Tantangan Berat Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013

Posted by Unknown on Monday, August 25, 2014

Tantangan Berat Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 adalah merupakan tantang bagi para pendidik (Guru) yang cukup berat karena selain merupakan barang baru, kurikulum 2013 juga membawa misi kemanusiaan yang sangat komplek dan mendasar sebagai mana tujuan pengembangan kurikulum 2013 itu sendiri.

Tujuan pengembangan kurikulum adalah untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga  negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Dalam pelaksanaannya guru dituntut untuk bekerja keras, harus mau banyak belajar, dan penuh dengan kreatifitas.


Berikut ini kata-kata bijak, motto pendidikan, dan pemicu semangat para pendidik agar siap menghadapi tantangan kurikulum 2013:
  1. Semua anak memiliki cita-cita dan impian. Kita bertugas membantu mereka menggapai impiannya. Dan biarlah mereka mengubah dunia (Diadaptasi: Steve Jobs).
  2. APAKAH ANDA MASIH MEMILIKI MIMPI YANG HARUS DIWUJUDKAN? SIAPA DIANTARA ANDA YANG  MENULISKAN  IMPIAN  SEBAGAI RENCANA MASA DEPAN?
  3. Keberanian untuk merawat mimpi adalah separuh jalan menuju keberhasilan. Selebihnya adalah semangat dan kerja keras untuk meraih hasil terbaik (NOAH).
  4. Berikan aku soal-soal  yang paling sulit dan aku akan belajar. Karena belajar hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang bukan penakut. (Andrea Hirata).
  5. Education is the lifeself (John Dewey) artinya Pendidikan adalah kehidupan itu sendiri.
  6. Jangan ajarkan yang kamu tahu, Jangan juga ajarkan yang kamu mau, Tapi ajarkan dirimu yang sebenarnya (Bung Karno).
  7. OSCAR “SI KAKI CARBON” “Kita bukannya tidak mampu karena TIDAK  memiliki kemampuan, melainkan kita MAMPU karena memiliki kemampuan”.
  8. Kita tidak mungkin memiliki banyak  peluang pada semua  bidang. Mungkin kita hanya memiliki satu peluang pada satu bidang. Namun kita dapat membuat satu peluang tersebut dengan sebaik-baiknya dan memberikan sumbangan bagi kemajuan dunia. (Steve Jobs).
  9. JIKA KITA DAPAT MELAKUKAN  DENGAN LEBIH BAIK, BAGUS SAJA BELUM CUKUP. If you can do better, good is not enough (Nenek Farah Grey).
  10. Kita bukan orang besar. Kita tidak dapat menghasilkan karya-karya besar. Tetapi, kita dapat menghasilkan karya-karya kecil……. dengan CINTA yang besar. (Bunda Teresa).
  11. Pekerjaan biasa, Jika dikerjakan dengan cara-cara luar biasa, Akan menghasilkan karya yang luar biasa. (Starbuck Experience).
  12. Sukses bukanlah melakukan pekerjaan-pekerjaan luar biasa, melainkan melakukan pekerjaan biasa dengan cara-cara yang luar biasa bagus. (Zespri NZ).
  13. JIKA ANDA MENGINGINKAN SESUATU YANG BELUM PERNAH ANDA MILIKI, ANDA HARUS MELAKUKAN SESUATU YANG BELUM PERNAH ANDA LAKUKAN (Thomas Jefferson).
  14. Pekerjaan akan terasa sangat mudah ketika anda lakukan, bukan hanya dibayangkan. Just do it.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar