Pengertian Profesi Profesional profesionalisme Profesionalitas Profesionalisasi

Posted by Unknown on Wednesday, February 12, 2014

  • Profesi
Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) dari para anggotanya, artinya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Misalnya untuk mengoperasi seorang yang mengidap penyakit kanker, dibutuhkan seorang dokter spesialis bedah yang memiliki kemampuan yang diperoleh dari pendidikan khusus untuk itu. Keahlian diperoleh melalui apa yang disebut profesionalisasi, yang dilakukan baik sebelum seseorang menjalani profesi itu (pendidikan, latihan, prajabatan) maupun setelah menjalani suatu profesi (inservice training).
  • Profesional
Profesional mengarah pada 2 ha, yaitu:
  1. Orang yang menyandang suatu profesi, misalnya, "Joko seorang yang profesional".
  2. Penampilan seseorang dalam melakukan pekerjaannya yang sesuai dengan profesinya.
Pada pengertian kedua, istilah profesional dikontraskan dengan non-profesional atau sering disebut amatiran. Dalam kegiatan sehari-hari seseorang yang profesional melakukan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang telah dimilikinya, jadi tidak asal tahu saja.
  • Profesionalisme
Profesionalisme mengarah pada komitmen para anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dan terus menerus mengambangkan strategi-strategi yang digunakannya dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan profesinya.
  • Profesionalitas
Profesionalitas, di pihak lain, mengacu pada sikap para anggota profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dalam rangka melakukan pekerjaannya. jadi seorang profesional tidak mau mengerjakan sesuatu yang memang bukan bidangnya. Misalnya seorang guru akan selalu memberikan pelayanan yang baik kepada murid-muridnya.
  • Profesionalisasi
Profesionalisasi, mengacu pada proses peningkatan kualifikasi maupun kemampuan para anggota profesi dalam mencapai kriteria yang standar dalam penampilannya sebagai suatu profesi. Profesionalisasi pada dasarnya merupakan serangkaian proses pengembangan profesional (profesional development), baik dilakukan melalui pendidikan/latihan prajabatan maupun latihan dalam jabatan (inservice training). Oleh karena itu, profesionalisasi merupakan proses yang sepanjang hayat (life long) dan tidak pernah berakhir  (never ending), selama seseorang telah menyatakan dirinya sebagai warga suatu profesi.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar