Manfaat dan Kegunaan Mangaan

Posted by Unknown on Wednesday, January 28, 2015

Model Pembelajaran SD - Manfaat dan Kegunaan Mangaan - Mangan adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mn dan nomor atom 25.

Mangan termasuk unsur terbesar yang terkandung dalam kerak bumi. Biji mangan utama adalah pirolusit dan psilomelan, yang mempunyai komposisi oksida dan terbentuk dalam cebakan sedimenter dan residu. Mangan mempunyai warna abu-abu besi dengan kilap metalik sampai submetalik, kekerasan 2 – 6, berat jenis 4,8, massif, reniform, botriodal, stalaktit, serta kadang-kadang berstruktur fibrous dan radial. Mangan berkomposisi oksida lainnya namun berperan bukan sebagai mineral utama dalam cebakan bijih adalah bauxit, manganit, hausmanit, dan lithiofori, sedangkan yang berkomposisi karbonat adalah rhodokrosit, serta rhodonit yang berkomposisi silika.

Cebakan mangan dapat terjadi dalam beberapa tipe, seperti:
  1. cebakan hidrotermal
  2. cebakan sedimenter
  3. cebakan yang berasosiasi dengan aliran lava bawah laut
  4. cebakan metamorfosa
  5. cebakan laterit dan akumulasi residu.
Berikut ini manfaat dan kegunaan mangaan:
  1. Sekitar 90% mangan dunia digunakan untuk tujuan metalurgi, yaitu untuk proses produksi besi-baja
  2. Penggunaan mangan untuk tujuan non-metalurgi antara lain untuk produksi baterai kering, keramik dan gelas, kimia, dan lain-lain.
  3. Sebagai depolariser
  4. Sebagai sel kering baterai
  5. Untuk menghilangkan warna hijau pada gelas.
  6. bahan dasar industri baterai.
  7. bahan dasar indutri korek api.
Potensi cadangan bijih mangan di Indonesia cukup besar, namun terdapat di berbagai lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Potensi tersebut terdapat di Pulau Sumatera, Kepulauan Riau, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Selanjutnya:

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar