Sebutkan 4 Macam Tumbuhan sebagai Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui!

Posted by Unknown on Monday, October 6, 2014

Sebutkan 4 Macam Tumbuhan sebagai Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui! - Sumber daya alam yang dapat diperbaharui ada banyak macamnya di dunia ini, salah satunya adalah tumbuhan.

Tumbuhan atau tanaman sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu:
  1. Tanaman pertanian. Tanaman pertanian merupakan tanaman hasil pertanian yang meliputi hasil sawah, tegal dan ladang. Contoh tanaman pertanian adalah padi, sayur-sayuran, buah-buahan, gandum dan ubi.
  2. Tanaman perkebunan. Tanaman perkebunan terdiri dari tanaman perkebunan di dataran tinggi dan di dataran rendah. Contoh tanaman perkebunan di dataran tinggi adalah cengkih, teh dan tembakau. Sedangkan contoh tanaman perkebunan di dataran rendah adalah kelapa, karet, tebu, dan kelapa sawit. Masing-masing tanaman perkebunan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Misalnya karet digunakan untuk membuat ban, tebu untuk membuat gula dan kelapa sawit untuk membuat minyak goreng.
  3. Tanaman hutan. Tanaman hutan merupakan tanaman yang tumbuh di hutan. Tanaman hutan biasanya tidak dipelihara manusia. Tanaman hutan banyak diambil kayunya sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Sebagai contoh adalah kayu jati, kayu kruing, kayu meranti, dan rotan.
  4. Tanaman air. Tanaman air yang banyak dimanfaatkan antara lain rumput laut dan alga. Rumput laut dimanfaatkan untuk membuat agar-agar. Sedangkan alga ada yang langsung dikonsumsi. Ada pula jenis alga tertentu yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan, kosmetik dan industri makanan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar