Apa saja Ciri Khusus yang Dimiliki Cecak

Posted by Unknown on Sunday, September 21, 2014

Apa saja Ciri-Ciri Khusus yang Dimiliki Cecak -  Hewan-hewan yang ada di sekitar kita sangat beragam. Hewan-hewan itu pun hidup di lingkungan yang berbeda-beda. Pada umumnya, hewan memiliki ciri-ciri khusus, yang dapat membedakan dengan hewan lain. Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa hewan yang memiliki ciri khusus. Misalnya, kelelawar, cecak, dan bebek

Selain kelelawar, cecak juga merupakan hewan ajaib yang memiliki ciri-ciri khusus dalam mempertahankan hidupnya di lingkungannya.

Cecak banyak kita temukan merayap di dinding rumah. Cecak merayap di dinding ketika sedang mencari makanannya. Cecak merupakan reptilia (hewan melata) yang hidup di pohon atau di rumah. Makanan cecak ialah serangga, seperti nyamuk. Nyamuk merupakan serangga yang dapat terbang, sedangkan cecak tidak dapat terbang. Bagaimana cecak dapat menangkap nyamuk?

Ternyata, cecak telah memiliki ciri khusus, sehingga cecak dapat bertahan hidup di lingkungannya. Apakah ciri khusus yang dimiliki oleh cecak? Mungkin kita sering melihat cecak yang merayap di dinding. Cecak tersebut dapat merayap tanpa jatuh. Bahkan, cecak dapat merayap di langit-langit rumah tanpa jatuh. Seolah-olah badan dan kakinya menempel pada dinding atau langit-langit.

Pada telapak kaki cecak terdapat bagian menonjol yang berbentuk garis. Bagian itu berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap untuk mendekati serangga yang sedang hinggap di dinding atau di langit-langit.

Setelah cukup dekat dengan serangga yang akan dimangsanya, dengan cepat, cecak akan menangkap serangga dengan lidahnya. Jadi, lidah cecak pun merupakan ciri khusus yang dimiliki cecak. Cecak memiliki lidah yang panjang dan lengket. Oleh karena itu, dengan sekali menjulurkan lidahnya, serangga langsung menempel pada lidahnya dan dilahapnya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar