Manfaat dan Kegunaan Hasil Barang Tambang

Posted by Unknown on Wednesday, January 28, 2015

Model Pembelajaran SD - Manfaat dan Kegunaan Hasil Barang Tambang - Hasil tambang sangat beragam jenisnya, di antaranya adalah Emas, Timah, Tembaga, Nikel, Bouksit, Mangaan, Besi, Pasir kuarsa, Batu kapur, Marmer, Asbes, Mika, Intas, Gibs, Belerang, Fosfat, Kerosin, Avtur, LPG, dan Batubara.

Berikut ini manfaat dan keguanaan masing masing hasil tambang di atas:

1. Manfaat dan kegunaan Emas

Emas adalah logam mulia yang memiliki beberapa sifat unik, seperti lunak dan mudah dibentuk, mampu menghantarkan listrik, memiliki kilau alami, serta mudah dicampur dengan logam lain.
  1. Perhiasan. Karena keindahannya dan ketahanannya, maka saat ini emas lebih umum digunakan untuk perhiasan. Sekitar 78% persen dari total penggunaan emas setiap tahunnya digunakan untuk membuat berbagai perhiasan cantik.
  2. Investasi. Nilainya yang tinggi dan cenderung meningkat setiap tahunnya membuat banyak orang tertarik untuk menjadikan emas sebagai alat investasi. Umumnya mereka akan berinvestasi dalam bentuk emas batang dan koin emas.
  3. Kedokteran Gigi. Selain sebagai perhiasan dan investasi emas juga memiliki peran penting di dunia kesehatan. Emas merupakan logam yang sangat pas untuk dijadikan tambalan, crown gigi, dan peralatan ortodentik karena tidak dapat menimbulkan reaksi kimia dan alergi. Emas ternyata sudah digunakan di dunia kedokteran gigi sejak tahun 700 SM dan kemungkinan besar akan terus digunakan di masa datang untuk memperbaiki gigi yang rusak karena keunggulannya tersebut.
  4. Elektronik dan Komputer. Emas adalah konduktor yang sangat baik dan mampu menghantarkan muatan listrik kecil. Oleh karena itulah emas digunakan hampir pada setiap peralatan elektronik seperti TV dan handphone. Emas juga sering digunakan pada komputer untuk menransfer data secara cepat.
  5. Penerbangan. Emas juga memiliki peran penting di bidang penerbangan. Emas digunakan untuk melapisi bagian dalam kendaraan ruang angkasa serta bagian dalam helm astronot untuk melindungi para awak kapal dari panas sinar matahari yang berbahaya.
  6. Medali dan Penghargaan. Emas adalah logam yang sangat indah dan begitu berharga. Karena keindahan dan kemewahannya tersebut, maka emas pun juga dinilai menjadi logam yang paling sesuai untuk membuat benda-benda penting seperti mahkota dan medali untuk berbagai macam pernghargaan, mulai dari Academy Awards hingga Olimpiade.
Selanjuntnya 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar