Memperkenalkan Teknologi kepada Siswa SD melalui Study Tour

Posted by Unknown on Monday, March 24, 2014

Study Tour atau kayra wisata merupakan suatu bentuk pembelajaran bagi siswa yang dilaksanakan di luar kelas. Kegiatan karya wisata ini sangat berarti bagi anak atau siswa, karena siswa dapat mengetahui secara langsung terhadap materi yang biasanya diajarkan melalui ceramah atau melalui media gambar saja. Dengan kegiatan study tour, guru dapat memperkenalkan teknologi pada para siswanya.


Selain teknologi, siswa juga dapat mengetahui tempat-tempat penting dan bersejarah di wilayah Indonesia. Namun keuntungan yang sedemikian banyak ini terhambat karena mahalnya biaya transportasi, mungkin bagi sebagian orang tua wali murid itu ringan, namun bagi sebagian lagi terasa sangat berat. Melihat pentingnya kegiatan study tour, pihak sekolah berupaya mencari solusi permasalahan tersebut dengan subsidi silang, mengingat pentingnya kegiatan tersebut bagi siswa.

Tempat-tempat yang bisa dikunjungi oleh siswa sebagai tujuan karya wisata di Jawa Tengah (Yogyakarta), antara lain Taman Pintar, Monumen Jogja Kembali (Monjali), Kebun Binatang Gembiraloka, Museum Dirgantara, Candi Prambanan, Candi Borobudur, Marioboro, Keraton Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Di Taman pintar, anak bisa mendapatkan pembelajaran tentang teknologi. Di Kebun Binatang Gembira Loka, siswa dapat mengenal berbagai macam satwa, baik satwa Indonesia maupun luar negeri. Di Candi Prambanan dan Borobudur, siswa dapat mengenal dan mengetahui sejarah.
More aboutMemperkenalkan Teknologi kepada Siswa SD melalui Study Tour

Letak Indonesia secara Geografis Geologis Astronomis

Posted by Unknown

Secara geografis, negara Indonesia adalah merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia yang berada di kawasan Asia Tenggara. Negara Indonesia memiliki posisi yang sangat strategis karena diapit oleh 2 buah samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Pada bagian utara Negara Indonesia dikelilingi oleh Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik. Bagian Selatan dan bagian Barat, Indonesia dikelilingi oleh Samudra Hindia. Wilayah Indonesia berada pada posisi yang menguntungkan, karena berada pada posisi silang yang sangat mendukung dalam hal perekonomian dan iklim yang menguntungkan.


Secara geologis, wilayah negara Indonesia dilalui oleh 2 jalur pegunungan muda dunia, yaitu Pegunungan Maditerania pada sebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur. Oleh karena itu wilayah Indonesia memiliki banyak pegunungan yang aktif dan tidak aktif, sehingga wilayah Indonesia memiliki tanah yang sangat subur, akan tetapi menjadi rawan terhadap bencana alam gempa bumi dan tsunami.

Secara astronimis, wilayah Indonesia berada pada koordinat 6 derajat LU (Lintang Utara) - 11 derajat LS (Lintang Selatan) dan 95 derajat BT (Bujur Timur, yang dilintasi oleh garis ekuator 0 derajat atau yang lebih dikenal dengan sebutan garis khatulistiwa.
More aboutLetak Indonesia secara Geografis Geologis Astronomis

Sual UKK IPS Kelas 5

Posted by Unknown on Wednesday, March 12, 2014

Contoh soal ulangan kenaikan kelas UKK IPS kelas V SD

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. VOC dibentuk dengan tujuan ... .
     a. untuk melakukan pelayaran ke wilayah yang belum dikenal
     b. untuk menghindari pertikaian antarpedadang Belanda
     c. untuk mengembangkan wilayah Indonesia
     d. untuk mengumpulkan rempah-rempah
2. Tujuan dibangunnya jalan raya Anyer-Panarukan, adalah untuk ... .
     a. memperlancar pengangkutan hasil tanaman rakyat
     b. memperkuat pertahanan di Pulau Jawa
     c. meningkatkan kemakmuran rakyat Indonesia
     d. mempermudah acara rekreasi tentara-tentara Belanda
3. Buku Douwes Dekker atau Multatuli yang berjudul Max Havelaar menceritakan ... .
     a. pembuatan jalan Anyer-Panarukan
     b. penderitaan Bangsa Indonesia ketika diberlakukan tanam paksa
     c. pelayaran Bangsa Belanda menuju Indonesia
     d. keindahan alam Indonesia
4. Perang Padri berawal dari ... .
     a. pertentangan antara kaum bangsawan dan kaum agama
     b. pertentangan antara kaum adat dan kaum agama
     c. campur tangan pemerintah Belanda dalam urusan adat
     d. monopoli perdagangan yang dilakukan oleh Belanda
5. Perlawanan terhadap Jepang di Singaparna, Jawa Barat dipimpin oleh ... .
     a. M. Madrias                                       c. K. H. Zainal Mustafa
     b. Surpiyadi                                          d. Muradi
6. J. P. Coen mengganti nama Jayakarta menjadi ... .
     a. Batavia                                             c. Sundakelapa
     b. Jakarta                                              d. Jakarta Raya
7. Pembuatan jalan raya Anyer-Panarukan diperintahkan oleh ... .
     a. Napoleon Bonaparte                        c. Herman Willem Daendels
     b. Van Der Capellen                            d. Thomas Stanford Raffles
8. Penguasa Inggris di Indonesia pada tahun 1811-1816 adalah ... .
     a. Napoleon Bonaparte                        c. Herman Willem Daendels
     b. Van Der Capellen                            d. Thomas Stanford Raffles
9. Raja Mataram yang menyerang VOC di Batavia, adalah ... .
     a. Sultan Agung                                  c. Untung Suropati
     b. Sultan Ageng Tirtayasa                  d. Pangeran Diponegoro
10. Upacara penyerahan Sekutu kepada Jepang ditandatangani di ... .
     a. Jakarta                                            c. Yogyakarta
     b. Kalijati, Subang                             d. Surabaya
11. Pemimpin pemberontakan Peta di Blitar adalah ... .
     a. Samanhudi                                     c. F. X. Supriyadi
     b. Untung Suropati                            d. Kusaeri
12. Pemimpin rakyat Maluku melawan Belanda adalah ... .
     a. Imam Bonjol                                 c. Kapten Pattimura
     b. Singsingamangaraja                     d. Datuk Bandaro
13. Pejuang wanita dalam Perang Aceh yang terkenal adalah ... .
     a. Cut Nya Dien                               c. R. A. Kartini
     b. Dewi Sartika                                d. Martha Christina Tiahahu
14. Budi Utomo didirikan tanggal 20 Mei 1908. Untuk mengenang berdirinya organisasi kebangsaan pertama di Indonesia itu, tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari ... .
     a. Pahlawan                                     c. Kebangkitan Nasional
     b. Pendidikan Nasional                   d. Organisasi Nasional
15. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah ... .
     a. W. R. Supratman                         c. Muhammad Tabrani
     b. C. Simanjuntak                           d. M. H. Thamrin
16. Kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 merupakan ... .
     a. pemenuhan janji Jepang
     b. pemberian Bangsa Belanda
     c. hasil perjuangan Bangsa Indonesia
     d. hadian yang diberikan Sekutu kepada Indonesia
17. Tujuan Perdana Menteri Koiso mengumumkan Indonesia akan diberi kemerdekaan di kemudian hari adalah ... .
     a. agar rakyat Indonesia bahagia
     b. agar tentara Sekutu tidak disambut sebagai pembebas tetapi penyerbu
     c. agar para tokoh mempersiapkan diri dalam pencalonan presiden
     d. agar rakyat berterimakasih pada Jepang
18. Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah ... .
     a. Kumakici Harada                           c. Ichibangase
     b. Ir. Sukarno                                     d. Dr. Radjiman Wedyodiningrat
19. Ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) adalah ... .
     a. Ir.Sukarno                                      c. Mohammad Hatta
     b. Mr. Ahmad Subarjo                      d. Dr. Radjiman Wedyodiningrat
20. Sidang PPKI 19 Agustus 1945 memutuskan wilayah Indonesia dibagi menjadi ... .
     a. enam provinsi                               c. enam negara bagian
     b. delapan provinsi                           d. delapan negara bagian
21. Nama “Pancasila” untuk dasar negara diusulkan oleh ... .
     a. Mr. Ahmad Subarjo                      c. Mr. Muhammad Yamin
     b. Ir. Sukarno                                    d. Prof. Dr. Mr. Supomo
22. Piagam Jakarta atau Jakarta Charter dirumuskan oleh ... .
     a. BPUPKI                                        c. PPKI
     b. Panitia Kecil                                 d. Panitia Sembilan
23. Proklamator kemerdekaan Indonesia adalah ... .
     a. Sukarno-Hatta                               c. Sukarno-Ahmad Subarjo
     b. Supomo-Yamin                             d. Supomo-Hatta
24. Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ... .
     a. Pancasila                                       c. liberalisme
     b. komunisme                                   d. sosialisme
25. Dokuritsu Zumbi Coosakai adalah nama Jepang untuk ... .
     a. PPKI                                             c. Panitia Kecil
     b. BPUPKI                                       d. Panitia Sembilan
26. Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal ... .
     a. 6 Agustus 1945                            c. 17 Agustus 1945
     b. 9 Agustus 1945                            d. 14 Agustus 1945
27. Menjelang Proklamasi, Ir. Sukarno, Drs. Mohammad Hatta, dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat untuk menemui panglima tentara Jepang di Asia Tenggara, yaitu ... .
     a. Jenderal Terauchi                         c. Mayor Jenderal Nishimura
     b. Laksamana Maeda                       d. Shigetada Nishijima
28. Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dirumuskan di rumah kediaman... .
     a. Ir. Soekarno                                 c. Laksamana Maeda
     b. Drs. Moh Hatta                           d. dalam rapat PPKI
29. Teks proklamasi yang telah disetujui diketik oleh ... .
     a. Mohammad Hatta                       c. B.M. Diah
     b. Sayuti Melik                               d. S. Suhud
30. Undang-Undang Dasar 1945 disahkan oleh... .
     a. BPUPKI                                      c. PPKI
     b. Komite Nasional                         d. Presiden Soekarno
31. Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dijahit oleh ... .
     a. Ibu Fatmawati                             c. Ibu Inggit
     b. Sayuti Melik                               d. Cudanco Latif
32. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dilaksanakan di ... .
     a. kediaman Sukarno, Jalan Penggangsaan Timur 56
     b. kediaman Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol 1
     c. Gedung Volksraad
    d. Lapangan Ikada Jakarta
33. Pemimpin pasukan Sekutu yang tewas dalam peristiwa 30 Oktober 1945 di Surabaya, adalah ... .
     a. Kolonel Huiyer                          c. Brigjen Mallaby
     b. Brigjen Bethel                           d. Brigjen T .E. D. Kelly
34. Tanggal 10 November diperingati sebagai hari ... .
     a. Pahlawan                                   c. Infantri
     b. Kebangkitan Nasional              d. Sumpah Pemuda
35. Tokoh yang mengobarkan semangat perjuangan rakyat Surabaya lewat pidato-pidatonya adalah ...
     a. Ir. Sukarno                                c. Bung Tomo
     b. Jenderal Sudirman                   d. Mohammad Toha
36. Pertempuran Margarana di Bali dipimpin oleh ... .
     a. Letkol M. Sarbini                     c. Letkol I Gusti Ngurah Rai
     b. I Gusti Ketut Jelantik              d. Robert Wolter Mongisidi
38. Pemimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar, adalah ... .
     a. Sultan Hamid II                      c. Sultan Hamengku Buwono IX
     b. Sutan Syahrir                          d. Mohammad Hatta
39. Sebelum dikosongkan, Bandung Selatan dibumihanguskan oleh para pejuang. Peristiwa ini dikenal dengan nama ... .
     a. Bandung Membara                 c. Halo-halo Bandung
     b. Bandung Terbakar                  d. Bandung Lautan Api
40. Dalam Agresi Militer Belanda II, Presiden Sukarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta, dan pemimpin-pemimpin lainnya ditangkap dan diasingkan ke ... .
     a. Belanda                                  c. Bangka
     b. Digul                                      d. Bengkulu

II. Isilah titik-titik berikut ini!
  1. Untuk mengawasi rakyat Maluku agar tidak menjual rempah-rempah kepada pedagang lain, VOC melakukan pelayaran ... .
  2. Pekerja paksa pada jaman Jepang disebut ... .
  3. Pangeran Diponegoro berontak melawan Belanda karena ... .
  4. Untuk menarik hati rakyat, Jepang melakukan gerakan ... .
  5. Daendels memerintahkan kerja rodi membangun Jalan Pos dari ... sampai ... .
  6. Pemberontakan masyarakat Singaparna, Jawa Barat melawan Jepang dipimpin oleh ... .
  7. Tugas BPUPKI adalah ... .
  8. BPUPKI diketuai oleh ... .
  9. PPKI dibentuk pada tanggal ... dan baru bersidang tanggal ... .
  10. Pada tanggal 23 Agustus 1945 Presiden Sukarno mengumumkan terbentuknya tiga badan, yaitu ... , ... , dan ... .
  11. BKR adalah singkatan dari ... .
  12. Panitia Sembilan menghasilkan suatu naskah yang kemudian disebut ... atau ... .
  13. UUD 1945 disahkan PPKI pada tanggal ... .
  14. Dua kota di Jepang yang dibom oleh Sekutu adalah ... dan ... .
  15. Para pemuda menculik Sukarno-Hatta dan membawa kedua tokoh ke ... .
  16. Tokoh dari golongan tua yang menjemput Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok adalah ... .
  17. Sukarno-Hatta bersama Maeda menemui Mayjen Nishimura untuk membicarakan ... .
  18. Naskah proklamasi ditandatagani oleh ... dan ... .
  19. Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal ... .
  20. Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal ... .
  21. UNCI adalah singkatan dari ... .
  22. Letkol Isdiman gugur dalam Pertempuran ... .
  23. Pertempuran Margarana dipimpin oleh ... .
  24. KMB diadakan di ... .
  25. Wakil Indonesia dalam upacara penandatanganan pengakuan kedaulatan di Den Haag adalah ...
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Apa tujuan pendirian VOC?
  2. Apa isi buku Max Havelaar?
  3. Apa penyebab perang Diponegoro?
  4. Apa yang dilakukan Jepang untuk menarik simpati dari rakyat Indonesia?
  5. Apa saja penderitaan yang dialami Bangsa Indonesia ketika dijajah Jepang?
  6. Sebutkan beberapa tokoh yang memimpin perlawanan terhadap penjajahan Jepang!
  7. Sebutkan isi Sumpah Pemuda!
  8. Apa yang dilakukan Daendels untuk menahan serangan Inggris?
  9. Mengapa pemerintah Jepang menjanjikan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia di kemudian hari?
  10. Mengapa golongan muda menolak proklamasi yang dilakukan dalam rangka rapat PPKI?
  11. Mengapa sila pertama dalam Piagam Jakarta diubah?
  12. Sebutkan 10 tokoh yang berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan dan dasar negara Indonesia!
  13. Sifat apa saja yang harus kita teruskan dari para tokoh yang mempersiapkan kemerdekaan Indonesia?
  14. Mengapa para pemuda menculik Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta serta membawa mereka ke Rengasdengklok?
  15. Siapa saja tokoh-tokoh yang termasuk golongan muda?
  16. Mengapa tokoh-tokoh golongan tua berpendapat sebaiknya proklamasi dilakukan dalam rapat PPKI?
  17. Apa tugas tentara Sekutu yang masuk ke Indonesia?
  18. Mengapa para pejuang Indonesia membumihanguskan kota Bandung bagian selatan?
  19. Pelajaran apa saja yang dapat kamu peroleh dari sikap para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan?
  20. Kesepakatan apa saja yang dihasilkan Konferensi Meja Bundar?
More aboutSual UKK IPS Kelas 5

Soal UTS Kelas 5 Semester 2

Posted by Unknown

Berikut ini contoh saol UTS kelas V SD semester 2 yang bisa digunakan sebagai referensi pembuatan soal ataupun belajar anak.

I. Pilihlah Jawaban yang paling tepat!

1.Tujuan pertama bangsa Belanda datang ke Indonesia adalah ... .
     a. menanamkan modal                   c. mendidik penduduk pribumi
     b. memajukan pertanian                d. mencari rempah-rempah
2. J.P. Coen mengganti nama Jayakarta menjadi ... .
     a. Batavia                                       c. Sundakelapa
     b. Jakarta                                        d. Jakarta Raya
3. Pembuatan jalan raya Anyer-Panarukan diperintahkan oleh ... .
     a. Napoleon Bonaparte                  c. Herman Willem Daendels
     b. Van Der Capellen                      d. Thomas Stanford Raffles
4. Penguasa Inggris di Indonesia pada tahun 1811-1816 adalah ... .
     a. Napoleon Bonaparte                  c. Herman Willem Daendels
     b. Van Der Capellen                      d. Thomas Stanford Raffles
5. Multatuli merupakan nama samaran untuk ... .
     a. Douwes Dekker                         c. Ki Hajar Dewantara
     b. Van den Bosch                           d. Dr. Sutomo
6. Raja Mataram yang menyerang VOC di Batavia, adalah ... .
     a. Sultan Agung                             c. Untung Suropati
     b. Sultan Ageng Tirtayasa             d. Pangeran Diponengoro
7. Diponegoro ditangkap ketika berunding dengan Belanda di ... .
     a. Goa Selarong                             c. Imogiri
     b. Tegalrejo                                   d. Magelang
8. Upacara penyerahan Sekutu kepada Jepang ditandatangani di ... .
     a. Jakarta                                       c. Yogyakarta
     b. Kalijati, Subang                        d. Surabaya
9. Serikat Dagang Islam didirikan pada tahun 1911 di Solo oleh ... .
     a. Wahid Hasyim                           c. Ahmad Dahlan
     b. Ki Hajar Dewantara                  d. Samanhudi
10. Kongres Pemuda I diadakan pada tanggal ... .
     a. 2 Mei 1926                                c. 28 Oktober 1926
     b. 2 Mei 1926                                d. 28 Oktober 1928
11. Pemimpin pemberontakan Peta di Blitar adalah ... .
     a. Samanhudi                                 c. F.X. Supriyadi
     b. Untung Suropati                        d. Kusaeri
12. Pemimpin pemberontakan rakyat Maluku melawan Belanda adalah ... .
     a. Imam Bonjol                              c. Kapten Pattimura
     b. Singsingamangaraja                  d. Datuk Bandaro
13. Cut Nyak Dien adalah pejuang wanita dari ... .
     a. Minangkabau                            c. Sumatera Utara
     b. Sulawesi Selatan                      d. Nangroe Aceh Darussalam
14. Organisasi pergerakan nasional Budi Utomo didirikan oleh ... .
     a. Ahmad Dahlan                         c. Dr. Sutomo
     b. Ki Hajar Dewantara                 d. Danudirja Setiabudi
15. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah ... .
     a. W.R. Supratman                       c. Muhammad Tabrani
     b. C. Simanjuntak                        d. M.H. Thamrin
16. Kemerdekaan Indonesia sudah dipersiapkan sejak ... .
     a. pasukan Jepang terdesak oleh pasukan Sekutu
     b. Jepang masuk Indonesia
     c. Inggris menduduki Indonesia
     d. Jauh hari sebelum kesempatan memproklamasikan kemerdekaan tiba
17. Tujuan Perdana Menteri Koiso mengumumkan Indonesia akan diberi kemerdekaan di kemudian hari adalah ... .
     a. agar rakyat Indonesia bahagia
     b. agar tentara Sekutu tidak disambut sebagai pembebas tetapi penyerbu
     c. agar para tokoh mempersiapkan diri dalam pencalonan presiden
     d. agar rakyat berterimakasih pada Jepang
18. Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah ... .
     a. Kumakici Harada                    c. Ichibangase
     b. Sukarno                                   d. Radjiman Wedyodiningrat
19. Jenderal Kuniaki Koiso mengumumkan bahwa Indonesia akan dimerdekakan setelah ... .
     a. bangsa Indonesia mandiri
     b. tercapai kemenangan akhir dalam perang Asia Timur Raya
     c. bangsa Indonesia membantu melawan Sekutu
     d. BPUPKI selesai melakukan tugasnya
20. Ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) adalah ... .
     a. Sukarno                                  c. Drs. Mohammad Hatta
     b. Ahmad Subarjo                      d. Radjiman Wedyodiningrat
21. Pernyataan tentang PPKI berikut ini yang benar adalah ... .
     a. PPKI diterima secara total oleh rakyat Indonesia
     b. PPKI dibentuk sebelum BPUPKI
     c. PPKI berjasa dalam menyiapkan UUD bagi negara Indonesia
     d. PPKI tidak berhasil mengesahkan UUD
22. Sidang PPKI 19 Agustus 1945 memutuskan wilayah Indonesia dibagi menjadi ... .
     a. enam provinsi                         c. enam negara bagian
     b. delapan provinsi                     d. delapan negara bagian
23. Berikut ini tokoh yang mengusulkan dasar-dasar negara adalah ... .
     a. Ahmad Subarjo                       c. Muhammad Yamin
     b. Mohammad Hatta                   d. Wachid Hasyim
24. Nama “Pancasila” untuk dasar negara diusulkan oleh ... .
     a. Ahmad Subarjo                       c. Mr. Muhammad Yamin
     b. Ir. Sukarno                              d. Prof. Dr. Mr. Supomo
25. Piagam Jakarta (Jakarta Charter) dirumuskan oleh ... .
     a. BPUPKI                                 c. PPKI
     b. Panitia Kecil                          d. Panitia Sembilan
26. Panitia Kecil Perancang Undang-Undang Dasar diketuai oleh ... .
     a. Ahmad Subarjo                      c. Muhammad Yamin
     b. Sukarno                                 d. Supomo
27. Proklamator kemerdekaan Indonesia adalah ... .
     a. Sukarno-Hatta                       c. Sukarno-Ahmad Subarjo
     b. Supomo-Yamin                     d. Supomo-Hatta
28. Tokoh pergerakan kemerdekaan yang juga dikenal sebagai penyair angkatan Pujangga Baru, adalah ... .
     a. Ahmad Subarjo                     c. Muhammad Yamin
     b. Sukarno                                d. Supomo
29. Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ... .
     a. Pancasila                              c. liberalisme
     b. komunisme                          d. Sosialisme
30. Dokuritsu Zumbi Coosakai adalah nama Jepang untuk ... .
     a. PPKI                                    c. Panitia Kecil
     b. BPUPKI                              d. Panitia Sembilan

III. Isilah titik-titik di bawah ini!

1. Perguruan Taman Siswa didirikan oleh .... .
2. Pekerja paksa pada jaman Jepang disebut ... .
3. R.A. Kartini dilahirkan di ... .
4. Pangeran Diponegoro berontak melawan Belanda karena ... .
5. Untuk menarik hati rakyat, Jepang melakukan gerakan ... .
6. Pelayaran Hongi dilakukan untuk ... .
7. Pada tanggal 1 Maret 1942 Jepang mendarat di ... .
8. Daendels memerintahkan kerja rodi membangun Jalan Pos dari ... sampai ... .
9. Surat-surat R.A. Kartini dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul ... .
10. Pemberontakan masyarakat Singaparna, Jawa Barat melawan Jepang dipimpin oleh ... .
11. Pembentukan BPUPKI diumumkan oleh Pemerintah Militer Jepang di Jawa pada tanggal ... .
12. Tugas BPUPKI adalah ... .
13. Kepala kantor tata usaha BPUPKI adalah ... .
14. PPKI dibentuk pada tanggal ... dan baru bersidang tanggal ... .
15. Pada tanggal 23 Agustus 1945 Presiden Sukarno mengumumkan terbentuknya tiga badan, yaitu ... , ... , dan ... .
16. Kedudukan Ahmad Subarjo dalam PKKI adalah sebagai ... .
17. BKR adalah singkatan dari ... .
18. Panitia Sembilan menghasilkan suatu naskah yang kemudian disebut ... atau ... .
19. Tokoh-tokoh yang diminta oleh Sukarno-Hatta untuk membicarakan keberatan rakyat Indonesia Timur atas rumusan Piagam Jakarta adalah ..., ..., ..., dan ... .
20. UUD 1945 disahkan PPKI pada tanggal ... .

IV. Jawablah soal-soal berikut ini!

1. Apa yang dilakukan VOC untuk menguasai perdagangan rempahrempah?
2. Apa akibat tanam paksa bagi rakyat Indonesia?
3. Apa penyebab terjadinya perang Padri?
4. Mengapa Jepang menduduki Indonesia?
5. Sebutkan empat penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahanJepang!
6. Apa tujuan Budi Utomo?
7. Sebutkan isi Sumpah Pemuda!
8. Sejak kapan kemerdekaan Indonesia dipersiapkan?
9. Mengapa sila pertama dalam Piagam Jakarta diubah?
10. Manakah rumusan dasar negara yang otentik?
11. Sebutkan 10 tokoh yang berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan dan dasar negara Indonesia!
12. Sifat apa saja yang harus kita teruskan dari para tokoh yang mempersiapkan kemerdekaan Indonesia?
More aboutSoal UTS Kelas 5 Semester 2

Ciri Metode Pembelajaran Yang Baik

Posted by Unknown

Salah satu unsur dalam strategi pembelajaran adalah menguasai teknik-teknik penyajian atau metode pembalajaran. Bila akan melakukan bimbingan terhadap siswa dalam belajar, maka perlu mengenal dan menguasai teknik penyajian. Selain itu, kita perlu memahami karakteristik setiap teknik penyajian.

Pembelajaran akan berlangsung dengan efektif dan efisien apabila didukung dengan kemahiran guru mengatur metode pembalajaran. Cara guru mengatur metode pembelajaran sangat berpengaruh kepada cara siswa belajar. Dalam menyajikan materi pembelajaran, kita jangan terpaku hanya pada satu jenis teknik saja.

Berikut ini beberapa ciri metode pembelajaran yang baik, yaitu:
  1. mengundang rasa ingin tahu siswa
  2. menantang siswa untuk belajar
  3. mengaktifkan mental, fisik, dan psikis siswa
  4. memudahkan guru
  5. mengembangkan kreativitas siswa
  6. mengembangkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.
Beberapa metode yang perlu dikuasai guru dalam mengatur strategi pembelajaran, yaitu:
  1. diskusi
  2. inkuiri
  3. sosiodrama (bermain peran)
  4. tanya jawab
  5. penugasan
  6. latihan
  7. bercerita
  8. pemecahan masalah
  9. karya wisata (pembelajaran di luar kelas)
Santoso, Puji, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
More aboutCiri Metode Pembelajaran Yang Baik

Contoh Sandi Awal Akhir Tengah Ular

Posted by Unknown on Saturday, March 8, 2014

SANDI AWAL AKHIR

SELAMA    TAHU    HINGGA    TALI
Jawab: SATU HATI

CUMI    TANPA    CIRI    TERIMA    KASIHKU
Jawab: CITA-CITAKU

TINTA    MANTAB    AMANAH    AGAR    JAGO
Jawab: TAMBAHARJO

AHAD    IKLIM    UMBUL    YUDO
Jawab: ADIMULYO

JIKA    WACANA    TEMPE    NUMPANG    ASAH
Jawab: JAWA TENGAH

PINTAR    ASALAM    UNTUK    ASI    NAD    OGAN    EMAS    INDIA
Jawab: PRAMUKA INDONESIA





SANDI TENGAH

BAPAK    HARUN    SLALU    DEMAM    MINUMAN    BUKAN    MAKANAN
Jawab: PRAMUKA

PASIR    AIR    SIAPA    BAGUS    MEMASAK
Jawab: SIAGA

SANDI ULAR

B    K    I    H
E    U    T    U
R    T    A    G
S    A    T    E
Jawab: BERSATU KITA TEGUH

T    A    K    B    U    U
E    M     A    H    N    K
R    I    S    I    D    A
Jawab: TERIMA KASIH BUNDAKU
More aboutContoh Sandi Awal Akhir Tengah Ular

Contoh Yel Yel Pramuka

Posted by Unknown


CINTA INDONESIA

Kami ... barung putra ... dari SD ... Tambaharjo
Aku cinta ... Indonesia ...
Aku sayang ... Indonesia ...
Aku bangga ... Indonesia ...
Indonesia ... slalu jaya ...
Jayalah ... Indonesia ...
Indonesia, kita pasi bisa
Siaga, yes, siaga, ok ok yes


BERSATU KITA TEGUH

Kami bersatu
Saling membantu
Bersatu ... kita teguh
Bercerai ... kita runtuh

Kami Berpadu
Singsingkan lengan baju
Bersatu ... kita teguh
Bercerai ... kita runtuh
More aboutContoh Yel Yel Pramuka

Karakteristik Siswa SD Senang Bermain

Posted by Unknown on Saturday, March 1, 2014

Karakteristik Siswa sekolah dasar adalah masih senang bermain, sehingga pembelajaran yang harus diberikan adalah dengan pendekatan bermain, seperti contohnya siswa mencari sendiri media bantu atau alat peraga di lingkungan sekitar sekolah, membuat sesuatu dari benda-benda di lingkungan sekolah, menggambar sesuatu di lingkungan sekolah, dan lain-lain.

Perkembangan Kognitif Siswa SD

Perkembangan kognitif siswa SD mencakup perubahan-perubahan perkembangan pola pikir. Tahap perkembangan kognitif individu menurut Piaget melalui empat stadium, yaitu:

  1. Sensorimotorik (0‐2 tahun), bayi lahir dengan sejumlah refleks bawaan medorong mengeksplorasi dunianya.
  2. Praoperasional (2‐7 tahun), anak belajar menggunakan dan merepresentasikan objek dengan gambaran dan kata‐kata. Tahap pemikirannya yang lebih simbolis tetapi tidak melibatkan pemikiran operasiaonal dan lebih bersifat egosentris dan intuitif ketimbang logis.
  3. Operational Kongkrit (7‐11), penggunaan logika yang memadai. Tahap ini telah memahami operasi logis dengan bantuan benda konkrit.
  4. Operasional Formal (12‐15 tahun). kemampuan untuk berpikir secara abstrak, menalar secara logis, dan menarik kesimpulan dari informasi yang tersedia.
Tahap Operasional Konkret

Siswa SD kelas rendah masih dalam tahap operasional konkret. Hal ini sesuai dengan teori pengembangan kognitif Piaget, yaitu anak antara usia 7-11 tahun termasuk dalam tahap operasional konkret. Seorang anak akan mampu berpikir logis dan mulai mengelompokkan berdasarkan beberapa ciri dan karakteristik daripada hanya berfokus pada representasi visual.

Secara matematis, tahap ini merupakan tahap pengembangan baru yang luar biasa untuk anak. Karena anak sekarang dapat mengklasifikasikan berdasarkan beberapa fitur. Sementara anak-anak sebelumnya terbatas sudut pandang mereka sendiri, mereka sekarang dapat mempertimbangkan sudut pandang lain.

Mereka juga dapat mulai memahami ide-ide dan klasifikasi lebih menyeluruh dan mengembangkan cara menyajikan solusi dalam berbagai cara. Dalam rangka mengembangkan kemampuan anak pada menyajikan beberapa solusi, diskusi di kelas bisa sangat membantu.

Tahap ini ditandai dengan pengembangan kognitif yang luar biasa, yaitu ketika pengembangan dan penguasaan keterampilan dasar anak-anak mengenai bahasa mempercepat secara signifikan. Pengalaman dan berbagai cara dari solusi pembelajaran dapat cara membina pengembangan tahap kognitif. Pentingnya kegiatan ini memberikan siswa jalan untuk membuat gagasan abstrak, yang memungkinkan mereka untuk memperoleh ide-ide matematika dan konsep sebagai alat yang berguna untuk memecahkan masalah.

Berpikir Operasional

Menurut Piaget pada tahap ketiga, anak-anak mampu berpikir operasional, mereka dapat mempergunakan berbagai simbol, melakukan berbagai bentuk operasional, yaitu kemampuan aktivitas mental sebagai kebalikan dari aktivitas jasmani yang merupakan dasar untuk memulai berpikir dalam aktivitasnya. Anak-anak yang ada pada tahap operasional konkret lebih baik daripada anak-anak yang preoperasional dalam mengadakan klasifikasi, bekerja dengan angka-angka, mengetahui konsep-konsep waktu dan ruang, dan dapat membedakan antara kenyataan dengan hal-hal yang bersifat fantasi (Sumantri, 2008: 2.12-2.13).
More aboutKarakteristik Siswa SD Senang Bermain