Manfaat dan Kegunaan Besi

Posted by Unknown on Wednesday, January 28, 2015

Model Pembelajaran SD - Manfaat dan Kegunaan Besi - Besi adalah unsur logam yang bernilai ekonomis tinggi karena sifat-sifat fisiknya yang mudah ditempa, dimodifikasi, dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan hidup manusia, baik untuk industri berat maupun ringan dan bahkan untuk peralatan militer.

Dalam referensi Islam nama besi disebut dalam al-Quran sebagai nama salah satu surah yang ada, yaitu al-hadid ayat ke-25. Besi yang memiliki kekuatan yang hebat dan banyak kemanfaatannya bagi manusia. Dalam sistem periodik unsur, simbol dari unsur besi adalah Fe. Simbol Fe diambil dari nama Ferrum, sesuai dengan aturan tata nama unsur dimana huruf pertama memakai huruf besar dan huruf kedua memakai huruf kecil, setelah simbol F dipakai untuk simbol unsur Fluorine.

Berikut ini manfaat dan kegunaan besi:
  1. Pekerjaan-pekerjaan konstruksi tidak dapat terlepas dari pemanfaatan besi, demikian pula industri auto motif dan permesinan.
  2. Dalam pengolahan bijih besi, Indonesia memiliki Krakatau Steel yang telah banyak berperan dalam menunjang pembangunan dan kebutuhan besi-baja, baik untuk keperluan dalam negeri maupun untuk di ekspor.
  3. Penemuan dan pemanfaatan logam besi dan logam-logam lainya memiliki arti penting untuk mendukung kemajuan peradaban umat manusia.
  4. Besi merupakan salah satu mikronutrien penting bagi makhluk hidup.
  5. Besi amat penting bagi semua organisme, kecuali bagi sebagian kecil golongan bakteri.besi sebagian besar terikat dengan stabil dalam logam protein (metalloprotein), karena besi dalam keadaan bebas dapat menyebabkan terbentuknya radikal bebas yang bersifat toksik pada sel.
  6. Besi merupakan logam yang paling penting sepanjang sejarah umat manusia sejak peradaban Mesopotamia purba sampai sekarang. Tidak ada logam lain yang jumlah pemakaiannya melebihi besi. Dewasa ini besi merupakan tulang punggung peradaban modern.
  7. Dalam kehidupan sehari-hari besi banyak sekali manfaatnya, seperti untuk peralatan masak di dapur.
  8. Peralatan perang
  9. Tiang listrik
  10. Penangkal petir
  11. Pipa saluran
  12. Peralatan mesin
  13. Sebagai tulang beton
  14. Untuk bahan rangka atap
  15. Pagar rumah
  16. Bahan bangunan jembatan
  17. Ventilasi rumah
  18. Rel kereta api
Sebelumnya:
6. Manfaat dan Kandungan Mangaan

Selanjutnya:

{ 1 comments... read them below or add one }

daniel said...

Kalau untuk di jual kembali ga masuk ya pak? kan banyak tu yang lagi nyari besi, apalagi pas habis kebakaran disebuah rumah....menjamur dah tu yang nyari besi

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar