Abstrak - Rinoto-816920974. Upaya Peningkatan Hasil Belajar
IPA tentang Pengaruh Energi melalui Penggunaan Metode Inkuiri di Kelas III SD
Negeri Tambaharjo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Program Studi S1
PGSD. FKIP. Universitas Terbuka. UPBJJ-Purwokerto. 2011.
Rumusan masalah yang disusun adalah “Apakah penggunaan metode
inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III terhadap materi
pembelajaran IPA tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan
sehari-hari?”
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperoleh informasi
faktual tentang penggunaan metode inkuiri terhadap peningkatan hasil belajar
siswa.
Prosedur Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui proses
beralur terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3)
Observasi; dan 4) refleksi.
Dari analisis data diketahui bahwa pada setiap siklus terjadi
peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada studi awal, siswa yang
mencapai ketuntasan baru 48%. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan
mengalami kenaikan 12% dari studi awal menjadi 60%. Pada siklus II siswa yang
mencapai ketuntasan mengalami kenaikan 12% dari siklus I menjadi 72%, dan pada
siklus III mengalami kenaikan 28% menjadi 100%. Hal yang sama juga terjadi pada
kesungguhan belajar siswa.
Berdasarkan hasil
analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan metode inkuiri
mampu mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran; Penggunaan metode
inkuiri mampu meningkatkan kesungguhan siswa dalam belajar; Penggunaan metode
inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa
{ 0 comments... read them below or add one }
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar