Home » Archives for August 2013
Posted by
Unknown on Friday, August 30, 2013
BAB III
METODE PENELITIAN
- Setting Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada semester II menurut
kalender pendidikan di SD Negeri Tambaharjo. Penelitian ini memerlukan waktu 6
(enam) bulan yang dilaksanakan mulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni
2011. Kegiatan dimulai dari izin penelitian sampai dengan penulisan laporan.
Pengumpulan data dan penelitian setiap siklusnya adalah sebagai berikut:
1. Siklus I Kamis, 3 dan 10 Maret
2011
2. Siklus II Kamis, 17 dan 24 Maret
2011
3. Siklus III Kamis, 31 Maret dan 7
April 2011
More about → Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Energi melalui Penggunaan Metode Inkuiri di Kelas III SD Negeri Tambaharjo BAB III
Posted by
Unknown on Thursday, August 29, 2013
BAB II Tinjauan Pustaka
- Kajian Teori
1. Belajar
Belajar adalah proses mencari jawaban dari yang tidak
tahu menjadi tahu. Menurut Reg Revans (1998), belajar adalah proses menanyakan
sesuatu yang berawal dari ketidaktahuan tentang apa yang dilakukan.
Pengertian belajar menurut Dosen Pasca Sarjana
Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Suharsimi Arikunto (1993:19) adalah suatu proses
yang terjadi karena adanya usaha untuk mengadakan perubahan terhadap diri
manusia yang melakukan, dengan maksud memperoleh perubahan dalam dirinya, baik
berupa pengetahuan, keterampilan, ataupun sikap.
Menurut Morgan (dalam Purwanto, 1997: 84) bahwa belajar
adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi
sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
More about → Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Energi melalui Penggunaan Metode Inkuiri di Kelas III SD Negeri Tambaharjo BAB II
Posted by
Unknown
- Latar Belakang
Masalah
Pada era globalosasi sekarang ini, dunia pendidikan
Indonesia ikut mendapat pengaruh dari perkembangan yang terjadi di dunia,
termasuk model dan pendekatan pembelajarannya. Selama ini sudah berbagai macam
model dan pendekatan pembelajaran diterapkan oleh para guru, namun hasilnya
tetap belum maksimal. Pada akhirnya diperkenalkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL),
yaitu konsep yang membantu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan
situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara
pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu pilar Contextual
Teaching and Learning (CTL) adalah inkuiri atau menemukan yang merupakan
bagian inti dari kegiatan pembelajaran. Pengetahuan dan keterampilan yang
diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta akan tetapi
hasil dari menemukan sendiri, terutama di dalam memecahkan suatu masalah yang
diberikan oleh guru sesuai dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung.
More about → Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Energi melalui Penggunaan Metode Inkuiri di Kelas III SD Negeri Tambaharjo BAB I
Posted by
Unknown
Abstrak - Rinoto-816920974. Upaya Peningkatan Hasil Belajar
IPA tentang Pengaruh Energi melalui Penggunaan Metode Inkuiri di Kelas III SD
Negeri Tambaharjo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Program Studi S1
PGSD. FKIP. Universitas Terbuka. UPBJJ-Purwokerto. 2011.
Rumusan masalah yang disusun adalah “Apakah penggunaan metode
inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III terhadap materi
pembelajaran IPA tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan
sehari-hari?”
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperoleh informasi
faktual tentang penggunaan metode inkuiri terhadap peningkatan hasil belajar
siswa.
More about → Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Energi melalui Penggunaan Metode Inkuiri di Kelas III SD Negeri Tambaharjo Abstrak
Posted by
Unknown
Pengembangan Kurikulum 2013 dilakukan dalam empat tahap. Pertama,
penyusunan kurikulum di lingkungan internal Kemdikbud dengan melibatkan
sejumlah pakar dari berbagai disiplin ilmu dan praktisi pendidikan.
Kedua, pemaparan desain Kurikulum 2013 di depan Wakil Presiden selaku
Ketua Komite Pendidikan yang telah dilaksanakan pada 13 November 2012
serta di depan Komisi X DPR RI pada 22 November 2012. Ketiga,
pelaksanaan uji publik guna mendapatkan tanggapan dari berbagai elemen
masyarakat. Salah satu cara yang ditempuh selain melalui saluran daring
(on-line) pada laman
http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id , juga melalui media massa cetak. Tahap keempat, dilakukan penyempurnaan untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Kurikulum 2013.
Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan
tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi
yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun
untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.
More about → Kurikulum 2013
Posted by
Unknown on Monday, August 26, 2013
PEMERINTAH KABUPATEN
KEBUMEN
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UPT KECAMATAN ADIMULYO
SEKOLAH DASAR NEGERI
TAMBAHARJO
Alamat: Desa Tambaharjo, Rt. 01 Rw. 01 Kec.
Adimulyo-54363
KODE ETIK SEKOLAH
More about → Kode Etik Sekolah