Letak Indonesia secara Geografis Geologis Astronomis

Posted by Unknown on Monday, March 24, 2014

Secara geografis, negara Indonesia adalah merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia yang berada di kawasan Asia Tenggara. Negara Indonesia memiliki posisi yang sangat strategis karena diapit oleh 2 buah samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Pada bagian utara Negara Indonesia dikelilingi oleh Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik. Bagian Selatan dan bagian Barat, Indonesia dikelilingi oleh Samudra Hindia. Wilayah Indonesia berada pada posisi yang menguntungkan, karena berada pada posisi silang yang sangat mendukung dalam hal perekonomian dan iklim yang menguntungkan.


Secara geologis, wilayah negara Indonesia dilalui oleh 2 jalur pegunungan muda dunia, yaitu Pegunungan Maditerania pada sebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur. Oleh karena itu wilayah Indonesia memiliki banyak pegunungan yang aktif dan tidak aktif, sehingga wilayah Indonesia memiliki tanah yang sangat subur, akan tetapi menjadi rawan terhadap bencana alam gempa bumi dan tsunami.

Secara astronimis, wilayah Indonesia berada pada koordinat 6 derajat LU (Lintang Utara) - 11 derajat LS (Lintang Selatan) dan 95 derajat BT (Bujur Timur, yang dilintasi oleh garis ekuator 0 derajat atau yang lebih dikenal dengan sebutan garis khatulistiwa.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar