Pemantapan Kemampuan Mengajar PKM

Posted by Unknown on Friday, May 10, 2013



Pemantapan Kemampuan Mengajar atau yang lebih dikenal dengan sebutan PKM adalah merupakan salah satu Mata Kuliah Kulminatif pada Program PPKHB sebuah perguruan tinggi untuk membekali mahasiswanya dalam  keterampilan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan skenario perbaikan pembelajaran sebagai  suatu rencana pemecahan masalah pembelajaran, melakukan praktik pembelajaran yang  sesuai dengan RPP, ketrampilan mengobservasi pembelajaran dan melakukan refleksi, serta menyusun laporannya.

Selain itu keterampilan itu merupakan pencerminan sekaligus peningkatan kompetensi pedogogik, professional, kepribadian dan sosial yang diperoleh selama perkuliahan. Keterampilan dan peningkatan kompetensi tersebut diperoleh dari kegiatan yang dilakukan  secara kolaborasi antara mahasiswa, dosen pembimbing, dan guru pamong.

Pada akhir kegiatan PKM, mahasiswa harus membuat sebuah laporan kegiatan sebagai tugas akhirnya. Penyusunan laporan PKM dilakukan dengan urutan sebagai berikut:
1.      Kata Pengantar, berisi tujuan PKM, dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu  pelaksanaan PKM.
2.      Pendahuluan beriri antara lain: pentingnya melaksanakan PKM, khususnya  dalam mencapai  kompetensi yang diperlukan guru, garis besar  isi laporan  dan hal-hal yang sangat penting  dan menarik dalam   pelaksanaan PKM.
3.      Pelaksanaan PKM, berisi antara lain: Jadwal rencana pelaksanana PKM, uraian  setiap kegiatan PKM seperti penyusunan RPP dan pembahasannya, implementasi  RPP di kelas  dan kegiatan refleksi, tulisan situasi,  kondisi dan  kejadian-kejadian penting dan hasil dalam  setiap kegiatan. Tulisan pula  kondisi siswa  dan respon/tanggapan para  siswa selama implementasi RPP yang didukung dengan hasil  refleksi yang bersesuaian.
4.      Hambatan Pelaksanaan PKM dan pemecahannya berisi antara lain:  Kendala/ hambatan apa saja yang terjadi selama kegiatan pelaksanaan PKM misalnya waktu, kondisi siswa,  alat atau media  pembelajaran kekompakkan kelompok, hambatan yang datang dari kepala sekolah, guru pamong atau dosen  pembimbing dan sebagainya. Selanjutnya tuliskan cara pemecahan yang diambil saat itu yang disertai alasannya.
5.      Penutup berisi simpulan pelaksanana PKM dan saran-saran yang perlu disampaikan agar pelaksanaan PKM yang akan datang dapat lebih baik.
6.      Lampiran memuat semua RPP yang telah direvisi berdasarkan pembahasannya dan foto-foto kegiatan implementasi RPP. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar