Sandi Arab Sandi Ular Sandi Awal Akhir Sandi Tengah dalam Pramuka

Posted by Unknown on Saturday, February 22, 2014

Pramuka adalh singkatan dari Praja Muda Karana. Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi siswa sekolah. Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler yang melatih siswa untuk mandiri, disiplin, tangguh, berhati mulia, suka menolong, pantang menyerah, dan masih banyak lagi kompetensi yang diajarkan dalam pramuka.

Pramuka itu unik, meski membawa pendidikan karakter yang kuat, dalam kegiatan kepramukaan, siswa tidak lupa diajak untuk bergembira, cermat, smart, dan teliti dalam segala hal. Salah satunya adalah pembelajaran dalam hal sandi atau bahasa isyarat.

Bahasa Isyarat merupakan kode dalam setiap kegiatan pramuka yang digunakan untuk mengirimkan pesan kepada teman atau orang lain. Bahasa Isyarat digunakan untuk saling berkomunikasi dalam sebuah pesan yang awalnya bersifat rahasia.

Bahasa isyarat yang diajarkan kepada siswa dalam kepramukaan di sekolah biasanya berupa sandi, morse, dan semaphore. Bahasa isyarat ini merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh para anggota pramuka.

SANDI

Sandi pada awalnya merupakan sebuah bahasa rahasia. Sesuai perkembangannya, sekarang ini sandi dalam kepramukaan bukan rahasia lagi karena semua orang sudah mengetahuinya. Bentuk sandi dalam pramuka sangat banyak, misalnya sandi arab, sandi ular atau sandi ular berjalan, sandi awal akhir, sandi tengah, dan masih banyak lagi.

SANDI ARAB

Sandi Arab merupakan sebuah sandi atau bahasa isyarat yang harus dibaca dari belakang atau terbalik sebagai mana orang membaca tulisan Arab.

Contoh Sandi Arab:

AKUMARP AMRAHD ASAD

kalau dibaca dari belakang, maka menjadi:

DASA DHARMA PRAMUKA

SANDI ULAR atau SANDI ULAR BERJALAN
Cara membaca sandi ular adalah membacanya dengan mengikuti cara jalan ular, yaitu berbelok-belok atau meliuk-liuk.
Contoh sandi ular:
P   M   U   R   A
R   A   D   A   N
A   J    A   K   A

Dibaca: PRAJA MUDA KARANA

SANDI KATAK
Cara membaca sandi katak adalah dengan meloncat, atau seperti membilang loncat pada pembelajaran matematika, bisa loncat satu, loncat dua, dan seterusnya.

SANDI TENGAH

Contoh: APA   ORA   TAU   DEMAM   KUR   MAKAN   CAT
Dibaca: PRAMUKA

SANDI AWAL

Contoh: PADA   RABU   AKU   MAKAN   UDANG   KERING   ANGET

Dibaca: PRAMUKA

SANDI AKHIR

Contoh: SIAP   BIAR   KITA   LEBAM   KAMU   TIDAK   APA
Dibaca: PRAMUKA


MORSE
Morse merupakan bahasa isyarat yang ditemukan oleh Morse, yaitu orang Amerika yang menemukan sebuah cara agar setiap manusia dapat saling berhubungan. Cara tersebut ditemukannya pada tahun 1837 tetapi baru dapat diterima untuk dipergunakan di seluruh dunia tahun 1851 dalam Konferensi Internasional. Morse dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:
  1. Suara (peluit)
  2. Cahaya (lampu senter)
  3. Tulisan (tanda titik dan tanda hubung atau setrip . -)
  4. Bendera morse.

SEMAPHORE
Semaphore adalah pengiriman berita dengan menggunakan dua helai bendera yang diberi kayu atau bambu sebagai pegangan dan dilakukan dengan diayunkan kearah tertentu sesuai kode. Semaphore diciptakan oleh Tuan Semaphore. Ukuran bendera Semaphore adalah 45x45 cm yang terbagi menjadi dua buah warna, yaitu warna tua dan warna muda yang dibatasi dengan garis diagonal. Cara pemasangan bendera semaphore pada stik adalah warna tua berada pada posisi dekat stik. Contoh bendera semaphore adalah Merah-kuning, biru-kuning, hijau-putih, dan lain-lain sesuai dengan latar belakang tempat. Ukuran Stik Semaphore adalah 60 cm bisa terbuat dari kayu, bambu, rotan, besi, atau alumunium.

Yang sering kita lihat, bendera semaphore berwarna merah dan kuning. Mengapa kebanyakan bendera semaphore berwarna merah dan kuning? Warna merah dan kuning adalah warna yang cocok dengan berbagai background atau latar belakang berbagai tempat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar