Contoh Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran

Posted by Unknown on Friday, October 4, 2013



Dalam membuat laporan penelitian PTK sebagai tugas akhir mata kuliah PKP Pemantapan Kemampuan Profesional, seorang guru tidak luput harus merancang Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran. Berikut ini contoh rancangan  Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran.

Daur penelitian dimulai dengan merencanakan yang merupakan langkah pertama yang menjadi acuan pelaksanaan tindakan. Tahap tindakan sebagai langkah kedua dan merupakan proses pembelajaran. Tindakan perencanaan ini perlu diobservasi agar tindakan yang dilakukan dapat diketahui kualitasnya.
 
Berdasarkan pengalaman tersebut, maka akan dapat ditentukan apakah ada hal-hal yang segera diperbaiki agar tindakan dapat mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Setelah pengamatan dilakukan selama proses tindakan berlangsung, hasil pengamatan didiskusikan dengan teman sejawat guna mendapat refleksi. Refleksi dilakukan dengan cara merenungkan kembali proses pembelajaran, baik mengenai kekurangannya maupun keberhasilan pembelajaran bagi siswa. Dengan demikian akan dapat diketahui kelemahan tindakan pembelajaran yang perlu diperbaiki pada daur ulang berikutnya. Daur PTK tersebut perlu didesain lebih lanjut agar kelemahan dapat diminimalkan, sehingga secara kronologis peneliti dengan mudah melakukan perbaikan pembelajaran sesuai dengan daur ulang dalam tiga siklus.


Dalam melakukan perbaikan pembelajaran dimulai dari ide awal, studi pendahuluan yang meliputi proses pembelajaran, tes diagnostic sebagai data awal, analisis dokumen kelas, wawancara dengan siswa, dan diskusi dengan supervisor. Selanjutnya dilakukan pemantapan antara lain refleksi, studi literature, dan diskusi dengan supervisor tentang alat peraga kongkret dan materi pembelajaran aktif. Kemudian dilakukan persiapan penyusunan RPP, tes formatif, lembar observasi, LKS, observer, dan simulasi. Melakukan tindakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Apabila siklus I belum berhasil maka dilakukan perbaikan siklus II, apabila siklus II. Pada perbaikan pembelajaran siklus II telah berhasil dan perbaikan pembelajaran berhenti di siklus II. 
Prosedur perbaikan pembelajaran selanjutnya dirancang dalam urutan tahapan sebagai berikut: 1) Mengidentifikasi masalah, menganalisis, merumuskan masalah, dan merumuskan hipotesis; 2) Menemukan cara memecahkan masalah/tindakan perbaikan; 3) Merancang scenario tindakan perbaikan yang dikemas dalam RPP; 4) Mendiskusikan aspek-aspek yang diamati dengan teman sejawat yang ditugasi sebagai Pengamat (observer); 5) Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan scenario yang telah dirancang dan diamati oleh teman sejawat; 6) mendiskusikan hasil pengamatan dengan teman sejawat; 7) Melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan; 8) konsultasi dengan supervisor; 9) Merancang tindak lanjut; 10) Re-planning dan seterusnya sampai mencapai batas kriteria yang telah ditetapkan.
 
Demikian Contoh Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran, semoga bermanfaat

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar