Apakah yang Dimaksud dengan Fertilisasi Eksternal dan Fertilisasi Internal?

Posted by Unknown on Saturday, November 8, 2014

Apakah yang Dimaksud dengan Fertilisasi Eksternal dan Fertilisasi Internal? - Apakah hewan dapat berkembang biak? Apakah perkembangbiakan hewan sama dengan manusia? Hewan memiliki dua tipe perkembangbiakan, yaitu secara kawin (generatif) dan secara tidak kawin (vegetatif).

Perkembangbiakan secara kawin pada hewan terjadi karena adanya pembuahan sel telur oleh sel sperma. Sel sperma dihasilkan hewan jantan. Adapun sel telur dihasilkan hewan betina.

Berdasarkan caranya, pembuahan pada hewan dibedakan menjadi dua. Pertama, pembuahan di luar tubuh. Kedua, pembuahan di dalam tubuh.

1. Pembuahan di Luar Tubuh (Fertilisasi Eksternal)

Pembuahan di luar tubuh terjadi karena penggabungan sel telur dan sperma terjadi di luar tubuh induknya. Contohnya, pada ikan dan katak.

Apakah yang Dimaksud dengan Fertilisasi Eksternal dan Fertilisasi Internal?

2. Pembuahan di dalam Tubuh (Fertilisasi Internal)

Pembuahan di dalam tubuh artinya penggabungan sel telur dan sel sperma terjadi di dalam tubuh induknya. Pembuahan di dalam tubuh terutama terjadi pada kelompok reptilia (hewan melata), unggas, dan mamalia (hewan menyusui).

Jadi Fertilisasi Eksternal adalah perkembangbiakan hewan dengan cara pembuahan di luar tubuh terjadi karena penggabungan sel telur dan sperma terjadi di luar tubuh induknya.

Fertilisasi Eksternal adalah perkembangbiakan hewan dengan cara pembuahan di dalam tubuh terjadi karena penggabungan sel telur dan sperma terjadi di dalam tubuh induknya.

Jangan lupa baca juga:

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar