MATEMATIKA ADALAH

Posted by Unknown on Thursday, October 10, 2013

Matematika adalah salah satu mata pelajaran di sekolah dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah lanjutan atas. Dalam beberapa kasus matematika banyak diangkat untuk dijadika kajian penelitian karena banyak yang menduga bahwa matematika adalah mata pelajaran yang paling sulit untuk dipelajari. Barikut ini pengertian matematika menurut para ahli:




  1. Yang pertama pengertian Matematika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan.
  2. Yang kedua pengertian matematika menurut James dan James (1976), matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang saling berhubungan satu sama lainnya dengan jumlah yang banyaknya terbagi ke dalam 3 bidang, yaitu bidang aljabar, bidang analisis, dan bidang geometri. 
  3. Yang ketiga pengertian matematika menurut Johnson dan Rising (1972), matematika adalah pola berfikir, pola mengorganisasikan pembuktian yang logik.
  4. Yang keempat pengertian matematika menurut Reys dkk (1984), matematika adalah telaahan tentang pola dan hubungan suatu jalan atau pola berfikir, suatu seni, suatu bahasa, dan suatu alat. 
  5. Yang kelima pengertian matematika menurut Ruseffendi (1992: 27), matematika adalah merupakan ilmu deduktif yang tidak menerima generalisasi yang didasarkan pada pengamatan atau observasi (induktif) tetapi generalisasi itu harus didasarkan pada pembuktian secara deduktif.
Alasan lain matematika diangkat sebagai bahan penelitian adalah pentingnya fungsi matematika dalam kehidupan manusia sehari-hari. Hampir semua aspek kehidupan berhubungan dengan matematika, yaitu masalah hitung-menghitung.

Demikian pengertian matematika menurut para ahli, semoga bermanfaat

{ 2 comments... read them below or add one }

Claresta said...

Matematika sangat penting untuk dipelajari dan sangat berguna dalam berbagai aspek kehidupan sehari2...
Makasih utk informasi yg sangat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan,,,
salam sukses aja mas,,,

Unknown said...

Memang Mba' Indri, Semua aspek kehidupan tak lepas dari ilmu matematika, bagi siswa sekolah, mata pelajaran lain mempunyai keterkaitan dan juga tidak lepas dari matematika

Menurut suatu sumber, matematika juga dapat mengasah otak kita menjadi tajam dan terlatih untuk memecahkan suatu permasalahan

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar