Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Energi melalui Penggunaan Metode Inkuiri di Kelas III SD Negeri Tambaharjo Abstrak

Posted by Unknown on Thursday, August 29, 2013

Abstrak - Rinoto-816920974. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Energi melalui Penggunaan Metode Inkuiri di Kelas III SD Negeri Tambaharjo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Program Studi S1 PGSD. FKIP. Universitas Terbuka. UPBJJ-Purwokerto. 2011.
Rumusan masalah yang disusun adalah “Apakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III terhadap materi pembelajaran IPA tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari?”


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperoleh informasi faktual tentang penggunaan metode inkuiri terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Prosedur Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui proses beralur terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) Observasi; dan 4) refleksi.
Dari analisis data diketahui bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada studi awal, siswa yang mencapai ketuntasan baru 48%. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan mengalami kenaikan 12% dari studi awal menjadi 60%. Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan mengalami kenaikan 12% dari siklus I menjadi 72%, dan pada siklus III mengalami kenaikan 28% menjadi 100%. Hal yang sama juga terjadi pada kesungguhan belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan metode inkuiri mampu mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran; Penggunaan metode inkuiri mampu meningkatkan kesungguhan siswa dalam belajar; Penggunaan metode inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar