.
  9. Sekitar 65% nikel digunakan untuk membuat stainless steel, yang umumnya memiliki komposisi sebagian besar besi, 18 % kromium, dan 8 % nikel.
  10. 12% dari semua nikel digunakan sebagai elemen paduan super. Sisa 23% antara lain digunakan sebagai paduan baja, baterai isi ulang, katalis dan bahan kimia lainnya, mata uang logam, produk pengecoran, dan plating.
  11. Nikel mudah dibentuk dan bisa ditarik menjadi kawat. Logam ini tahan korosi bahkan pada suhu tinggi sehingga banyak digunakan pada turbin gas dan mesin roket.
  12. Monel adalah paduan nikel dan tembaga yang tidak hanya keras tapi bisa menahan korosi oleh air laut, sehingga ideal digunakan sebagai baling-baling kapal dan fasilitas desalinasi.
  13. Berbagai bahan pangan secara alami mengandung sejumlah kecil nikel. Cokelat dan lemak diketahui mengandung jumlah tinggi nikel.
  14. Asupan nikel akan meningkat pada orang yang makan sayuran dari tanah yang tercemar limbah nikel.
  15. Tanaman dikenal mengakumulasi nikel sehingga saat dikonsumsi akan turut dipindahkan ke dalam tubuh manusia.
  16. Perokok akan mengasup nikel lebih tinggi melalui paru-paru. Nikel juga ditemukan dalam deterjen.
  17. Dalam jumlah kecil, nikel merupakan unsur penting, tetapi ketika berada dalam konsentrasi terlalu tinggi akan membahayakan kesehatan manusia.
Asupan nikel ke dalam tubuh dalam jumlah besar akan mengakibatkan gangguan kesehatan sebagai berikut:
  1. Kemungkinan lebih tinggi mengalami kanker paru-paru, kanker hidung, kanker laring, dan kanker prostat.
  2. Sakit kepala dan pusing setelah terpapar gas nikel.
  3. Emboli paru.
  4. Kegagalan pernapasan.
  5. Janin lahir cacat.
  6. Asma dan bronkitis kronis.
  7. Reaksi alergi seperti ruam kulit, terutama dari perhiasan.
  8. Gangguan Jantung
Selanjuntnya:
 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar