Memperkenalkan Teknologi kepada Siswa SD melalui Study Tour

Posted by Unknown on Monday, March 24, 2014

Study Tour atau kayra wisata merupakan suatu bentuk pembelajaran bagi siswa yang dilaksanakan di luar kelas. Kegiatan karya wisata ini sangat berarti bagi anak atau siswa, karena siswa dapat mengetahui secara langsung terhadap materi yang biasanya diajarkan melalui ceramah atau melalui media gambar saja. Dengan kegiatan study tour, guru dapat memperkenalkan teknologi pada para siswanya.


Selain teknologi, siswa juga dapat mengetahui tempat-tempat penting dan bersejarah di wilayah Indonesia. Namun keuntungan yang sedemikian banyak ini terhambat karena mahalnya biaya transportasi, mungkin bagi sebagian orang tua wali murid itu ringan, namun bagi sebagian lagi terasa sangat berat. Melihat pentingnya kegiatan study tour, pihak sekolah berupaya mencari solusi permasalahan tersebut dengan subsidi silang, mengingat pentingnya kegiatan tersebut bagi siswa.

Tempat-tempat yang bisa dikunjungi oleh siswa sebagai tujuan karya wisata di Jawa Tengah (Yogyakarta), antara lain Taman Pintar, Monumen Jogja Kembali (Monjali), Kebun Binatang Gembiraloka, Museum Dirgantara, Candi Prambanan, Candi Borobudur, Marioboro, Keraton Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Di Taman pintar, anak bisa mendapatkan pembelajaran tentang teknologi. Di Kebun Binatang Gembira Loka, siswa dapat mengenal berbagai macam satwa, baik satwa Indonesia maupun luar negeri. Di Candi Prambanan dan Borobudur, siswa dapat mengenal dan mengetahui sejarah.

{ 1 comments... read them below or add one }

Mang Lembu said...

studi tour bagi siswa SD adalah bagian yang sulit untuk dilupakan, apalagi kalau studi tournya diisi oleh hal hal keilmuan dan teknologi, pasti bakalan nempel banget deh untuk mereka

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar