Sebutkan Contoh Tumbuhan yang Memiliki Ciri Khusus dan Sebutkan Cirinya

Posted by Unknown on Monday, September 22, 2014

Sebutkan Contoh Tumbuhan yang Memiliki Ciri Khusus dan Sebutkan Cirinya! - Tumbuhan memiliki ciri khusus dengan tujuan untuk mempertahankan hidupnya dari lingkungannya.

Tumbuhan yang ada di sekitar kita sangat beragam. Keragaman itu disebabkan, salah satunya oleh lingkungan tempat hidupnya. Ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut bermanfaat untuk mempertahankan hidup. Berikut beberapa tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus, yaitu tumbuhan kaktus dan tumbuhan pemakan serangga.

1. Ciri Khusus yang Dimiliki Kaktus

Biasanya di tempat-tempat penjual tanaman hias dijual tumbuhan kaktus. Apakah ciri-ciri khusus tumbuhan kaktus? Di daerah manakah tumbuhan kaktus tumbuh?

Tumbuhan kaktus merupakan jenis tumbuhan yang hidup di daerah kering atau kurang air. Oleh karena itu, kaktus memiliki batang yang banyak mengandung air. Air tersebut berguna untuk cadangan di musim kering. Di samping itu, bentuk daun kaktus pun kecil, seringkali berbentuk duri. Dengan bentuk seperti itu, kaktus dapat mengurangi penguapan air dari dalam tubuh.

Sebutkan Contoh Tumbuhan yang Memiliki Ciri Khusus dan Sebutkan Cirinya

2. Ciri Khusus yang Dimiliki Tumbuhan Pemakan Serangga (kantong semar dan kejora)

Ada beberapa tumbuhan di alam yang tidak dapat memenuhi semua kebutuhan unsur makanan yang diperlukan melalui akar. Tumbuhan seperti apakah itu? Dengan cara apa tumbuhan tersebut mendapatkan makanan selain melalui akar?

Tumbuhan yang mengalami hal tersebut adalah tumbuhan kantong semar dan tumbuhan kejora atau Venus. Tumbuhan kantong semar dan tumbuhan kejora (Venus) tidak dapat mencukupi kebutuhan nitrogen. Keadaan tanah tempat tinggalnya sangat kekurangan unsur nitrogen. Untuk memenuhinya, kantong semar dan kejora menangkap serangga. Serangga mengandung banyak nitrogen.

Cara yang dilakukan, yaitu dengan menghasilkan cairan pada bagian daun untuk menarik perhatian serangga. Pada kantong semar, serangga akan masuk ke dalam kantong dan terperangkap di dalamnya. Bagian dalam daun mengandung lapisan mirip lilin sehingga serangga terpeleset.

Sedangkan pada tumbuhan kejora, serangga yang hinggap dan menyentuh ''lengan daun'' akan terperangkap karena daun akan menutup dengan cepat. Kemudian, serangga tersebut akan dicerna oleh cairan yang dihasilkan oleh daun kejora.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar