Rapat Pleno Wali Murid

Posted by Unknown on Monday, April 8, 2013

 

Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh beberapa pihak, yaitu sekolah, pemerintah, dan wali murid. Sekolah jelas memegang peranan paling utama dalam menentukan berhasil dan tidaknya pendidikan. Pemerintah, dalam hal ini adalah pemerintah desa juga harus mendukung semua kegiatan sekolah yang hubungannya dengan peningkatan mutu pendidikan, terutama pendidikan dasar yang merupakan titik awal untuk mencetak peserta didik yang siap untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Wali murid juga turut bertanggung jawab atas keberhasilan pendidikan putra-putrinya.

Meskipun wali murid telah menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab untuk mendidik anaknya kepada sekolah, namun perlu diketahui bahwa jika dibandingkan, waktu belajar di sekolah dengan waktu berada di rumah masih lebih banyak waktu berada di rumah. Inilah fungsi kontrol yang utama oleh orang tua dalam kaitannya dengan keberhasilan pendidikan.

Pada umumnya, orang tua sudah merasa bahwa urusan pendidikan anaknya sudah diserahkan kepada sekolah, sehingga mereka para orang tua kurang memperhatikan perkembangan anaknya. Padahal waktu di rumah itulah yang kemungkinan besar digunakan untuk berbagai hal yang kurang mendukung pembelajaran di sekolah, misalnya hanya bermain saja, nonton televisi, dan kegiatan lain yang dilakukan anak selama di rumah. Dalam hal ini peranan orang tua sangat dibutuhkan sebagai kontrol anak ketika berada di lingkungan keluarga di rumah.


Hubungannya dengan rapat pleno wali murid, segala permasalahan di atas dapat disampaikan pada acara tersebut untuk memecahkan masalah bersama. Selama ini, rapat pleno wali murid hanya digunakan untuk menawarkan program sekolah yang akan dilaksanakan satu tahun pelajaran mendatang yang ujung-ujungnya adalah membahas tentang biaya pendidikan.

Padahal acara tersebut bisa dimanfaatkan untuk saling mengisi, saling berdiskusi, saling mendukung keberhasilan pendidikan anak-anak kita. Antara wali murid, sekolah, dan pemerintah, dapat saling melengkapi. Bicarakan hal-hal yang sekiranya perlu demi peningkatan perkembangan pendidikan anak. Sekolah dapat menyampaikan kepada wali murid untuk selalu mengawasi kegiatan siswa ketika berada di rumah. Wali murid harus selalu menanyakan ada tugas pekerjaan rumah atau tidak? Wali murid juga perlu meneliti perlengkapan dan peralatan sekolah anaknya.

Sekolah juga dapat menyampaikan kepada pemerintah desa untuk turut mendukung suksesnya pendidikan di desanya, dengan jalan turut memberikan pengawasan terhadap anak-anak ketika bergaul di masyarakat. Intinya, ketiga pihak saling terkait untuk meningkatkan mutu pendidikan anak-anak.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar